in

Sebelas dari Seribu, Pesona Gugusan Pulau Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu. Sourch img from instagram @/kepulauanseribujakarta

Apa kesanmu tentang Jakarta? Umumnya orang langsung mengaitkan Jakarta dengan gedung-gedung pencakar langit, kemacetan, atau polusi udara. Padahal, masih di area Jakarta—tepatnya di Kepulauaan Seribu—terdapat pulau-pulau indah yang menyimpan kekayaan wisata bahari.

Meskipun jaraknya tidak begitu jauh, saat tiba di Kepulaun Seribu kamu akan merasa seolah berada di tempat lain. Bukan di ibukota Jakarta yang sudah padat dan penat itu.

Kamu cuma perlu melompat ke utara Jakarta, menaiki kapal, dan memilih satu dari ratusan pulau yang ada di Kepulauan Seribu sebagai tujuan wisatamu. Hotelmurah.com akan memilih sebelas yang terbaik untuk kamu. Simak ya!

Pulau Tidung

Pulau Tidung jadi pulau paling populer di Kepulauan Seribu. Selain karena fasilitasnya yang lengkap dan aksesnya yang mudah, pulau ini juga menawarkan keindahan memukau. Salah satu yang paling terkenal adalah Jembatan Cinta.

Jembatan yang membentang dari Pulau Tidung Besar ke Pulau Tidung Kecil ini jadi area favorit wisatawan. Tidak hanya saat hari cerah, tapi juga saat malam saat kerlap-kerlip lampu menyala saat gelap. Tak cuma itu, pengunjung pun bisa melakukan berbagai wisata air di pulau ini.

Pulau Pari

Pulau Pari juga jadi salah satu pulau paling populer di Kepulauan Seribu. Di area seluas puluhan hektare, Pulau Pari memiliki beberapa pantai dengan panorama eksotis. Pengunjung akan menemukan pantai berpasir putih dan pemandangan lautnya yang cantik.

Meskipun berpenghuni, kelestarian Pulau Pari ini amat terjaga. Kamu juga sangat mudah menemukan banyak jenis penginapan. Sejumlah warga menyewakan rumah-rumah mereka sebagai homestay. Selain pilihan snorkeling dan diving, kamu juga mencoba wahana watersports yang melimpah.

Pulau Harapan

Seperti Pulau Tidung dan Pulau Pari, Pulau Harapan menawarkan kekaayaan wisata bahari. Cukup banyak spot untuk snorkeling dan diving. Penginapan juga melimpah dengan fasilitas nyaman.

BACA JUGA  Gak Usah ke Bali, Nikmati Wisata Bahari di Pulau Macan

Kemudahan di pulau ini adalah banyaknya kedai-kedai makanan yang menyajikan makanan seafood khas Kepulauan Seribu.

Pulau Harapan sangat dekat dengan pula-pulau kecil di sekitarnya. Dengan island hoping, kamu bisa berkeliling mencari spot keindahan bawah laut di Kepulauan Seribu.

Pulau Pramuka

Pulau ini bukan khusus anggota pramuka ya, melainkan pulau berpenduduk yang punya pesona bawah laut. Di sektar Pulau Pramuka, terdapat berbagai jenis terumbu karang dan berbagai jenis spesies ikan.

Posisinya sebagai pulau berpenghuni, membuat suasana pulau ini ramai. Uniknya, alamnya tetap terjaga. Bahkan di pulau ini terdapat penangkaran penyu dari jenis Eretmochelys Imbircata yang terancam punah.

Pulau Sepa

Ada dua jenis pulau yang umum dikunjungi di Kepulauan Seribu. Satu pulau yang berpenghuni. Dua pulau resort yang dikhususkan untuk wisatawan. Pulau Sepa termasuk yang kedua. Karena dikelola pribadi, Pulau Sepa menawarkan wisata yang eksklusif untuk pengunjungnya.

Yang terunik adalah wahana Marine Walker. Wahana di mana pengunjung bisa berjalan di bawah air sambil mengenakan helm berbentuk seperti helm astronot. Helm ini berisi oksigen, dan pengunjung bisa berjalan di laut layaknya Aquaman.

Pulau Ayer

Pengen merasakan sensasi menginap di cottage terapung? Kamu bisa merasakan sensasi tersebut di Pulau Ayer. Di pulau ini terdapat puluhan cottage yang menghadap langsung ke laut lepas. Pemandangan eksklusif ini bisa kamu nikmati sambil menyesap teh bersama pasangan/sahabat.

Pulau yang dikhususkan bagi wisatawan ini pamornya sudah lama dikenal. Bahkan, pada masa presiden pertama RI, Ir. Soekarno, tamu-tamu negara datang ke pulau ini untuk bersantai dan menyaksikan keindahannya.

Pulau Bidadari

Seperti namanya, pulau ini menyimpan kecantikan alam. Kamu bisa melihat pemandangan laut biru. Di pulau ini juga kamu bisa merasakan sensasi watersports yang beragam seperti banana boat, sofa boat, dan jetski.

BACA JUGA  Pulau Pari, Wisata Bahari Favorit di Kepulauan Seribu

Untuk penginapan di Pulau Bidadari, terdapat dua jenis, yakni yang terapung yang menghadap laut, juga yang di darat. Kamu bisa memilih penginapan berdasarkan kesukaanmu. Ada pula restoran yang menghidangkan sajian seafood khas Kepulauan Seribu.

Pulau Macan

Pulau Macan  termasuk pulau resort, dan di sini terdapat penginapan yang punya nama-nama unik. Salah satu yang bisa kamu coba adalah penginapan ala tent, di mana bentuknya seperti tenda besar yang menghadap laut. Sensasinya seperti berkemah di tepi pantai.

Pulau ini juga menyimpan kekayaan biota laut. Kamu bisa mengeksplornya lewat snorkeling dan diving.

Pulau Onrust

Suka mempelajari sejarah? Pulau Onrust cocok untuk kamu. Di pulau ini kamu akan menyaksikan bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda. Adapun yang bisa kamu lihat seperti bangunan bekas rumah sakit, tenaga medis, dan museum. Saat tiba di sana, kamu seolah tiba di masa silam.

Selain wisata sejarah, Pulau Onrust juga merupakan pulau favorit untuk aktivitas memancing.

Pulau Putri

Mau menginap di pulau resort yang punya aquarium bawah laut? Pulau Putri jadi jawabannya. Di pulau ini ada aquarium berbentuk terowongan yang tak bisa kamu temukan di pulau lain. Perairannya pun jernih dan terjaga. Di dekat dermaga, kamu bisa melakukan snorkeling.

Adapun pilihan wisata lainnya adalah watersports, menyelam, dan island hoping.

Itu sebelas pulau terbaik versi hotelmurah.com. Oh ya, jangan lupa gunakan hotelmurah.com di mana pun berada. Kamu bisa memesan tiket pesawat, kereta, dan penginapan.

Mana yang pingin kamu kunjungi? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
Pulau Putri

Pulau Putri, Terowongan Bawah Laut dan Keindahan Lainnya

Lawang Sewu

Lawang Sewu, Ikon Wisata Sejarah Semarang