Teluk Kiluan Tanggamus Lampung


Petualangan seru selanjutnya bisa kamu jadwalkan ke Teluk Kiluan Tanggamus Lampung. Teluk ini tepatnya terletak di desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Dari pelabuhan Bakauheni kamu membutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan darat untuk mencapai lokasi. Siapkan bekal makanan karena disepanjang perjalanan sulit ditemukan minimarket. Seru nya tak hanya bisa menikmati panorama keindahan lautnya saja, namun juga petualangan yang didapat selama perjalanan untuk sampai ke lokasi. Kamu akan melewati bukit dan lembah yang seru untuk dijelajahi. Jalanan yang belum begitu mulus merupakan tantangan tersendiri untuk pecinta off road seperti kamu. Sesampainya di lokasi kamu akan di sambut oleh pemandangan indah yang dibingkai oleh gapura selamat datang di Teluk Kiluan.

Di teluk ini terdapat ratusan ekor lumba lumba liar. Jika kamu beruntung kamu dapat menyaksikan atraksi lumba-lumba yang sedang melintas dari Gugusan Cengkalik kearah selatan sampai Cuku Kementara. Kamu bisa menyewa perahu Katir menuju tempat berkumpulnya habitat lumba lumba terbesar di Asia ini. Katir ini beroperasi pada pukul 6 pagi, butuh waktu setengah jam untuk sampai ke sini. Jenis lumba lumba yang ada disini adalah lumba lumba hidung botol dan paruh panjang. Puas menyaksikan atraksi lumba-lumba, kamu bisa lanjut keliling pulau dengan perahu katir sambil menikmati keindahan lautnya. Dab jika musimnya tiba, kamu bisa menyaksikan ratusan penyu hijau dan penyu sisik naik ke permukaan laut dan menepi ke pantai.

Pantai putih nya bertekstur halus dan sangat indah. Airnya berwarna gradasi hijau kebir biruan, dangkal dan jernih sehingga ikan ikan kecil dan terumbu karang terlihat jelas dari permukaan. Puaskan dirimu berenang di kolam renang air asin di Laguna Bay yang terletak di balik Teluk Kiluan. Hanya 40 menit dengan berjalan kaki untuk sampai di sana. Kolam ini terbentuk dari susunan unik batu karang. Benar benar pemandian alami!  

Tak puas jika hanya sehari disini, kamu wajib menginap di penginapan menyerupai rumah panggung yang merupakan rumah tradisional Lampung. Di hutan-hutan kecil sekitar penginapan seringkali terlihat primata seperti siamang, simpai dan kukang yang meloncat dari pohon ke pohon. Jangan takut ya, karena primata ini jinak dengan pengunjung. Ditambah dengan kicauan burung di pagi dan sore hari sungguh melengkapi petualanganmu di teluk Kiluan.