in

Kamu Traveller Tim Pesawat Terbang Atau Tim Kereta?

traveller

traveller

Saat ini di swedia ada sekelompok traveller yang memilih untuk tidak bepergian dengan pesawat terbang untuk rencana travellingnya. Mereka memilih alat transportasi lain. Jika perjalanan jauh mereka lebih memilih kereta ketimbang pesawat terbang. Rasa malu untuk bepergian dengan pesawat terbang atau dikenal dengan istilah Fligskam atau Flight Shaming ini timbul karena kepercayaan bahwa menggunakan pesawat terbang berakibat buruk pada lingkungan.

Fligskam ini dipelopori oleh seorang aktivis lingkungan muda asal Swedia yang bernama Greta Thunberg. Aktivis muda ini memulai aksinya saat masih duduk di bangku sekolah. Setiap hari jumat Thunberg memilih untuk bolos sekolah lantaran melakukan aksi protes pro lingkungan hidup. Dia memilih repot-repot naik kereta ke Davis Philipina untuk menghadiri forum World Economic ketimbang naik pesawat. Begitu juga saat menghadiri konferensi iklim di Katowice Polandia.

Aksi Thunberg ini terkenal dengan taggar #stayontheground. Langkah Thunberg dalam menjaga lingkungan dengan tidak naik pesawat diikuti oleh beberapa orang terkenal seperti Bjorn Ferri seorang komentator ski asal Swedia. Setiap menghadiri pertandingan ski, Ferri memilih untuk pergi menggunakan kereta. Taggar #stayontheground semakin viral dengan ditandatangani nya petisi aksi oleh 250 orang yang bekerja di industry perfilman. Aksi ini gencar dilakukan sejak koran lokal besar yang bernama Dagens Nyheter menyerukan agar produser film swedia mengurangi shooting di luar negeri.

Asal muasal Fligskam ini adalah hasil temuan oleh para peneliti di Chalmers University of Technology yang menyatakan bahwa tingginya polusi udara akibat gas emisi per kapita Swedia yang meningkat sebanyak 60% sejak tahun 1990, atau lima kali rata-rata kenaikan gas emisi global. Bagaimana tidak, penerbangan di Swedia tidak pernah sepi. Tidak heran karena negara Swedia yang terletak jauh di Utara Bumi mengharuskan penduduknya naik pesawat terbang jika ingin ke negara lain. Swedia yang selalu dihantam oleh musim dingin yang mencekam membuat penduduknya hijrah ke negara lain dengan iklim tropis.

Sejak taggar #stayonthegroud ini, jumlah penduduk Swedia yang bepergian dengan pesawat berkurang sebanyak 64%. Menurut survey mereka memilih bepergian dengan kereta api dengan alasan menyelamatkan dunia dari perubahan iklim yang ekstrim. Emisi CO2 yang dihasilkan pesawat terbang memang menempati urutan paling tinggi diantar kereta api dan mobil. Pesawat terbang menghasilkan gas emisi CO2 sebanyak 285 gram per km, disusul 158 gram per km, 14 gram per km oleh mobil dan kereta api. Memang bepergian dengan kereta api memberikan dampak perubahan iklim oleh gas emisi CO2 paling kecil. Penjualan tiket kereta api jadi melonjak drastis. Tiket pesawat ke berbagai tujuanpun habis.

Aksi Fligskam di Swedia tidak segencar yang terjadi di negara tetangganya Finlandia, meskipun Finlandia sudah menjalankan aksi serupa. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu traveller tim pesawat terbang atau tim kereta api? Jika kamu si tim pesawat terbang, dapatkan promo menarik di www.hotelmurah.com/tiketpesawat.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
ngabuburit malioboro

Uniknya Ngabuburit di Indonesia

curug cibaliung

Curug Cibaliung: Surga Tersembunyi di Bogor