Liburan Ke Bali Super Hemat dengan 5 Cara Ini

source [email protected]

Ada banyak cara untuk bisa liburan ke Bali, salah satunya dengan cara backpacker. Backpacker bukan saja buat kamu yang memiliki dana minim, melainkan juga buat kamu yang ingin mencari banyak pengalaman selama perjalanan. Bali adalah tempat yang tepat untuk memulai perjalanan menjadi backpacker. Sebagaimana kita tahu, beberapa orang menganggap Bali cukup mahal untuk dijadikan destinasi berlibur. Namun, dengan backpacker kamu bisa menantang diri kamu untuk melakukan liburan hemat. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk perjalanan backpacker. 

Jangan ke Bali saat musim liburan. Kamu tentu tahu, Bali akan ramai ketika musim liburan tiba. Hal ini akan berpengaruh pada biaya hidup kamu di sana, yang mana harga tarif transportasi, akomodasi, dan tempat makan akan naik dua kali lipat. Bukan itu saja, jika kamu memilih waktu yang tepat, kamu dapat mengeksplor destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. 

Gunakan perjalanan darat. Cara lainnya untuk bisa dikatakan backpacker sejati adalah menghindari transportasi yang dapat merogoh kantong kamu lebih dalam. Apalagi untuk sampai ke Bali memiliki dua cara yang bisa kamu gunakan, yaitu via udara dan via darat. Seorang backpacker tentu saja akan memilih perjalanan via darat. Dimana mengingat biaya transportasi ke Bali yang cukup tinggi. Jika melakukan perjalanan darat, kamu dpat memulainya dengan naik kereta dengan tujuan ke Surabaya. Dari sana kamu bisa lanjut naik bus dengan tujuan Pelabuhan Ketapang, lalu naik perahu untuk menuju Pelabuhan Gilimanuk. Untuk biaya kamu bisa mencari yang terupdate karena setiap tahun tentu harga transportasi akan naik meskipun hanya seribu rupiah. 

Pilih penginapan backpacker di Bali. Penginapan backpacker di Bali tentu adalah penginapan murah. Jangan khawatir, hotel atau resort di Bali tidak semuanya mahal. Di sini kamu akan mudah menemukan penginapan dengan harga murah dengan fasilitas yang cukup memadai. Jika kamu punya kenalan atau kerabat di sana, sebaiknya kamu menginap di tempat mereka. Hal ini supaya kamu dapat lebih sedikit mengurangi biaya pengeluaranmu di sana. 

Berkeliling Bali dengan sewa motor. Saat ini setiap kota yang banyak didatangi wisatawan akan dengan mudah kamu menemukan tempat penyewaan motor. Kamu bisa lebih mengirit daripada harus naik angkutan umum. Penyewaan motor di Bali atau kota lainnya kurang lebih dikenakan biaya yang tidak jauh berbeda. Biasanya kamu akan dikenakan biaya mulai dari Rp50.000 per hari. Jenis motor yang ditawarkan pun beragam, mulai dari motor bebek, matic, hingga motor besar. Saat menyewa, kamu hanya akan di minta KTP sebagai  penjamin. 

Makan di warung khusus backpacker. Jika kamu sudah berniat untuk liburan cara backpacker tentu kamu juga harus memilih makan di warung khusus backpacker. Misalnya, kamu dapat makan di warteg atau padagang kaki lima yang menjajakan makanan yang akan membuat kamu kenyang. Sebgai pengalaman selama perjalanan, kamu dapat bertanya kepada warga lokal warung mana yang menyediakan menu murah dan enak.