Museum Gedung Sate Destinasi Sejarah Baru Saat ke Bandung di Tahun 2018


Jalan-jalan ke Bandung jangan hanya kuliner dan wisata alam saja. Kamu pun dapat memanfaatkan waktu untuk mempelajari sejarah Kota Kembang ini dengan mengunjungi museum. Salah satunya museum yang baru saja diresmikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada akhir tahun 2017, yaitu Museum Gedung Sate. Supaya tidak menempuh perjalan yang cukup jauh, kamu dapat menginap di Hotel dekat Gedung Sate Bandung. Sehingga, kamu dapat menikmati waktu di sana lebih lama.

Untuk menarik pengunjung, museum yang terletak di bagian timur Gedung Sate ini menawarkan pengalaman sarat sejarah dengan sentuhan teknologi digital. Dimana museum ini menyuguhkan sejarah mengenai arsitektur Gedung Sate yang telah menjadi gedung terindah di dunia. Dalam perjalanan mengelilingi museum, kamu akan mengikuti tiga segmen, yaitu segmen prolog, segmen eksplorasi, dan segmen kontemplasi.


Dalam ketiga segmen tersebut, pengunjung akan merasakan sensai teknologi digital yang interaktif saat menggali informasi dari museum ini. Misalnya, pengunjung dapat mencoba kacamata virtual reality yang membuat pengunjung seolah-olah menaiki balon udara mengelilingi area sekitar Gedung Sate. Selain itu, ada juga ruangan yang membuat pengunjung seolah-olah terlibat pada pengerjaan Gedung Sate, dengan teknologi augmented reality dan beberapa display yang mengupas desain pilar, kusen, tangga, hingga ke sudut-sudut eksterior dan interior Gedung Sate.


Dengan hadirnya museum ini dengan teknologi digital bertujuan untuk memberikan keleluasaan bagi pengunjung dalam menggali informasi melalui audio visual, gambar, dan maket. Cara ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang menimbulkan proximity (kedekatan) terhadap Gedung Sate, sehingga merasa memiliki dan ingin memelihara. Targetnya pun tertuju untuk semua pengunjung, mulai dari usia TK hingga pensiunan.

Untuk masuk ke bangunan yang penuh dengan informasi bersejarah yang memiliki luas 500 meter persegi ini kamu akan dikjenalan harga tiket masuk sekitar Rp 5.000. Waktu operasionalnya pukul 10.00-16.00 WIB setiap hari, kecuali hari Senin libur. Dikarenakan setiap hari libur diperkirakan akan ramai wisatawan yang mengunjungi Museum Gedung Sate, kamu dan keluarga dapat menginap di hotel dekat Gedung Sate Bandung dengan referensi di hotel Bandung.