in , ,

Wisata Pulau Bair, Pulau Kosong dengan Spot Foto Terbanyak

Wisata Pulau Bair
Pulau Bair. Source : Instagram @167_pulaubairkpkuntirta2

Liburan ke pulau kosong alias tak berpenghuni mulai digemari wisatawan lokal. Surga tersembunyi yang lokasinya sulit dijangkau juga mulai terdokumentasikan di sosial media. Tempat-tempat baru dengan pemandangan indah bak surga ini menjadi ajang bagi para wisatawan.

Yaitu ajang pamer foto di sosial media. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang pernah menginjakkan kaki ke tempat baru tersebut.

Ajang ini juga yang membuat wisata Pulau Bair atau disebut juga dengan Pulau Baer mendadak terkenal di sosial media. Pulau kosong yang tak pernah dikunjungi ini mulai menjadi wisata pulau terfavorit para wisatawan, khususnya wisatawan lokal. Keindahannya membuat wisatawan pada penasaran. Dari postingannya di sosial media Pulau Bair mendapat sebutan sebagai Raja Ampatnya Maluku.

Seindah itu?

Ya memang seindah itu. Keindahannya sulit dijelaskan jika kamu tidak melihatnya secara langsung. Pulau Bair termasuk dalam gugusan Kepulauan Kei Maluku Tenggara. Meskipun sangat jauh, pulau tak berpenghuni ini selalu masuk daftar pulau yang wajib di kunjungi saat liburan di Maluku. Wisatawan lokal tak segan merogoh kocek dalam-dalam demi menginjakkan kaki disini.

Baca juga : Yang Masih Ingin ke Luar Negeri Rugi Kalau Tak Mencoba ke sini

Keindahan Pulau Bair sudah terlihat dari jauh, sejak perahu cepat yang kamu tumpangi melaju menuju pulau. Kamu bisa menyeberang dari kota Tual atau dari pelabuhan watdek Langgur, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara.

Dari kejauhan tulisan merah bertuliskan Pulau Bair sungguh eye catching. Begitu juga dengan laguna yang berwarna biru toska, benar-benar spot foto yang mempesona.

BACA JUGA  Banda Neira yang Bukan Sekedar Nama

Spot foto lainnya masih ada lagi, karena keindahan Pulau Bair lainnya masih banyak di depan mata. Berikut ini spot foto yang tak boleh kamu lewatkan.

Ikon Pulau Bair

Laju perahu cepat menuju pulau membutuhkan waktu sekitar satu jam. Sesaat sebelum berlabuh, pastikan perahu cepatmu berhenti tepat di depan tulisan merah P. Baer yang terpajang besar di atas bukit karang. Spot foto pertama ini merupakan ikon Pulau Bair.

Dermaga Pulau Bair

Setelah diterjang ombak selama satu jam saat menyeberang, kamu akan berlabuh di dermaga Pulau Bair. Dermaga yang terbuat dari kayu ini sangat instagramable. Pastikan kamu sampai ke ujung dermaga, karena dari sini pemandangannya sangat indah.

Tebing Bukit Karang

Spot foto selanjutnya adalah tebing bukit karang setinggi 20 m. Bagi kamu yang suka tantangan wajib menginjakkan kaki di tebing ini. Rasakan sensasi melompat dari tebing ke laut berwarna biru toska di laguna Pulau Bair. Foto Pulau Bair yang di ambil dari spot ini lah yang membuat pulau kecil ini viral di sosial media pada tahun 2015.

Tebing ini adalah tempat terbaik melihat Pulau Bair dari ketinggian. Perpaduan pemandangan alam sekitar pulau terlihat jelas dari sini. Birunya air laut berpadu dengan hamparan pasir putih yang di kiri kanannya diapit tebing batu karang menjadi pemandangan ter-viral.

Pasir Putih

Setelah seru-seruan terjun dari atas tebing, selanjutnya kamu bisa rebahan santai di pasir putih yang sangat bersih. Disini kamu bisa bebas mencari spot terbaik untuk selfie bersama teman.

Lorong Mati

Spot lorong mati bisa dicapai menggunakan perahu. Kamu bisa menyewa perahu patungan dengan yang lain. Arahkan laju perahumu menuju perairan yang diapit oleh dua buah tebing batu. Jarak antara kedua tebing ini cukup dekat sehingga mirip sebuah lorong. Oleh wisatawan spot foto ini dinamakan lorong mati.

BACA JUGA  Meskipun Tak Viral, Kepulauan Tanimbar Layak Jadi Terkenal

Pohon Bakau

Saat menyusuri Pulau Bair nan cantik dengan perahu, jangan lupa mengunjungi deretan pohon bakau yang tumbuh subur mengelilingi pulau. Keberadaan pohon bakau ini menjaga pulau dari abrasi laut. Spot pohon bakau patut diabadikan dalam momen liburanmu.

Terumbu Karang

Tentu saja melihat keindahan bawah laut menjadi tujuan utama liburan ke Pulau Bair. Air laut yang jernih dijamin mampu membuatmu ketagihan untuk diving dan snorkeling. Saking jernihnya terumbu karang yang berada di dasar laut terlihat jelas dari permukaan.

Habitat Pulau Bair yang jarang tersentuh membuat terumbu karang hidup dengan subur. Hati-hati saat mendayung perahumu, jangan sampai merusak terumbu karang.

Hiu Blacktip

Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung mengaku pernah melihat anak hiu jenis Blacktip berenang bebas disekitar Pulau Bair. Kadang-kadang anak hiu ini terlihat berenang di permukaan. Jika kamu beruntung kamu bisa selfie dengan latar belakang hiu Blacktip. Momen langka ini menjadi spot foto terbaik di Pulau Bair.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Pintu Batu Batlyosa

Meskipun Tak Viral, Kepulauan Tanimbar Layak Jadi Terkenal

cara top up unipin free fire di indomaret

10 Langkah Cara Top Up UniPin Free Fire di Indomaret yang Praktis dan Mudah!