Travelling ke Pulau Derawan ala Backpacker? Bisa banget


Siapa yang tak kenal pulau cantik satu ini. Pulau Derawan yang terletak di kabupaten Berau Kalimantan Timur merupakan surganya pada pecinta diving. Taman bawah lautnya paling diminati wisatawan asing terutama para diver kelas dunia. Sehingga pada tahun 2005 Pulau Derawan dianugrahkan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Selain diving kamu dapat menikmati pantainya yang putih dan bersih bebas sampah, serta dapat menyaksikan proses bertelurnya penyu hijau liar. Untuk backpacker seperti kamu destinasi Pulau Derawan adalah pilihan yang cocok. Di pulau ini sinyal 3G sudah bagus. Penginapannya juga tergolong murah dibandingkan Bali dan Lombok.

Untuk kamu yang berada di luar Pulau Kalimantan, biaya terbesar untuk wisata ke Pulau Derawan adalah biaya transportasi. Kota terdekat untuk mencapai Pulau adalah kota Berau dan kota Tarakan. Penerbangan ke Tarakan lebih murah daripada ke Berau sehingga kamu harus rajin cek harga pesawat yang sedang promo ke kedua kota ini. Jika kamu berangkat dari Kota Berau, pertama kamu menuju Tanjung Batu dengan jalan darat selama dua jam. Setibanya disini dilanjutkan dengan jalan laut menggunakan speedboat kecil selama 45 menit menuju Pulau Derawan. Jika kamu berangkat dari dari kota Tarakan, pertama kamu menuju Tanjung Selor dengan jalur laut menggunakan speedboat selama tujuh jam. Kemudian menggunakan taksi kijang ke Kota Berau lanjut ke Tanjung Batu. Setibanya di Tanjung Batu menyeberang ke Pulau Derawan menggunakan speedboat kecil. Memang perjalanan dari kota Tarakan lebih lama dibandingkan jika kamu berangkat dari kota Berau. Tapi namanya backpacker harus meminimalisir biaya. Namun demikian lamanya perjalanan akan terbayarkan dengan serunya petualangan yang kamu dapatkan. Terkadang di saat musim liburan tiba, biaya pesawat ke kedua kota ini sangat mahal. Untuk kamu yang punya waktu liburan yang lebih panjang bisa mencoba jalur darat dari Samarinda menuju Berau.

Dari pulau Derawan kamu bisa berkeliling ke Pulau Kakaban, Sangalaki dan Maratua menggunakan speedboat. Biaya sewa speedboat sangat mahal, untuk mengelilingi ketiga pulau ini bisa mencapai 1,5 jt dalam sehari. Hal ini disebabkan karena BBM disini mahal. Maka para backpacker biasanya menyewa speedboat patungan dengan teman-teman backpacker atau dengan tamu lain. Harga makan seafood disini sangat murah, namun jika sekali makan tetaplah mahal. Hal ini disebabkan karena harga beras disini mahal. Untuk itu backpacker bisa membawa rice cooker mini dan sedikit beras untuk persediaan selama disana. Kamu bisa masak di penginapan dan hanya membeli lauknya saja. Atau supaya lebih hemat lagi, kamu dan teman-teman backpackermu bisa memancing sendiri. Pastikan kamu sudah membawa alat pancing, tidak perlu yang bagus, cukup pancing kail sederhana saja. Ikan hasil pancingan dapat kamu masak sendiri di rice cooker atau minta dimasakkan di rumah makan. Ini bisa menghemat budget travelling mu.

Terdapat satu penginapan yang direkomendasikan oleh hotelmurah.com yaitu Hotel Derawan Indah. Pesan sekarang hanya Rp 475.000 saja. Harga segini sudah termasuk sarapan pagi. Kamar hotel murah untuk traveler dengan budget backpacker.