in ,

3 Destinasi Wisata di Pulau Kei Besar yang Tak Banyak orang Tahu

Pulau Kelapa
Pulau Kelapa. Source: Instagram @ina.wahdania

Ini dia satu lagi destinasi wisata pulau di Maluku Tenggara, Pulau Kei Besar namanya. Pulau Kei Besar adalah salah satu kecamatan di Kepulauan Kei. Merupakan pulau terbesar di Kabupaten Maluku Tenggara.

Pulau ini jarang terekspos ke sosial media. Namun inilah yang membuatnya menjadi sangat istimewa karena keaslian alamnya yang masih terjaga. Keindahan alamnya tak mudah kamu temukan di tempat lain.

Karena jarang dikunjungi, Pulau Kei Besar menyimpan banyak surga tersembunyi yang perlu diexplore. Jadilah orang pertama yang memamerkan foto liburanmu disini. Bagi kamu pecinta wisata alam sudah pasti wajib memasukkan Pulau Kei Besar kedalam daftar destinasimu.

Tak banyak orang yang tahu Pulau Kei Besar punya tempat wisata dengan pemandangan yang mempesona. Ini dia salah satunya

Baca juga : Yang Masih Ingin ke Luar Negeri Rugi Kalau Tak Mencoba ke sini

Pulau Kelapa

Pulau Kelapa
Pulau Kelapa. Source: Instagram @ina.wahdania

Pulau Kelapa terletak di Desa Elat. Merupakan destinasi wisata di Maluku Tenggara yang tengah dikembangkan pemerintah setempat. Pariwisatanya dibuat eksluksif dan dikonsepkan sebagai ikon Kabupaten Maluku Tenggara.

Keindahan pulau ini dipromosikan dalam banyak event untuk memikat wisatawan. Pemandangan Pulau Kelapa berupa hamparan pasir putih dengan pepohonan rindang disekitarnya begitu memikat mata.

Keaslian alamnya masih sangat terjaga. Batu-batu berukuran besar yang terletak di pinggir pantai terlihat sangat alami, menjadi tempat menikmati langit jingga di sore hari. Ditambah pemandangan didepan mata berupa pulau-pulau kecil. Meskipun pantainya tidak terlalu luas pasirnya yang halus dan bersih sangatlah indah.

Ombaknya beriak dengan pelan, membuat betah berlama lama bermain air. Keindahan pulau bisa dinikmati dengan mengitarinya menggunakan perahu cepat. Yang paling istimewanya lagi, di Pulau Kelapa hidup salah satu fauna endemik yaitu Kangguru Kei Besar. Jika beruntung kamu bisa menemukannya saat hiking di hutan yang berada di pulau.

BACA JUGA  Wisata Pulau Bair, Pulau Kosong dengan Spot Foto Terbanyak

Air Terjun Hoko

Air Terjun Hoko
Air Terjun Hoko. Source: Instagram @vsco.kei

Wisata Air Terjun Hoko disebut sebagai nirwana Pulau Kei Besar. Pemandangannya berbeda dengan pemandangan air terjun yang biasa kamu lihat di tempat lain. Air terjunnya mengalir di dinding tebing cembung yang bentuknya menyerupai corong.

Di bagian bawahnya terdapat cekungan sehingga tebing seolah-olah terpotong. Patahan yang terdapat pada dinding tebing sering dijadikan pijakan untuk olahraga panjat tebing.

Jika kamu berada di bagian bawah tebing cembung tersebut kamu bisa melihat butiran air terjun jatuh seperti hujan. Debit airnya tidak terlalu deras, sehingga butiran air yang turun sangat halus. Pemandangan ini yang jadi ciri khas air terjun Hoko.

Akibat proses alam, bagian langit langitnya terbentuk batu kerucut seperti stalagtit. Relief yang berbentuk guratan guratan halus bercampur kasar menambah kesan megah pada tebing.

Kolam air terjun berwarna biru toska, menjelaskan bahwa airnya sangat bersih. Ukurannya tidak begitu luas dengan kedalaman 2 m, ukuran yang pas untuk berenang. Pemandangan sekitarnya berupa pepohonan hijau menambah nuansa asri air terjun. Tempat wisata ini berada di Hollat, Kei Besar Utara.

Bukit Kalvarisit

Pulau Kei Besar juga punya destinasi wisata religi, Bukit Kalvarisit namanya. Lokasinya ada di Jalan Kabupaten, sekitar 4 km dari Ohoilim Kecamatan Kei Besar. Perlu waktu 1 jam 30 menit untuk sampai kesini dengan berjalan kaki.

Dari puncak kamu bisa melihat pemandangan Pulau Kei Kecil dan sebagian Pulau Kei Besar. Oleh penduduk setempat lokasi ini disebut dengan Ler Ni Fid, yang artinya pintu matahari antara Gunung Dab dan Gunung Sit Nuhu Yut.

Sejak dulu Bukit Kalvarisit menjadi tempat berdoa umat Katolik. Ini adalah tempat wisata religi dengan tempat tertinggi di Provinsi Maluku. Disini terdapat arca Kristus Raja, arca Bunda Maria dan tempat berdoa. Bukit Kalvarisit ramai dikunjungi saat acara kerohanian Katolik, seperti paskah dan ziarah.

BACA JUGA  6 Destinasi Wisata Kabupaten Bolaang Mongondow

Meskipun jauh, ketiga destinasi wisata ini menjadi alasan yang kuat untuk liburan ke Pulau Kei Besar. Bagaimana menuju pulau ini? Tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Kepulauan Kei Besar. Minimal kamu harus satu kali transit di kota Ambon sebelum melanjutkan penerbangan ke Langgur, ibukota Kepulauan Kei sebelum Kota Tual.

Dari bandara Pattimura Ambon, ambil penerbangan ke Bandara Karel Sadsuitubun di Langgur. Inilah titik awal keberangkatanmu menuju Pulau Kei Besar.

Bagaimana? Kamu sudah siap liburan ke Pulau Kei Besar? Cek jadwal pesawat dari Jakarta ke Ambon di www.hotelmurah.com/tiketpesawat.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Pulau Kapal

Pulau Kapal Sebagai Pilihan Destinasi Wisata Sejarah dan Bahari di Pulau Kei

Pintu Batu Batlyosa

Meskipun Tak Viral, Kepulauan Tanimbar Layak Jadi Terkenal