Destinasi dan Akomodasi Terbaik di Malioboro, Yogyakarta

Berkunjung ke Jogja tanpa Malioboro terasa seperti ada yang kurang—terutama bagi Anda yang kali pertama menjejakkan kaki di kota ini. Pasalnya, kawasan  yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta ini adalah jantung kehidupan Kota Pelajar. Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan banyak kios dan penjual yang menjajakan beraneka macam dagangan, mulai dari makanan hingga barang-barang seni.

Kawasan Malioboro juga merupakan titik srategis untuk berkunjung ke berbagai objek wisata. Bila berencana mengunjungi area ini, berikut beberapa destinasi yang jangan sampai terlewatkan.

Tugu Jogja


Sepintas, tugu ini memang terlihat biasa saja. Kendati demikian, tugu yang juga kerap disebut Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih ini bukan sembarang tugu. Ada sejarah panjang yang menyertai keberadaan ikon Kota Yogyakarta ini.

Pangeran Raden Mas Sujadan alias Sultan Hamengkubuwono I adalah sosok di balik pembuatan tugu ini. Dibangun sebagai lambang persatuan saat melawan kolonialisme Belanda, Tugu Jogja kini ramai dikunjungi wisatawan untuk berfoto baik pada saat pagi, siang, maupun malam hari.

Benteng Vredeburg


Anda yang menyukai sejarah dan bangunan tua akan merasa seperti di nirwana ketika berada di Malioboro. Wilayah ini memberikan akses yang sangat strategis ke berbagai tempat-tempat bersejarah yang eksotis seperti Benteng Vredeburg.

Benteng Vredeburg dapat dikunjungi mulai dari hari Selasa sampai Minggu. Arsitekturnya masih orisinil dan menampilkan gaya khas Eropa. Setelah sekian lama menjadi benteng yang dibagun pemerintah Belanda di tahun 1765 untuk menahan serangan darat, kini Vredeburg menjadi sebuah museum yang menyimpan banyak koleksi histori bangsa.

Keraton Yogyakarta