in

Tips Penerbangan Bagi Kaum Disabilitas

tips penerbangan bagi disabilitas

tips penerbangan bagi disabilitas

Perjalanan wisata bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk orang dengan disabilitas. Saat ini sudah ada beberapa tempat wisata yang ramah bagi kaum disabilitas, sehingga sangat memungkinkan untuk kaum disabilitas menyalurkan hobi travelingnya tanpa ada kendala. Jika pilihannya naik pesawat, berikut tips penerbangan bagi kaum disabilitas

Cek kondisi kesehatan sebelum terbang.

Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai traveling. Apakah kondisimu memungkinkan untuk bepergian dalam jarak jauh dan dalam waktu yang lama. Paling lambat seminggu sebelum penerbangan kamu sudah memastikan ke dokter bahwa kondisi kesehatanmu memungkinkan untuk naik pesawat.

Tanya pada pihak maskapai penerbangan apakah terdapat layanan bagi kaum disabilitas.

Kamu bisa menghubungi pihak maskapai untuk memastikan bahwa alat bantu yang kamu gunakan bisa diakomodasi oleh pihak maskapai. Misalnya jika kamu pengguna kursi roda, apakah pihak maskapai mempunyai kursi roda tipe aisle wheelchair untuk digunakan di lorong pesawat. Jika tidak ada kursi roda tipe ini, apakah terdapat pendamping untuk “menggendongmu” dari seat hingga ke pintu pesawat atau area bandara yang terdapat fasilitas kursi rodanya.

Lebih baik kamu naik pesawat tipe berbadan lebar, karena aisle wheelchair tidak tersedia untuk pesawat berbadan sempit. Tentu akan sangat tidak nyaman jika kamu harus digendong atau dibopong oleh orang lain untuk keluar pesawat. Cek di www.hotelmurah.com/tiketpesawat untuk memastikan pesawat yang kamu pilih nanti terdapat fasilitas aisle wheelchair. Bayangkan jika kamu naik pesawat tanpa aisle wheelchair untuk penerbangan yang berjam jam, tentu tidak memungkinkan untuk ke toilet sendirian.

Pastikan di bandara yang akan kamu singgahi terdapat fasilitas dan layanan bagi kaum disabilitas.

Ini sangat penting bagi kaum disabilitas untuk mengetahui bahwa di bandara nanti kamu bisa melakukan check in dan pergi ke toilet tanpa bantuan orang lain. Tentu kamu membutuhkan bandara yang nyaman untuk kamu disabilitas. Cari tahu dulu mengenai kesiapan pihak bandara dalam menyedakan kursi roda dan ambulift. Apakah pelayanannya cepat atau tidak. Terutama jika kamu transit di bandara tersebut. Jangan sampai lambatnya penyediaan kursi roda dan ambulift menjadi penyebab kamu ketinggalan pesawat.

Jika di bandara tidak terdapat fasilitas seperti braile block, pastikan kamu meminta pendamping yang tepat. Saat checkin, jelaskan kebutuhanmu kepada pihak bandara supaya mereka menyediakan pendamping yang tepat untukmu. Beberapa orang lebih nyaman untuk menggunakan kursi rodanya sendiri saat turun dari pesawat. Jika kamu juga demikian, beri label pada kursi rodamu di tempat check in sebelum memasukkannya ke bagasi pesawat. Karena akan mempermudah dan mempercepat pihak bandara mencari kursi roda tersebut dan mengantarkannya ke pintu pesawat.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Destinasi Pulau untuk Traveller Menikmati Masa Pensiun

neira maluku

Ada Warisan Budaya Bersejarah Yang Perlu Diketahui di Bandara Neira Maluku