in ,

Lepaskan Kepenatan Sejenak di Kebun Teh Sukawarna

kebun teh sukawarna
souce [email protected]

Selain dikenal sebagai salah satu lokasi syuting film Petualangan Sherina, kebun teh Sukawarna merupakan objek wisata alam di Bandung yang menyimpan panorama indah dan menyegarkan mata. Anda yang pengin menjauh sebentar dari hiruk-pikuk perkotaan bisa mampir ke sini.

Menyusuri keindahan kebun teh Sukawarna

Perkebunan teh Sukawarna merupakan bagian dari kebun bukit unggul yang dinaungi PTPN VIII. Adalah meneer asal Belanda bernama Van Houten yang memiliki kawasan tersebut dan membuat tempat ini mendapatkan julukan pangheotan dari warga sekitar. Hingga kemudian PTPN VIII menamainya sebagai Sukawarna. Tak hanya kebun teh, ada pabrik pengelolaannya juga di sana. Bahkan sebagian besar hasil produksi dari perkebunan tersebut diekspor ke berbagai negara, lho.

Meski kawasan wisata di Bandung ini tak seluas kebun teh Ciwalini atau Rancabali, Sukawarna masih layak Anda sambangi saat berada di sekitar Lembang. Pasalnya ada banyak kegiatan yang dapat turis lakukan, antara lain:

  • Tea walking.

Menyusuri perkebunan teh atau tea walking seperti kewajiban yang harus Anda laksanakan setibanya di sini. Wisatawan pun tak akan tersesat karena ada sejumlah patokan yang dipasang pihak pengelola;

  • Bersepeda.

Walau belum ada layanan berkuda yang tersedia, pengelola perkebunan teh telah menyediakan track bersepeda buat Anda yang suka gowes. Pilih sepeda gunung atau downhill supaya Anda nyaman selama membelah perkebunan teh Sukawarna;

  • Tur ke pabrik pengolahan teh.

Perkebunan teh Sukawarna adalah pengolah teh terbesar yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Jadi tak ada salahnya bagi Anda buat mengikuti tur ke pabrik pengolahan buat menyaksikan langsung produksinya;

  • Berkemah.

Kegiatan lain yang tak kalah seru adalah berkemah. Karena belum ada spot khusus, Anda harus membawa sendiri perlengkapan kemping bila mau bermalam di sana. Selain itu turis juga perlu membayar sekitar Rp10.000 apabila ingin mendirikan tenda di kebun teh.

Akses menuju kebun teh Sukawarna

Kebun teh Sukawarna beralamat di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Berbeda dari Farmhouse Susu Lembang, rute menuju perkebunan teh ini lumayan menantang, sehingga Anda harus siap secara fisik dan mental.

Untuk menjangkau perkebunan teh Sukawarna, Anda dapat memulainya dari Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI di Ledeng. Jarak yang harus ditempuh sekitar 15 kilometer. Kondisi jalan yang mengarah ke sana terbilang buruk, jadi wisatawan sebaiknya mengantisipasi sebelum mengambil rute ini untuk menghindari kecelakaan.

Rute lainnya dapat Anda ambil lewat Parongpong. Dari pertigaan Lembang-Parongpong, wisatawan akan diminta berjalan dengan jarak tempuh 3 kilometer hingga menjumpai masjid di jalan kanan. Setelah itu ada pertigaan yang mengarah langsung ke kawasan kebun teh Sukawarna.

Semoga perjalanan Anda berjalan selamat dan lancar!

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
neira maluku

Ada Warisan Budaya Bersejarah Yang Perlu Diketahui di Bandara Neira Maluku

Menyusuri Sejarah Indonesia di Tengah Alam Tahura Ir. H. Djuanda