in ,

Mengenal Lebih Banyak Sejarah di Museum Sang Nila

Museum Sang Nila
Museum Sang Nila. Source: Instagram @indonesia_tanpa_edit

Riau selain tempat rekreasi yang membuat  kita bisa menikmati keindahan keindahan alam  yang tersaji sanggat indah dan cantik kita juga bisa menikmati tempat wisata yang bisa membuat kita belajar sejarah sejarah pada zaman dahulu. Kerajaan kerajaan yang sempat dulu menjadi icon riau ini sampai sekarang masih bisa kita lihat dan kita pelajari seperti candi candi yang selalu jadi tempat untuk belajar dan menambah wawasan.

Istana istana yang masih terjaga sangat rapih yang sampai sekarang masih  bisa kita kunjungi sambil mengisi waktu luang. kita juga bisa sembari menambah wawasan bagaimana kisah kisah pada zaman dahulu perjuangan perjuangan orang zaman dahulu yang harus kita jadikan contoh.

Tempat wisata yang satu ini adalah tempat wisata yang akan membuat kalian banyak sekali belajar bagaimana kisah kisah orang zaman dahulu. Museum sang nila yang berada di dijalan jendral sudriman no 194, pekan baru. Museum sang nila ini terletak di pusat kota jadi kendaraan menuju museum ini juga sangat gampang untuk kita temui. Jalan yang kalian lalui untuk menuju ke museum sang nilla ini  juga sudah sangat bagus.

Lihat juga : Kemegahan Istana Siak Sri Indrapura

Museum Sang Nila Utama merupakan sebuah museum yang berada di Pekanbaru, Riau. Museum ini mengumpulkan dan menyimpan warisan-warisan yang sangat berkaitan erat dengan budaya Melayu Riau seperti pakaian adat pernikahan, permainan tradisional, alat musik, artefak dan lainnya.

Museum ini sudah ada sejak tahun 1975 lalu, namun diresmikan pada tahun 1991. Lokasi Museum Sang Nila Utama terletak di tengah kota, sehingga untuk menuju ke sana sangat mudah dicapai.

Spot museum yang satu ini menjadi wahana wisata edukasi, tempat di mana dapat liburan sekaligus juga dapat belajar hal-hal baru yang berkaitan dengan sejarah Melayu di Riau.  Berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 194, Kelurahan Tengkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau, bangunan museum ini berbentuk rumah tradisional masyarakat Melayu.

BACA JUGA  Destinasi Wisata di Parigi Moutong Sang Mutiara Khatulistiwa

Museum ini memiliki koleksi berupa ribuan warisan budaya yang berkaitan dengan Melayu Riau, seperti alat musik, artefak, dan pakaian.  Saat berada di Museum Sang Nila Utama ini, akan banyak hal-hal baru yang dapat dijasikan sebagai pengetahuan umum serta  pengetahuan baru dalam hal sejarah Melayu.

Lihat juga : Riau Fantasi Wisata Air Terbesar di Riau

Nama Sang Nila Utama merupakan nama dari raja Bintan yang berkuasa pada jaman kerajaan di pulau Bintan. Sebelumnya, museum ini bernama Museum Negeri Provinsi Riau, namun pada tanggal 13 Oktober 1993 diganti namanya menjadi Museum Sang Nila Utama.

Museum Sang Nila Utama merupakan wisata sejarah di Pekanbaru yang mengumpulkan dan menyimpan warisan budaya Melayu Riau, seperti pakaian adat, artefak, alat musik dan sebagainya.  Begitu memasuki area gedung, dari pintu masuk di lantai dua tersaji benda-benda yang menggambarkan sejarah yang terjadi di Riau.

Seperti peralatan-peralatan yang digunakan oleh masyarakat Sakai pada jaman dahulu. Peralatan ini menunjukkan perkembangan teknologi dari tradisional hingga modern.

Pajangan foto-foto gubernur Riau lengkap dengan tanda jasa dan medali juga terpampang disana. Ditambah dengan kumpulan mata uang koin yang digunakan sebagai alat pembayaran pada jaman dahulu. Benda-benda ini merupakan koleksi golongan numismatika dan heraldika.

Juga ada replika dari Candi Muara Takus dan replika rumah adat yang bentuk arsitekturnya mirip bangunan museum. Untuk peninggalan etnologika terdapat guci-guci peninggalan kerajaan Melayu yang ditemukan di dasar laut, diduga berasal dari kapal yang digunakan sebagai armada perang di Selat Malaka.

Benda-benda arkeologika juga terdapat di museum ini berupa benda-benda galian salah satunya adalah tengkorak dan kerangka. Yang unik adalah kayu yang berbentuk seperti rumah keong dengan ukiran-ukiran di permukaannya.  Benda-benda keramologika di dalam museum ini menunjukan peradaban masyarakat Melayu Riau pada jaman dahulu yaitu berupa gerabah dan guci-guci dari tanah liat.

BACA JUGA  Temukan Tempat Wisata Alam di Gowa

Lihat juga : Ini dia 11 Tempat Wisata di Riau yang Paling Ramai

Terdapat pula prasasti yang menggambarkan masuknya agama Hindu yang kemudian disusul dengan agama islam, prasasti ini merupakan karya sastra pada jaman dahulu.

Tak hanya lengkap dengan peninggalan budaya yang khas, di museum ini juga menyimpan peralatan peninggalan Belanda yang sudah modern. Benda-benda tersebut antara lain teropong, tustel atau kamera yang menggunakan film, telepon engkol yang unik dengan angka-angka yang diputar, serta senjata api.

Berbagai karya seni wayang-wayang kulit tradisional dan juga topeng-topeng khas Jawa yang dilukis dengan berbagai ekspresi, di pajang rapi di museum ini.

Fasilitas yang ada di sang nila tidak terlalu kumplit tapi kamar mandi umum untuk para penjung yang ingin buang  air kalian bisa menggunakan kamar mandi tersebut. Dan masjid kecil juga sudah ada jadi kalian pengunjung yang beragama islam kalian bisa melaksanakan ibadah di masjid tersebut.

Warung warung disana belum terlalu banyak tapi sudah ada beberapa untuk kalian membeli cemilan pesedian perbekalan kalian selama berkunjung ke museum sang nila

Kunjungi web kami www.hotelmurah.com

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Taman Puri Kaca Mayang

Taman Puri Kaca Mayang

Pulau Jemur Riau

Liburan Bersama Keluarga di Pulau Jemur Riau