in ,

Curug Cinulang Cicalengka, Air Terjun Tujuan Para Pencari Jodoh

curug cinulang
source [email protected]

Keindahan Curug Cinulang Cicalengka yang dipopulerkan Darso pada salah satu tembangnya secara tak langsung membuat orang-orang penasaran. Apalagi setelah penyanyi-penyanyi lain seperti Yana Kermit, Iis Tanjung, serta Yayan Jatmika turut menyenandungkannya. Lantas, secantik apa Curug Cinulang atau Curug Sindulang sampai mampu menginspirasi para musikus-musikus tadi?

Mitos di balik keindahan Curug Cinulang

berfoto curug cinulang
source [email protected]

Dalam bahasa Sunda, curug berarti air terjun. Keindahan Curug Cinulang sendiri memiliki air terjun berketinggian 30 meter yang terbilang masih asri. Akan tetapi, di balik keindahannya, objek wisata alam ini menyimpan mitos yang sampai sekarang masih dipercaya segelintir orang.

Mitos yang menyelimuti kawasan wisata di Bandung ini tak berkaitan dengan mahluk halus atau tragedi di masa lalu, melainkan perihal jodoh. Konon orang-orang yang datang bersama pasangan sebelum mereka menikah atau berstatus pacaran malah akan putus. Sementara mereka yang datang sendiri atau masih melajang justru akan segera dipertemukan dengan jodohnya.

Pesona Curug Cinulang

Mau percaya atau tidak dengan mitos tersebut, Anda tetap akan dibuai akan pesona Curug Cinulang dan bisa melakukan aktivitas seperti:

  • Berenang.

berenang curug cinulang
source [email protected]

Bukan hanya satu, tetapi ada dua air terjun yang bakal Anda jumpai di curug ini. Anda bisa merasakan langsung kesegaran di bawah air terjunnya atau memanjati tebing. Namun, turis diminta berhati-hati apabila mereka baru mengunjungi Curug Cinulang, sebab permukaan tanah di sana relatif licin;

  • Berfoto atau selfie.

selfie curug cinulang
source [email protected]

Keindahan Curug Cinulang sayang sekali dilewatkan. Untuk mengenangnya, Anda dan teman atau kerabat keluarga dapat mengabadikannya dalam foto. Tak sedikit turis yang datang ke tempat wisata alam ini hanya untuk berfoto. Pastikan ponsel atau kamera yang Anda bawa terlindungi dari air;

  • Menyusuri jembatan bambu.

jembatan curug cinulang
source [email protected]

Jembatan bambu di Curug Cinulang Cicalengka adalah salah satu fasilitas yang disediakan pihak pengelola untuk menghubungkan wisatawan dengan air terjun. Meski cukup kuat, Anda perlu berhati-hati karena kalau tergesa-gesa bisa terjatuh atau malah terpeleset.

Fasilitas lain yang bisa Anda manfaatkan saat berkunjung ke Curug Cicalengka mencakup toilet, tempat ibadah, hingga kamar mandi. Ada beberapa warung yang menyediakan makanan kalau Anda lapar serta gazebo buat beristirahat.

Akses menuju Curug Cinulang

Curug Cinulang terletak di antara bagian timur Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Sumedang. Lebih tepatnya di Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Anda yang pergi dari pusat kota Bandung hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 90 menit.

Anda yang memilih Tol Cileunyi dapat melanjutkan perjalanan dari Nagreg, lalu arahkan ke Jalan Raya By Pass Cicalengka menuju Sumedang. Sesampainya di Kecamatan Cimanggung, arahkan ke desa menuju Curug Cinulang. Pastikan kendaraan yang Anda bawa cukup prima untuk menempuh perjalanan ke Curug Cinulang Cicalengka.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Menyusuri Sejarah Indonesia di Tengah Alam Tahura Ir. H. Djuanda

farmhouse sosis

Makan Sosis Segar Sembari Berekreasi di Farmhouse Sosis Bandung