Berburu Sunrise di Gunung Batur Bali

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan selagi berlibur ke Bali. Untuk pengalaman liburan yang penuh tantangan, berburu pemandangan matahari terbit di Gunung Batur bisa jadi pilihan menarik. Apalagi, perjalanan menaiki puncak Gunung Batur relatif singkat, hanya butuh waktu sekitar 2-2,5 jam.

Meski butuh waktu pendakian yang relatif singkat, bukan berarti aktivitas menaiki puncak Gunung Batur ini cocok untuk para pendaki pemula. Medan yang harus dilalui untuk menuju ke puncak cukup sulit. Sepanjang jalur pendakian, rute yang dilewat cukup terjal dan licin. Oleh karena itu, tidak disarankan seorang pendaki pemula untuk memilih aktivitas ini.

Perjalanan menaiki gunung yang masih aktif ini memang sangat melelahkan. Namun, hal tersebut tidak membuat seorang pendaki menyerah. Bahkan, banyak wisatawan yang penasaran untuk menaklukkan gunung ini. Buktinya, setiap hari setidaknya ada 70 orang yang melakukan pendakian di sini.

Alasan utama para pendaki tersebut tak lain adalah keinginan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Batur. Pemandangan tersebut memang mampu membuat siapapun terkesima. Apalagi, gunung ini dikenal sebagai salah satu gunung dengan kaldera terluas di Indonesia.

Perjalanan Pendakian ke Puncak Gunung Batur


Bagi wisatawan yang tertarik untuk mendaki gunung ini, bisa menuju ke titik awal pendakian yang berada di Pura Jati Luhur. Setiap pendaki yang ingin menuju ke puncak gunung setinggi 1.717 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp75 ribu per orang.

Selain itu, para pendaki juga disarankan untuk menggunakan jasa pemandu. Apalagi, bagi pendaki yang baru pertama kali menaiki Gunung Batur. Untuk biaya sewa pemandu bisa dinegosiasi, berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp500 ribu. Keberadaan pemandu tersebut sangat penting, karena berkaitan dengan keamanan selama aktivitas pendakian.

Para pendaki yang berkeinginan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit, biasanya berangkat pada pukul 3 pagi WITA. Dengan waktu keberangkatan tersebut, para pendaki bisa sampai ke puncak sekitar pukul 5. Gunung ini hanya punya 1 pos, yang bisa dijangau dalam waktu sekitar 1,5 jam. Selanjutnya, dari pos 1 menuju ke puncak kira-kira butuh waktu 50 menit.

Tips Mendaki Puncak Gunung Batur