Wisata Hutan Mangrove yang Keren di Langsa Aceh

Kota Serambi Mekah ini sebelumnya terkenal dengan pantainya yang eksotis, peninggalan budayanya yang berharga, dan alamnya yang indah serta penuh dengan keanekaragaman hayati. Salah satu keindahan alam yang bisa kamu kunjungi adalah hutan mangrove yang terdapat di Kuala Langsa. Hutan ini terletak sekitar 10 km dari kota Langsa, kecamatan Langsa Barat. Dari kota langsa ambil arah ke pelabuhan Kuala Langsa. Kamu bisa kesini dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.  Di kawasan hutan mangrove ini kamu bisa menikmati wisata bahari, dermaga pelabuhan, wisata bakau island di pesisir timur pelabuhan dan wisata kuliner khas aceh di tengah-tengah hutan mangrove.

source img@rhinodesouza.com

Hutan ini sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Terdapat 35 jenis mangrove yang sudah berumur ratusan tahun disini. Di hutan ini terdapat monyet, ular, biawak, ikan, udang dan kepiting. Sehingga hutan mangrove Langsa menjadi salah hutan mangrove dengan koleksi spesies terlengkap di dunia. Kawasan seluas 8000 hektar ini menjadi destinasi favorit para peneliti internasional.

Menyusuri hutan mangrove ini sangat menyenangkan. Kamu akan berjalan diatas jembatan kayu sambil menikmati segarnya pohon mangrove nan hijau menyejukkan mata. Disini sudah dilengkapi menara pengawas untuk kemanan para pengunjung. Petugas siap memantau dari atas menara setinggi 10 m. banyak spot selfie disini, yang paling instagrammable adalah jembatan kayu melengkung yang berada diatas perairan. Tak jarang spot ini dijadikan tempat foto prawedding. 

Source img @rhinodesouza

Selain bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa melihat monyet liar yang sering mendatangi para wisatawan. Tak perlu takut karena satwa ini sangat jinak. Namun tidak disarankan membawa makanan, barang berkilauan atau barang lainnya yang menarik perhatian monyet jika kamu tidak mau kehilangan barang-barang kesayanganmu. Selain wisatawan lokal, banyak juga wisatawan asing yang datang. Tujuannya seringkali untuk kegiatan sosial atau sekedar menikmati budaya dan kearifan lokal masyarakat Aceh. 

Hutan mangrove buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga pukul 6 sore. Menjelang maghrib bakal ada peringatan untuk meninggalkan tempat wisata. Diluar area hutan mangrove terdapat banyak warung makan yang menawarkan makanan khas aceh seperti mie aceh dan masakan seafood lainnya. Jika berkunjung ke Aceh jangan lupa ke hutan mangrove Langsa Aceh ya dan cek in hotelnya hanya di hotel murah.