in

Pulau Onrust, Pulau dengan Kekayaan Sejarah

Pulau Onrsust
Pulau Onrsust. Sourch img from instagram @/adi_ulfian

Masing-masing pulau di Kepulauan Seribu memang punya ciri khas. Tidak hanya nuansa alam yang ditawarkan, tapi juga wisata sejarah. Pulau Onrust adalah salah satu pulau yang menyimpan kekayaan wisata sejarah. Pulau ini cocok untukmu yang ingin melihat langsung peninggalan masa kolonial Belanda.

Nama Pulau Onrust berasal dari bahasa Belanda yang artinya “tidak pernah istirahat”, mirip dengan kata unrest dalam bahasa Inggris. Ini karena di zaman kolonial pulau ini menjadi tempat lalu lalang kapal Belanda.

Secara administratif, Pulau Onrust berada di Kelurahan Pulau Untung, Kecamatan Kepulauan Seribu. Untuk mencapainya cukup mudah karena kamu bisa berangkat dari Dermaga Pulau Kamal. Dari Muara Kamal, waktu tempuhnya hanya 15-20 menit dengan menggunakan kapal nelayan.

Pilihan lainnya melalui Pelabuhan Muara Angke. Di sini, terdapat pemberangkatan rutin setiap hari menuju Pulau Onrust.

Hanya saja, tidak opsi menginap di Pulau Onrust. Maka hanya tersedia perjalanan One Day Trip yang tersedia di sini. Sejumlah agen sering memadukan paket ke Pulau Onrust dengan perjalanan ke dua pulau lain yang juga bernilai sejarah, yakni Pulau Cipir, dan Pulau Kelor.

Ketiga pulau tersebut memang memiliki sejarah yang berkaitan.

Bangunan Belanda

Area di sekitar Pulau Onrus dipenuhi bangunan dari masa kolonial Belanda. Salah satunya adalah bekas rumah sakit yang dulu dijadikan tempat karantina bagi para jemaah haji yang baru berangkat, maupun baru datang dari Mekah. Hal ini untuk memeriksa setiap jamaah agar tidak ada yang terkena penyakit menular.

Ada pula yang mengatakan bahwa pemerintah Belanda memeriksa orang-orang yang datang dari Mekah, karena ada saja yang kembali ke tanah air dan menjadi pemberontak. Sayangnya, rumah sakit karantina ini sekarang tersisa puing-puingnya saja.

BACA JUGA  Pulau Bidadari, Pilihan Menyepi dengan Fasilitas Nyaman

Selain itu rumah sakit, ada pula bangunan bekas penjara, barak jamaah haji, dan Menara Keket yang dibangun sebagai menara jaga. Sebenarnya dulu terdapat benteng pertahanan yang dibuat Belanda di Pulau Onsrust. Sayangnya, benteng tersebut hancur akibat serangan pasukan Inggris.

Untuk mendapatkan informasi utuh mengenai Pulau Onrust, kamu bisa datang ke museum yang memajang barang-barang yang dulu digunakan di masa kolonial Belanda.

Di bagian depan museum, ada meriam yang dulu digunakan sebagai senjata. Di bagian dalam, kamu akan menemukan foto-foto dari masa silam, dan keterangan tertulis mengenai peristiwanya. Ada pula miniatur Pulau Onrust saat masih utuh di zaman kolonial.

Dari informasi yang kamu dapat dari Museum, kamu akan dapat informasi lengkap mengenai sejarah Pulau Onrust.

Oh ya, peninggalan lain yang ada di Pulau Onrust adalah makam orang Belanda.  Di makam yang terletak di ujung utara ini, terdapat beberapa makam orang-orang yang meninggal karena penyakit tropis. Salah satu yang paling dikenal adalah makam Maria van de Velde, gadis pejabat Belanda. Konon, di batu nisannya terdapat puisi berbahasa Belanda yang berisi kesedihan orang-orang yang ditinggalkan.

Tujuan memancing dan bersantai

Jika sudah puas berkeliling, kamu bisa bersantai di area pulau. Beberapa pengunjung—yang sebagian merupakan warga Jakarta—kadang datang hanya untuk memancing ikan. Maka kamu bisa melihat warga-warga yang sedang memancing di dermaga maupun di titik lain di Pulau Onrust.

Kamu bisa membawa alat pancing sendiri, dan memancing di sana. Banyak ikan-ikan yang bisa kamu pancing, antara lain ikan baronang, ikan krapu, ikan samgeh, ikan pari, ikan kakap, ikan alu-alu hingga ikan barakuda. Tak heran kalau setiap hari ada 20-25 pemancing yang datang ke sini.

BACA JUGA  Gak Usah ke Bali, Nikmati Wisata Bahari di Pulau Macan

Jika sedang haus, terdapat pula warung warga setempat yang menjual es kelapa muda. Kamu bisa memuaskan rasa dahagamu di sana. Tentu sambil duduk di pinggir pantai dan melihat pemandangan laut. Untuk mendapatkan suasana terbaik, disarankan untuk datang di musim panas di saat cuaca cerah.

Nah, buatmu yang sudah ingin berwisata, kamu bisa menggunakan hotelmurah.com . Dengan hotelmurah.com, kamu bisa memesan tiket pesawat, kereta, dan penginapan. Variasi harga yang ditawarkan pun beragam, jadi kamu bisa menyesuaikannya dengan budgetmu. Oh ya, nikmati pula diskon dan promo menarik. Ada pula fitur seperti pembayaran tagihan, pengisian e-wallet, dsb.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Pulau Pelangi

Liburan Berwarna-Warni di Pulau Pelangi

Pulau Putri

Pulau Putri, Terowongan Bawah Laut dan Keindahan Lainnya