Banyak Alasan Untuk Mengunjungi Kota Tasikmalaya

Banyak kota kecil di Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi. Kota-kota ini terkenal dengan kulinernya yang unik dan khas. Wisata alamnya yang indah juga menarik untuk dikunjungi. Udaranya masih sangat bersih, alamnya masih alami dan terjaga kelestariannya. Tak salah daerah Jawa Barat menjadi salah satu destinasi favorit traveler dari dalam dan luar negeri. Terlebih traveler yang berasal dari Jakarta. Menghirup udara segar dan sejenak jauh dari hiruk pikuk ibukota menjadikan kota kecil di Jawa Barat destinasi utama mereka. Salah satu kota kecil favorit warga Jakarta adalah kota Tasikmalaya dan banyak alasan untuk mengunjungi kota Tasikmalaya.

Source img @starvingsilvy

Tasikmalaya berjarak sekitar 3-4 jam dari kota Bandung. Kota kecil ini terkenal dengan kuliner khasnya yaitu nasi tutug oncom. Nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur dengan oncom berbumbu bawang, kencur dan rempah khas lainnya. Paling enak makan nasi tutug oncom di warung yang menyediakan tempat makan lesehan. Biasanya diiringi dengan musik khas sunda, sungguh menambah nikmatnya selera makan. Selain itu tasikmalaya juga mempunyai makanan khas seperti bubur ayam tasik, kupat tahu dan tentunya baso. 

Source img @januarjapra

Wisata alamnya juga menjadi incaran para traveler. Seperti Pantai Karang Tawulan yang terletak di Cilembang Kecamatan Cihideung, sekitar 90 km dari kota Tasikmalaya. Tepatnya berada di perbatasan kabupaten Tasikmalaya dan kabupaten Ciamis. Pantai ini belum terlalu terkenal, akses menuju kesana masih sulit. Tapi bagi kamu pecinta pantai akan sangat terpesona dengan keindahan dan kebersihannya. Ada juga pantai Pamayangsari yang terletak di desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah Tasikmalaya. Ombaknya yang landai dan panoramanya yang luas sangat cocok untuk difoto dan diposting di sosial mediamu. Tak jauh dari pantai pamayangsari terdapat penangkaran penyu hijau. Seperti yang kamu tahu penyu jenis ini adalah penyu yang sudah langka dan dilindungi. Sangat menarik mengabadikan momen kehidupan penyu langka ini. Masih di Kecamatan Cipatujah terdapat pantai Sindangkerta yang sama indahnya dengan pantai pamayangsari.

Source img @lebah_jujur

Selain pantai kota Tasikmalaya juga mempunyai wisata curug. Ada curug Cimanintin yang terletak di desa Tanjungsari Kecamatan Salopa. Akses menuju curug cukup sulit dan hanya bisa dilewati dengan motor. Jalan yang ditempuh berbatu dan rawan licin jika musim hujan. Setelah itu harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan hamparan sawah yang hijau. Ini adalah spot yang bagus untuk berfoto. Selain curug cimanintin masih terdapat banyak curug lainnya. Seperti curug Cihanjuang, curug ciwatin, disini kamu bisa berenang karena airnya relatif tenang, curug dengdeng yang terkenal dengan aliran air terjun yang bertingkat, curug batu blek, curug ciparay dan masih banyak lagi.


Harga hotel atau penginapan masih sangat murah. Salah satu hotel yang direkomendasikan hotelmurah.com adalah Favehotel Tasikmalaya, Harga disini hanya 370 ribu rupiah. Dengan harga murah hotel ini sudah dilengkapi dengan kolam renang. Cocok untuk berendam di kota Tasikmalaya yang relatif panas. Mempunyai 120 kamar dengan desain yang stylis dan fasilitas lengkap. Juga terdapat lime coffe shop yang menyediakan hidangan lokal maupun tradisional. Kamu yang mengunjungi Tasikmalaya untuk keperluan bisnis bisa menginap sekaligus mengadakan pertemuan bisnis di 6 ruang pertemuan dan 1 ballroom yang luas dan sudah dilengkapi akses internet berkecepatan tinggi. Bagaimana? Banyak alasan untuk kembali ke kota Tasikmalaya bukan? Segera cek Kalendarmu untuk mempersiapkan liburan selanjutnya dan jika Tasikmalaya masih kurang diminati, sobat bisa berlibur atau jalan - jalan ke ibu kota Jawa Barat, Bandung.