in

Bukit Kaba, Sensasi Berpetualang di Gunung Berapi Aktif

bukit kaba
bukit kaba. Sourch img from instagram @/bukit_kaba_gunungkaba

Tempat wisata yang akan dikupas kali ini cocok untuk para petualang, yakni Bukit Kaba. Bukit ini merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 1973 mdpl. Karena ketinggiannya yang tidak terlalu tinggi inilah, gunung api aktif ini masih disebut bukit.

Bukit Kaba terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Untuk kamu yang berangkat dari Kota Bengkulu, kamu perlu menempuh perjalanan selama 2 jam 30 menit dengan menggunakan transportasi darat. Bukit Kaba bisa kamu temukan 15 km di sebelah tenggara Kota Curup.

Di kalangan penikmat wisata di Bengkulu dan sekitar Sumatera, Bukit Kaba cukup populer. Bukit Kaba kerap dijadikan destinasi pengunjung yang ingin merasakan sensasi mendaki, namun masih pemula.

Daya tarik Bukit Kaba adalah pemandangan alamnya yang masih alami. Salah satu yang paling menarik adalah di bagian puncak, di mana terdapat dua kawah dengan warna yang berbeda. Kawah satunya berwarna hijau tosca, dan satu lagi berwarna kecoklatan. Kamu bisa memotret keindahan kawah tersebut dari puncak.

Konon, dua kawah tadi hanya yang terlihat. Masih terdapat kawah lain yang ada di  Bukit Kaba. Hanya saja kawah-kawah tersebut tertutup oleh vegetasi yang lebat.

Kalau berniat melakukan pendakian, disarankan untuk menyiapkan peralatan dengan perlengkapan yang cukup. Misalnya menggunakan sepatu gunung, jaket, dan alat bantu agar pendakianmu lebih mudah.

Dua cara menuju puncak

Bukit Kaba sebenarnya punya dua jalur untuk mencapai puncak.

Jalur pertama adalah jalur yang melewati hutan-hutan dan semak belukar. Ada pula jurang di beberapa titik. Kamu tentu perlu stamina yang cukup jika ingin menggunakan jalur ini. Terlebih bagi kamu yang pemula. Kamu perlu membawa temanmu yang sudah berpengalaman mendaki agar lebih nyaman. Di jalur pertama ini, kamu butuh waktu 2-3 jam untuk sampai ke puncak.

BACA JUGA  Jejak Sejarah Rumah Bung Karno di Bengkulu

Salah satu hal yang akan temukan di perjalanan adalah kehadiran Bunga Raflesia Arnoldi. Bunga yang menjadi ikon dari Provinsi Bengkulu. Kamu bisa berkesempatan untuk memotret bunga langka tersebut secara langsung. Di sepanjang perjalanan di jalur pertama, kamu bisa menghabiskan waktu sambil mencari spot foto yang menarik.

Jalur kedua adalah jalur yang jalannya telah mulus dengan aspal. Di jalur ini pendaki akan lebih mudah melaluinya. Bahkan tersedia jasa ojek dari warga setempat untukmu yang tidak mau memeras keringat untuk sampai ke puncak. Tarif ojeknya relatif murah, dan kamu bisa negosiasikan tarifnya andai akan menggunakan ojek untuk perjalanan naik dan turun.

Panorama Bukit Kaba

Kontur daerah Bukit Kaba adalah berbukit-bukit, dan akan menampakkan keindahan optimalnya saat kamu ada di puncak. Dari atas, kamu bisa melihat bukit-bukit, juga hamparan daratan hijau. Pemandangan ini akan semakin menyenangkan dengan ditemani angin sejuk yang berhembus.

Di masa normal, daerah di sekitar puncak Bukit Kaba bisa digunakan untuk berkemah, dan di malam hari kamu bisa menyaksikan panorama langit, yakni berupa gugusan bintang yang indah. Namun kamu harus mengecek perijinannya ke pengelola setempat, ya.

Semua keindahan yang ada di Bukit Kaba akan tampak maksimal di saat hari cerah. Seperti halnya perjalanan menuju tempat-tempat tinggi, perjalanan akan lebih sulit bila kamu datang di musim penghujan. Jadi, lebih baik kamu melihat kondisi cuaca dan musim sebelum kamu berangkat.

Untuk bahan perbekalan, kamu perlu menyiapkan diri sebelum sampai di sana karena tak banyak tempat jajanan di Bukit Kaba. Kamu bisa membeli bekal di kota terdekat sebelum Bukit Kaba.

Dirawat oleh Pokdarwis

BACA JUGA  Pantai Manula, Nuansa Tanah Lot di Bengkulu

Sebagaimana di beberapa tempat wisata lain, area sekitar Bukit Kaba dijaga oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Anggota kelompok ini merupakan masyarakat setempat yang punya kepedulian mengenai kelestarian tempat wisata di sekitar mereka. Apalagi Bukit Kaba awalnya merupakan cagar alam yang menjadi tempat perlindungan Bunga Raflesia Arnoldi, juga sejumlah satwa.

Nah, buat kamu yang sudah membulatkan hati berkunjung ke Bukit Kaba, jangan lupa rencanakan perjalananmu dengan hotelmurah.com . Di hotelmurah.com , kamu bisa memesan tiket perjalanan dan mencari penginapan. Jangan lewatkan juga promo dan diskon menarik.

Written by Dee

Leave a Reply

pantai linau

Laut Eksotis dan Berburu Gurita di Pantai Linau

pantai manula

Pantai Manula, Nuansa Tanah Lot di Bengkulu