in ,

Asyiknya Menikmati Senja di Sungai Kampar

Sungai Kampar
Sungai Kampar. Source: Instagram @indonesiantravellersofficial

Angin yang berhembus di sungai Kampar ini pasti sangat membuat para wisatawan betah berlama lama berlibur di sungai ini. riau memang banyak sekali menyajikan keindahan keindahan alam yang selalu membuat kita para wisatawan ingin kembali ke riau untuk berlibur. Candi candi yang memilki banyak sejarah.

Istana istana luas yang memjadi  iconic provinsi riau yang banyak sekali sejarah sejarah yang harus kita pelajari juga . gunung gunug yang tinggi menjulang air terjun yang sangat indah jika kita nikmati di waktu luang. Danau danua yang memiliki banyak misteri. Wisata selanjutnya adalah  sungai Kampar yang akan kita cari tahu.

Sungai Kampar ini cocok sekali untuk kita berlibur mengisi waktu luang kita bersama keluarga menikmati jernihnya sungai Kampar dan keindahan keindahan alam yang ada disana. Selain bersama keluarga juga kalian bisa membawa teman teman atau kerabat dekat untuk berlibur di sungai Kampar ini kalian juga bisa membawa pasangan kalian berlibur ke sungai Kampar ini setelah seminggu penuh berkeja dan beraktivitas.

Lihat juga : Keunikan Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Komplek Candi Muara Takus

Sungai Kampar ini juga cocok untuk menyegarkan pikiran setalah berlelah lelah bekerja. Angin sungai Kampar yang  membuat para pengunjung nyaman berlama lama menikmati sejuknya angin yang berhembus dengan melihat banyak sekali pepohonnan yang membuat mata kita juga merasa lebih tenang dan bisa menikati quality time bersama orang yang kita sayang.

Sungai ini berhulu di Bukit Barisan sekitar Sumatra Barat dan bermuara di pesisir timur Pulau Sumatra di wilayah provinsi Riau. Sungai ini merupakan pertemuan dua buah sungai yang hampir sama besar, yang disebut dengan Kampar Kanan dan Kampar Kiri. Pertemuan ini berada pada kawasan Langgam (Kabupaten Pelalawan), dan setelah pertemuan tersebut sungai ini disebut dengan Sungai Kampar sampai ke muaranya di Selat Malaka.

BACA JUGA  Terpesona Keindahan Pantai Ngursarnadan

Sementara sekitar kawasan hulu air sungai ini dimanfaatkan untuk PLTA Koto Panjang yang mempunyai kapasitas 114 MW. Sementara di hilir menjelang muara, sungai ini terkenal dengan ombak besarnya yang bernama Ombak Bono.

Aliran Sungai Kampar Kanan menelusuri Lima Puluh Kota dan Kampar, sedangkan aliran Sungai Kampar Kiri melewati Sijunjung, Kuantan Singingi dan Kampar, kemudian kedua aliran sungai tersebut berjumpa di Pelalawan.

Lihat juga : Riau Fantasi Wisata Air Terbesar di Riau

Sungai Kampar Kanan bermata air dari Gunung Gadang, memiliki luas daerah tangkapan air 5.231 km². Alur utama semula mengalir ke utara kemudian berbelok ke timur, bertemu dengan anak sungai Batang Kapur Nan Gadang, mengalir dengan kemiringan sedang melalui lembah Batubersurat.

Selanjutnya bertemu dengan anak sungai Batang Mahat, mengalir ke arah timur. Para penduduk didaerah Danau Bingkuang kerap melakukan penambangan batu dan pasir secara ilegal sehingga terjadi pengikisan tepian sungai. Sungai Kampar Kiri bermata air dari Gunung Ngalautinggi, Gunung Solokjanjang, Gunung Paninjauan Nan Elok, memiliki luas daerah tangkapan air 7.053 km². Dua anak sungai besar bernama Batang Sibayang dan Batang Singingi.

Semakin ke hilir, badan sungai dan volume airnya semakin membesar karena ditambah dengan berbagai anak sungai lainnya. Sungai ini dikenal dengan gelombang Bono-nya, yaitu gelombang tinggi yang diakibatkan pertemuan air sungai dengan air laut. Bono biasanya terjadi pada saat pasang, sehingga air yang berasal dari sungai, tertekan oleh air laut. Ditambah lagi dengan dangkalnya muara mengakibatkan gelombang yang tercipta semakin tinggi.

Sungai ini merupakan penggabungan dari dua anak sungai yang hampir sama besarnya: Sungai Kampar Kanan dan Sungai Kampar Kiri. Sungai Kampar Kanan melintasi Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kampar, sedangkan sungai Kampar Kiri melewati Kabupaten Sijunjung, Kuantan Singingi, dan Kampar.

BACA JUGA  Kemegahan Istana Siak Sri Indrapura

Lihat juga : Ini dia 11 Tempat Wisata di Riau yang Paling Ramai

Anak-anak sungai ini bertemu di kecamatan Langgam, kabupaten Pelalawan, dan kemudian mengalir menuju ke Selat Malaka sebagai sungai Kampar. Koto Panjang, suatu danau buatan di hulu sungai, digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air dengan kapasitas 114 MW.

Fasilitas yang ada di sungai Kampar juga sudah cukup memadai seperti kamar mandi umum yang suda ada di beberapa titik untuk memudahkan para pengunjung untuk menemui kamar mandi umum tersebut, kamar mandinya juga sudah cukup nyaman dan bersih untuk kita gunakan. Mushola juga sudah ada jadi jika para pengunjung muslim yang ingin menunaikan ibadah bisa menggunakan mushola itu.

Dan jika kalian ada rencana untuk penginap dan kalian masih bingung untuk mecari penginapan di sekitar sungai Kampar ini kalian bisa mengunjungi web kami www.hotelmurah.com hotel yang menyediakan berbagai tipe kamar dan kamar yang sangat nyaman.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Tempat wisata di Riau

Ini dia 11 Tempat Wisata di Riau yang Paling Ramai

Taman Puri Kaca Mayang

Taman Puri Kaca Mayang