Candi Prambanan, Destinasi Wajib Jika Mengunjungi Jogja


Candi Prambanan merupakan salah satu situs yang masuk dalam datar warisan dunia oleh UNESCO. Candi yang merupakan peninggalan dari abad ke-10 terletak sejauh 16 km dari pusat kota Yogyakarta. Wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta rasanya wajib  mengunjungi candi ini yang menurut cerita dibangun oleh Bandung Bondowoso sebagai bukti cintanya kepada Roro Jonggrang. Selain untuk menikmati keindahan warisan dunia ini, ada banyak alasan mengapa kamu harus berkunjung ke sini. Salah satunya Sendratari Ramayana saat bulan purnama. Pengalaman ini tidak akan tergantikan. Namun kali ini bukan alasan mengunjungi Candi Prambanan yang akan diulas melainkan etika berkunjung ke candi.

Jangan sembarangan memanjat. Hampir semua candi memiliki jalur khusus untuk pengunjung. Hal yang harus kamu lakukan adalah menikmati keindahan relief candi dengan mengikuti jalur yang sudah disediakan bukan sembarangan memanjat. Selain berbahaya kamu juga dilarang untuk memanjat karena candi merupakan tempat suci sehingga jika  kamu sembarangan memanjat maka bisa saja tanpa sadar kamu memanjat atau menginjak tempat suci yang harusnya dihormati.


Jangan menyentuh relief. Penasaran ketika melihat relief tentu wajar tetapi bukan berarti itu menjadi pembenaran untuk kamu menyentuh atau memegang relief. Satu yang harus kamu sadar candi itu sudah berusia berabad-abad sehingga sangat rapuh dan rentan. Bahkan sebuah sentuhan bisa menyebabkan kerusakan. Walau kamu  mendengar mitos terkait dengan menyentuh relief ada baiknya kamu menahan diri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gunakan alas kaki yang nyaman. Candi, terutama Candi Prambanan, memiliki rancangan yang berundak dan hampir seluruh bagiannya menggunakan batu. Agar kunjunganmu menjadi pengalaman yang menyenangkan maka pastikan kamu menggunakan alas kaki yang cukup nyaman. Jangan gunakan heels atau sepatu dengan alas keras karena itu akan membuatku kesulitan berjalan.

Selalu menjaga kebersihan sekitar candi. Ketika berkunjung jangan lupa walau candi merupakan destinasi wisata tetapi sebenarnya fungsi candi adalah sebagai tempat ibadah atau tempat suci bagi agama tertentu jadi hargai hal itu dengan selalu menjaga kebersihan di sekitarnya. Jangan membuang sampah ketika  berada di seputar candi dan jangan merokok walau kamu berniat untuk mengumpulkan puntung rokok yang kamu hisap. Asap rokok dapat memberi efek negatif bagi relief candi.

Sekarang sudah banyak tersedia hotel di sekitar Candi Prambanan Yogyakarta yang akan memudahkan rencanamu untuk mengunjungi candi ini. Menginap di sekitar Candi Prambanan juga akan memberikan pengalaman surreal terutama saat matahari terbit dan terbenam.