in

Pantai Manula, Nuansa Tanah Lot di Bengkulu

pantai manula
pantai manula. Sourch img from instagram @/sscibengkulu

Indonesia punya banyak koleksi pantai indah. Sayangnya, masih sedikit dari kekayaaan alam ini yang dijelajahi. Di Bengkulu, misalnya, terdapat pantai yang merupakan mutiara tersembunyi dan masih punya kondisi yang alami, yakni Pantai Manula. Pantai ini kerap disebut sebagai Tanah Lotnya Bengkulu

Pantai yang berlokasi di Desa Tebing Rambutan, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur ini memiliki pesona luar biasa yang membuatnya mirip dengan Tanah Lot. Salah satunya adalah keberadaan tebing-tebing tinggi di sekitar pantai. Perpaduan antara tebing tinggi inilah yang membuat panoramanya amat indah.

Keindahan pantai ini bisa amat terawat karena lokasinya yang memang masih relatif jauh dari keramaian. Untuk mencapainya dari Kota Bengkulu kamu membutuhkan waktu 5 jam 40 menit menggunakan transportasi darat, dengan jarak tempuh hingga 240-an km. Jarak ini tak mengherankan karena lokasinya yang lebih dekat dengan Provinsi Lampung.

Nama Pantai Manula konon bermula setelah dibangunnya infratruktur Jembatan Manulah Baru. Jembatan ini memiliki panjang 215 meter dan  menjadi penghubung antara Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu. Meskipun dinamai “Manula”, bukan berarti pantai ini khusus untuk kalangan lanjut usia, ya. Kebanyakan para pengunjung lebih banyak berasal dari kaum muda.

Untuk memasukinya, kamu hanya ditarik tarif tiket yang amat murah dan terjangkau. Suasananya masih sepi dari pengunjung akan membuatmu leluasa bersantai dan memburu foto-foto indah. Amat disarankan untuk mengunjungi Pantai Manula di musim kemarau atau hari cerah agar hasil bidikanmu semakin estetik.

Salah satu latar foto yang kerap dibidik para pengunjung adalah satu tebing yang menjorok ke pantai dan terpisah dari daratan. Tebing ini sangat unik karena berongga. Saat senja, sinar matahari akan memancar dari rongganya, memberi efek yang menarik.

BACA JUGA  Melepas Penat di Suban Air Panas

Selain tebing, matamu juga akan dimanjakan dengan keindahan pantainya yang asri. Pantainya yang berpasir putih, juga air lautnya yang berwarna biru jernih, akan membuatmu betah di sana. Kamu bisa melepas penat setelah beraktivitas dan membiarkan tubuhmu menikmati deburan ombak dan hembusan angin laut dari Samudera Hindia.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Sebelum datang ke Pantai Manula, kamu jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup karena di sekitar Pantai Manula belum banyak berdiri warung. Kamu bisa membeli makanan di kota terdekat.

Hal yang lain yang perlu kamu antisipasi ialah Pantai Manula yang belum menyediakan toilet. Jadi kamu mengatur agar saat setibanya di sana tidak kerepotan mencari tempat untuk buang air.

Satu lagi, yang paling umum tiap mengunjungi pantai manapun, adalah memperhatikan waktu pasang-surut. Di waktu pasang, tinggi air laut di Pantai Manula bisa setinggi tebing yang ada di sana. Jadi selalu berhati-hati dan cermat ya.

Tidak tampak di map

Salah satu hal unik yang mungkin jadi daya tarik dari Pantai Manula adalah keberadaannya yang tidak terlacak di Google Map. Tapi kamu tak usah khawatir akan kesulitan menemukannya karena pantai ini terletak di jalan raya yang telah mulus dan beraspal.

Saran umum untuk sampai di sana adalah mencari “Jembatan Manulah Baru” di Map. Dan dalam perjalanan menuju ke sana, kamu akan menemukan plang menuju Pantai Manula di pinggir jalan. Kamu juga bisa bertanya kepada warga setempat.

Dekat dengan lokasi wisata lainnya

Kabupaten Kaur tak cuma punya Pantai Manula sebagai destinasi wisata. Kamu bisa menjelajahi lokasi wisata lainnya setelah berkunjung ke Pantai Manula. Pilihannya ada pantai, air terjun, danau, sungai, dsb.

BACA JUGA  Curug Sembilan, Surga Tersembunyi Di Belantara Bengkulu

Agar perjalanamu lebih mudah dan nyaman, kamu bisa gunakan hotelmurah.com . Di hotelmurah.com kamu bisa mencari tiket perjalanan dan mencari penginapan. Terdapat pilihan tarif dari yang tertinggi dan terendah, tergantung pada kertesediaan budgetmu.

Tersedia juga promo dan diskon menarik. Selain mengaksesnya via peramban, kamu juga bisa mengaksesnya dengan mengunduh aplikasinya di Playstore. Terdapat fitur menarik lainnya seperti membayar tagihan bulanan, dan mengisi e-wallet-mu.

Jangan lupa untuk membaca cerita dan daftar rekomendasi wisata lainnya di hotelmurah.com .

Bagaimana, sudah siap berkunjung ke Pantai Manula?

Selamat berwisata!

Written by Dee

Leave a Reply

bukit kaba

Bukit Kaba, Sensasi Berpetualang di Gunung Berapi Aktif

curug sembilan

Curug Sembilan, Surga Tersembunyi Di Belantara Bengkulu