in ,

Meskipun Tak Viral, Kepulauan Tanimbar Layak Jadi Terkenal

Pintu Batu Batlyosa
Pintu Batu Batlyosa. Source: Instagram @michaelmenason

Siapa yang mampu membantah bahwa eksotisme alam Indonesia memang mempesona. Keindahan alamnya mulai dari pantai, pulau dan gunungnya mampu memikat hati wisatawan lokal maupun asing.

Ditambah fakta bahwa Indonesia Timur berpotensi dikembangkan menjadi destinasi wisata berskala internasional membuat siapapun yang pernah berkunjung pasti terpanggil untuk kembali lagi.

Saat ini nama Bali, Labuan Bajo dan Raja Ampat begitu tersohor di mata dunia. Padahal Maluku juga tak kalah indah dari tiga destinasi wisata terfavorit ini, kepulauan Tanimbar misalnya. Kepulauan Tanimbar terletak di  wilayah Maluku Tenggara Barat.

Meskipun nama Tanimbar tidak begitu viral, keindahan kepulauan ini disebut-sebut akan menjadi wisata primadona nya Indonesia Timur.

Bangsa Kei yang merupakan penduduk asli Kepulauan Tanimbar menamai kepulauan ini dengan nama Tnebar Evav. Tak banyak yang tahu dengan pulau ini. Padahal kepulauan Tanimbar layak jadi terkenal, karena pemandangannya yang indah.

Baca juga : Yang Masih Ingin ke Luar Negeri Rugi Kalau Tak Mencoba ke sini

Aksesnya juga mudah, ada penerbangan langsung dari Ambon ke Bandara Mathilda Batlayeri yang berada di kota Saumlaki, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Cek jadwal penerbangan Jakarta-Ambon di www.hotelmurah.com/tiketpesawat

Jika kamu punya kesempatan berlibur ke Maluku, pastikan kepulauan Tanimbar masuk daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Berikut ini pilihan tempat wisata yang bisa kamu coba.

Pulau Seira

Pulau Seira
Pulau Seira. Source: Instagram @dhiyamoswear

Mau makan ikan kerapu dan lobster yang asli segarnya? Tinggal datang ke Pulau Seira. Pulau Seira merupakan bagian dari Kepulauan Tanimbar. Lumbung perikanan tangkap berupa lobster dan kerapu tersebar di beberapa titik di pulau yang mayoritas penduduknya nelayan ini. Lobster dan ikan kerapu dari Pulau Seira langganan komoditi ekspor.

BACA JUGA  Yang Masih Ingin ke Luar Negeri Rugi Kalau Tak Mencoba ke sini

Kondisi laut dan terumbu karang Pulau Seira masih sangat bagus. Sehingga menjadi habitat yang baik untuk para penghuninya. Walhasil Pulau Seira terkenal sebagai pulau dengan kekayaan perikanan hasil tangkap cukup besar.

Saking banyaknya, nelayan tak perlu repot menangkapnya. Cukup menggunakan peralatan sederhana seperti pancing ulur dan ikan lembang kecil sebagai umpan, ikan kerapu dan lobster siap dipanen.

Jika kamu tertarik melihat aksi panen lobster dan kerapu ini, sebaiknya datang saat senja. Karena biasanya ikan kerapu dan lobster mulai berkumpul di sore hari. Kapal nelayan berukuran kecil dengan mesin tempel siap beraksi. Suara bising mesin tempel kapal menjadi penanda bahwa laut Pulau Seira begitu kaya.

Mata air Bomaki

Mata Air Bomaki
Mata Air Bomaki. Source: Instagram @_henrycardo

Mata air Bomaki adalah destinasi wisata wajib di Pulau Tanimbar. Keindahan pulau Tanimbar tercermin dari sini. Kolam yang sumber airnya berasal dari mata air ini memberikan kesejukan bagi yang memandangnya.

Belum lagi airnya yang jernih dan segar. Tempatnya yang begitu asri cocok untuk kamu yang membutuhkan relaksasi. Mata air Bomaki terletak di desa Bomaki, sekitar 30 menit dari kota Saumlaki.

Pintu Batu Batlyosa

Pintu Batu Batlyosa
Pintu Batu Batlyosa. Source: Instagram @michaelmenason

Tempat wisata Pintu Batu atau dalam bahasa setempat disebut Batlyosa adalah salah satu bentuk kreasi alam yang luar biasa. Sebuah batu karang dengan ukuran cukup besar mempunyai lubang di tengahnya, menyerupai sebuah pintu.

Batu karang yang kokoh ini berada di tepi pantai Desa Latdalam, 30 menit dari kota Saumlaki. Pintu Batu Batlyosa menjadi simbol gerbang kemajuan desa Latdalam. Waktu yang tepat datang kesini adalah saat sore hari. Jika kamu beruntung, kamu bisa meliahat matahari terbenam di posisi tepat berada di tengah-tengan pintu batu.

BACA JUGA  Liburan ke Kota Baubau yang Lebih Berharga Dari Sekedar Aspal

Desa Wisata Tumbur

Source img IF @iwashere_id

Berkunjung ke Kepulauan Tanimbar tak lengkap rasanya jika pulang tidak bawa oleh-oleh. Oleh-oleh khas dari sini adalah kerajinan pahat dari bahan kayu eboni. Kamu bisa langsung datang ke pusat seni pahat Desa Tumbur.

Selain bisa dapat harga yang lebih ekonomis, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung. Skil pahat para pengrajin dari desa ini sudah tingkat dewa.

Desa Tumbur terletak sekitar 30 menit dari kota Saumlaki. Selain kerajian pahat, kamu juga bisa membeli aksesoris berupa kalung, cincin dan gelang khas Tanimbar. Perempuan di desa ini sehari harinya terbiasa menggunakan gelang. Semakin banyak bulatan pada gelangnya berarti semakin tinggi kasta perempuan tersebut.

Pulau Matakus

Pulau Matakus
Pulau Matakus. Source: Instagram @lombokboy

Pulau Matakus tengah merupakan pusat diving dan menyelam terbesar di Indonesia Timur. Bersama pulau Angormas dan pulau Mastabun merupakan segitiga pusat diving. Sebagai pusat diving fasilitas wisata di Pulau Matakus sangat lengkap. Terdapat pusat penyewaan alat diving dan 3 cottage sebagai akomodasi wisatawan.

Kualitas dan keindahan pemandangan bawah lautnya di klaim merupakan yang terbaik, mengalahkan laut Bunaken. Arus lautnya juga lebih tenang, sehingga nyaman untuk menyelam. Pengembangan wisata di Pulau Matakus khusunya diving diharapkan bisa menjaring wisatawan mancanegara asal Australia dan New Zealand.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Pulau Kelapa

3 Destinasi Wisata di Pulau Kei Besar yang Tak Banyak orang Tahu

Wisata Pulau Bair

Wisata Pulau Bair, Pulau Kosong dengan Spot Foto Terbanyak