in ,

Memandangi Keindahan 3 Kawah Legendaris Tangkuban Perahu Lembang

gunung tangkuban perahu
source [email protected]

Legenda rakyat Sangkuriang yang begitu melekat dengan Tangkuban Perahu Lembang membuat tempat wisata ini dianggap sakral bagi masyarakat Bandung. Statusnya sebagai salah satu gunung api aktif di Indonesia pun tak serta-merta membuat wisatawan gentar berkunjung ke sana.

Jika kondisinya sedang aman, tak ada salahnya buat meluangkan waktu untuk berkunjung ke Tangkuban Perahu dan merasakan sendiri aura mistis yang terbalut dalam keindahan kawah-kawahnya.

Menyaksikan tiga kawah dengan karakteristik berbeda

Salah satu daya tarik Tangkuban Perahu terletak pada ketiga kawahnya. Karakteristik setiap kawah pada kawasan wisata di Bandung ini juga berbeda-beda, lho.

  1. Kawah Domas

kawah domas

Di Kawah Domas, Anda bukan cuma bisa mengamati keelokannya, tetapi juga bisa merebus telur di sana! Namun, Anda harus berhati-hati apabila ini menjadi kunjungan pertama ke Tangkuban Perahu. Selain itu, wisatawan juga dianjurkan menyewa pemandu apabila mereka hendak mendaki pada pukul empat sore ke atas untuk menjamin keselamatan.

  1. Kawah Upas

kawah upas

Jumlah wisatawan yang datang ke Kawah Upas lebih sedikit dibandingkan tempat lainnya karena jalur terjal nan berpasir. Tak hanya itu, ukurannya pun lebih kecil dengan kedalaman yang dangkal. Anda masih bisa mengunjungi Kawah Upas dengan catatan harus ekstra hati-hati. Bawa pemandu kalau tak mau mengambil risiko tinggi.

  1. Kawah Ratu

kawah ratu tangkuban perahu
source img@wisatadiindonesia.com

Kawah Ratu adalah kawah terbesar sekaligus paling populer di Tangkuban Perahu. Aksesnya yang lebih mudah pun memungkinkan Anda membawa kendaraan pribadi ke sini. Untuk memastikan keamanan, pihak pengelola memasang pagar pembatas kayu. Dari atas, wisatawan dapat memandangi keindahan Kawah Ratu dengan tanah putih dan bebatuan kuning di sekitarnya.

Selain kawah, ada pohon Manarasa yang sering kali mengundang perhatian para wisatawan. Daunnya yang berwarna merah bisa Anda makan dan rasanya pun menyerupai daun jambu. Masyarakat sekitar menganggap daun dari pohon Manarasa mampu mengobati diare. Ada juga yang percaya bila Dayang Sumbi pernah mengonsumsinya untuk terlihat awet muda.

Akses menuju Tangkuban Perahu

Sebagai objek wisata populer di Bandung atau malah Jawa Barat, Tangkuban Perahu Lembang punya akses yang mudah dijangkau. Gunung api tersebut beralamat di Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Rute termudah dapat Anda ambil dari tol Pasteur menuju Sukajadi. Dari sana, Anda tinggal membawa kendaraan ke Setiabudhi sampai Lembang. Sementara wisatawan yang berangkat dari tol Padalarang arah Cimahi dapat berbelok ke kiri menuju Jalan Kolonel Matsuri hingga pertigaan Jalan Raya Lembang, lalu belok lagi ke kiri hingga ke Tangkuban Perahu.

Ada pun angkutan umum yang bisa Anda tumpangi dari Terminal Leuwipanjang maupun Stasiun Hall. Dari pusat kota sendiri, jarak tempuh menuju Tangkuban Perahu Lembang hanya 20 kilometer.

Written by Silvie

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
farmhouse sosis

Makan Sosis Segar Sembari Berekreasi di Farmhouse Sosis Bandung

curug ciherang

10 Tempat Wisata Di Bogor Yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga Tercinta Saat Akhir Pekan