in

Uniknya Ngabuburit di Indonesia

ngabuburit malioboro

ngabuburit malioboro

Istilah ngabuburit mungkin hanya ada di Indonesia. Ngabuburit artinya kegiatan yang dilakukan disore hari bulan Ramadhan sambil menunggu waktu buka puasa. Ngabuburit ini sudah dikenal sejak dulu. Kegiatan ngabuburit ini bisa juga untuk melupakan rasa haus dan lapar yang biasanya semakin sore rasanya semakin berat. Daripada kamu ngabuburitnya hanya berkutat di hp saja, kamu bisa coba kegiatan unik ngabuburit yang biasa dilakukan

Berburu tajil

Biasanya dimulai pada pukul 4 sore atau setelah shalat ashar. Berburu tajil ada keunikannya tersendiri. Jika mau beli tajil harus bersama teman-teman, rasanya seru ngabuburit bersama teman sambil bersenda gurau. Di Indonesia mulai pukul 4 sore jalanan diramaikan oleh anak muda yang berburu tajil. Ada yang berjalan kaki serombongan namun kebanyakan menggunakan sepeda motor. Meskipun belinya tidak jauh, sudah seperti keharusan bahwa ngabuburit itu harus dengan motor. Jam segini jalanan menjadi macet. Seolah-olah adu cepat karena takut kehabisan tajil

Jalan-jalan di alun-alun kota 

Sering juga dilakukan sambil menunggu waktu buka puasa. Sejumlah anak dan orang tuanya mengunjungi alun-alun atau taman kota sekedar untuk bermain disana. Ada juga ngabuburitnya sambil jalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan untuk cuci mata atau membeli baju baru persiapan lebaran. Terkadang ngabuburit hanya sebagai kedok.

Selfie di tempat wisata atau masjid raya kota

Biasanya dilakukan oleh traveller yang sedang berpuasa dan ingin mencari tempat berbuka yang tidak terlalau jauh dari lokasi. Traveller biasanya ngabuburit dengan cara foto-foto di tempat bagus. Ngabuburit adalah waktu yang pas untuk para traveller datang ke mesjid. Masjid besar biasanya menyediakan menu buka puasa bagi pengunjung. Waktu ngabuburit juga bisa dimanfaatkan untuk santai sejenak melepas lelah di pelataran masjid.

Ngabuburit tahun ini ada yang beda dengan Kota Karawang Jawa Barat.

Pasalnya sejak ada Taman Millenial, anak muda memilih ngabuburit sambil membaca buku yang disediakan perpustakaan keliling di taman ini. Kegiatan ini diadakan oleh Komunitas Perpustakaan Karawang yang ingin memanfaatkan momen Ramadhan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Olahraga ringan bisa jadi pilihan ngabuburit yang menyehatkan.

Olahraga yang bisa dilakukan misalnya bermain sepatu roda, jalan santai atau bermain bulu tangkis. Di lapangan gashibu Bandung, jam ngabuburit diramaikan oleh anak muda yang sedang jalan santai. Berbeda dengan anak muda di Padang, mereka lebih senang main skatter di Pelataran Gedung Kebudayaan Sumatera Barat.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Singapura Destinasi Wisata Ramah Bagi Muslim

traveller

Kamu Traveller Tim Pesawat Terbang Atau Tim Kereta?