in ,

Menyusuri Sejarah Indonesia di Tengah Alam Tahura Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau Tahura Ir. H. Djuanda merupakan satu dari sekian kawasan wisata alam populer di Bandung. Dikenal juga sebagai Tahura Dago, destinasi wisata ini juga menyimpan sejumlah tempat bersejarah. Kira-kira, semenarik apa taman hutan raya tersebut sampai selalu dipadati turis dari berbagai daerah di Indonesia?

Objek wisata yang jadi saksi bisu perjuangan Indonesia

Ir. H. Djuanda yang disematkan pada kawasan wisata di Bandung ini merupakan nama pahlawan Indonesia yang menorehkan sejarah penting. Beliau adalah perdana menteri terakhir yang menjabat di era demokrasi parlementer. Salah satu jasanya yang paling dikenang adalah Deklarasi Djuanda yang diresmikan pada 13 Desember 1957. Isinya sendiri terdiri atas pernyataan bahwa semua pulau serta laut di Indonesia merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

Maka wajar saja bila sejumlah kota besar di Indonesia, termasuk Bandung, mengabadikan Ir. H. Djuanda sebagai nama jalan hingga kawasan wisata. Di Tahura Dago, Anda juga bisa menjumpai objek wisata bersejarah seperti:

Gua Jepang

source [email protected]

Situs historis ini diperkirakan dibangun para pekerja paksa atau romusha pada 1942. Anda bakal menjumpai empat pintu dengan dua saluran udara di Gua Jepang. Wisatawan yang ingin berkunjung ke sini harus berjalan sekitar 600 meter dari gerbang masuk;

Gua Belanda

gua belanda
source [email protected]

Dibangun pada 1918, Gua Belanda difungsikan sebagai markas militer, gudang senjata, penjara, pusat komunikasi, hingga PLTA. Dibandingkan Gua Jepang, gua ini mempunyai fasilitas lebih bagus dan terawat;

Curug Omas

curug omas
source [email protected]

Untuk menjangkau Curug Omas dari Tahura Dago memang lumayan jauh, yakni 5-6 kilometer. Namun, sesampainya di sana Anda akan mendapati air terjun dengan ketinggian 30 meter. Sumbernya sendiri berasal dari Sungai Cikawang dan Sungai Cigulung;

Tebing Keraton

tebing keraton
source [email protected]

Objek wisata di Tahura Ir. H. Djuanda yang satu ini memang sedang ramai-ramainya dikunjungi. Tebing Keraton menawarkan panorama pegunungan memukau, apalagi kalau datang di pagi hari sebelum antreannya mengular;

Penangkaran rusa

penangkaran rusa
source [email protected]/

Seperti di Lembang, Tahura Dago juga menyediakan penangkaran rusa bagi wisatawan yang menyukai binatang. Jenis rusa yang ditempatkan di kawasan ini adalah rusa tutul yang terbilang jinak.

Akses menuju Tahura Ir. H. Djuanda

Tahura Dago beralamat di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung. Dari Dago, Anda bisa pergi ke Terminal Dago dan melanjutkan perjalanan ke taman hutan raya. Wisatawan dapat menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Akses lainnya adalah melalui Maribaya, Lembang. Jalannya sendiri sudah bagus, sehingga tak akan menyulitkan Anda yang kurang terbiasa jalan kaki. Ada lagi pintu masuk dari tangga seribu lewat PLTA Bengkok dan Curug Dago yang terarah ke Tahura Ir. H. Djuanda.

Written by Jenny

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
kebun teh sukawarna

Lepaskan Kepenatan Sejenak di Kebun Teh Sukawarna

curug cinulang

Curug Cinulang Cicalengka, Air Terjun Tujuan Para Pencari Jodoh