Panorama Tersembunyai Di Air Terjun Lengang Laiya


Satu lagi wisata air terjun yang menyimpan sejuta keindahan yaitu air terjun lengang laiya. Air terjun ini terletak di Bontomanai Desa Laiya Kecamatan Cendrana Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Lokasinya sangat sulit dijangkau sehingga air terjun langang masih jarang terjamah wisatawan. Bagaimana tidak, medan yang dilalui untuk sampai kesini berbatu dibungkus tanah liat, dengan tanjakan dan tikungan tajam. Untuk mencapai lokasi, kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua tanpa harus berjalan kaki. Jika kamu menggunakan kendaraan roda empat, kamu harus berjalan kaki sejauh dua kilo meter. Namun semua medan yang sulit dilalui akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang sangat asri. Wewangian hutan pinus yang sangat khas menjadikan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata curug yang wajib didatangi.

Air terjun lengang memiliki dua tingkat. Di lokasi air terjun teratas yang mencapai tinggi 20 m ini, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan sawah dan kebun yang luas dari atas air terjun. Saat matahari terbenam, kamu akan terpukau dengan pemandangan sunset dari balik bukit. Lalu kamu dapat turun ke tingkat kedua dengan menyusuri bukit-bukit kecila yang medannya cukup ekstrim. Disisi kanan air terjun terdapat irigasi warga yang bisa dilalui untuk turun ke dasar aliran air. Di sini kamu akan dapat angle terbaik untuk foto air terjun yang menjulang tinggi.

Meskipun masih sangat jarang didatangi, tempat wisata ini sudah mulai menyediakan beberapa fasilitas. Seperti area parkir, musholla, kamar mandi dan penginapan. Namun tentu penginapan yang sangat sederhana. Untuk kamu yang ingin menginap lebih lama di sekitar lokasi air terjun ini, berikut pilihan hotel murah yang direkomendasikan hotelmurah.com


Hotel Ibis Makassar, terletak di pusat kota Makassar. Hotel ini sangat dekat dengan pantai Losari, cukup dengan berjalan kaki saja kamu sudah sampai di wisata pantai terpopuler di Makassar. Jika kamu beruntung kamu akan dapat kamar hotel yang view nya menghadap langsung ke pantai Losari.


Hotel Darma Nusantara II, lokasinya sangat strategis karena tidak jauh dari bandara St. Hasanuddin. Enaknya lagi terdapat fasilitas penjemputan gratis ke bandara. Yang terbaik dari hotel ini adalah restorannya yang menyajikan menu khas Sulawesi yaitu Pallumara, makanan berbahan dasar ikan bandeng, seperti sop ikan kuah kuning.