7 Kuliner Cirebon Selain Empal Gentong yang Wajib Dicicipi

Begitu mendengar kuliner Cirebon, sebagian besar orang akan langsung membayangkan empal gentong sebagai makanan khas kota tersebut. Padahal, Kota Pelabuhan tersebut dikenal akan kekayaan kuliner yang lahir dari persilangan antar budaya—dari Arab sampai Tiongkok—yang diwariskan dari masa lalu di sana. Maka dari itu, kalau Anda sedang berada di Cirebon dan ingin menikmati makanan aslinya, jangan lupa untuk menambahkan tujuh hidangan dan camilan ini ke daftar incaran.

1. Tahu Gejrot

source img@kumparan.com

Bisa dibilang, tahu gejrot merupakan ‘saingan’ empal gentong yang sering masuk review kuliner Cirebon. Kudapan ini sebenarnya dapat Anda temukan di kota lain, tetapi tahu gejrot asli Cirebon memiliki bumbu yang lebih autentik dengan bahan-bahan seperti cabai hijau, bawang merah, hingga kuah gula merah. Perpaduannya menghasilkan cita rasa gurih, pedas, serta manis yang sulit dilupakan oleh lidah Anda.

2. Empal asem

source img@empalasem.blogspot.com

Dari segi komposisi, empal asem tidak jauh berbeda dengan empal gentong. Hanya saja, makanan ini menggunakan kuah bening dan tidak sekental empal gentong. Jadi, bagi Anda yang kurang menyukai kuah kental, rasakan kesegaran yang ditawarkan empal asem. Tempat makan murah di Cirebon yang menyediakan empal asem lezat adalah warung H. Apud di Jalan Raya Ir. H. Djuanda No. 24

3. Nasi jamblang

source img@qraved.com

Sekilas, nasi jamblang mungkin akan mengingatkan Anda pada nasi jinggo dari Bali. Bedanya, nasi jamblang tidak memakai lauk-pauk dan dibuat dalam nasi kepal kecil. Namun, dengan harga sekitar Rp1.500 per bungkus, Anda sudah bisa menikmati nasi jamblang bersama semur tahu, tempe goreng, hingga sontong. Cocok buat Anda yang menggemari kuliner Cirebon murah.

4. Mi koclok

source img@resepdanmasakan.com

Bukan, ini bukan mi kocok seperti kuliner khas Bandung. Kuliner Cirebon tersebut memakai mi kuning berdiameter besar dengan kuah santan kental. Alih-alih menggunakan kikil, mi koclok akan memakai kedelai, telur rebus, dan potongan daging ayam sebagai isiannya. Salah satu lokasi yang menawarkan mi koclok lezat di Cirebon adalah mi koclok Panjungan di Jalan Pekarungan, Panjunan, Lemahwungkuk.

5. Es duren

sourceimg@cookpad.com

Ingin yang segar-segar? Es duren khas Cirebon akan membuat pecinta durian jatuh cinta. Pasalnya, minuman khas Cirebon yang satu ini menggunakan durian yang didatangkan langsung dari Medan dan Bengkulu. Anda juga tak akan kesulitan menemukan penjual es duren, karena mereka biasanya akan berjualan di sekitar alun-alun. Untuk satu porsi, minuman ini dihargai dari Rp15.000 per porsi.

6. Tape ember

source img@tokopedia

Terbuat dari ketan dan daun jambu sebagai pembungkus, tape ember dikenal akan penempatannya yang amat khas, yakni dalam ember hitam. Ukurannya yang praktis membuat kuliner khas Cirebon ini sering kali dibawa pulang wisatawan sebagai oleh-oleh. Tape ember yang sanggup bertahan sampai berminggu-minggu ini dibanderol dengan harga dari Rp60.000 per ember dengan isi sekitar 80-100 buah.

7. Kue gapit