in

Selamat Pagi Bukit Batu Lawang di Cirebon

Wisata Bukit Batu Lawang di Cirebon dibuka pada tahun 2018. Tergolong baru memang, sehingga belum banyak pengunjung. Selain itu juga, letaknya lumayan jauh di pelosok sehingga wisata batu lawang ini belum terlalu banyak dieksplor. Wisata bukit batu lawang terletak di Desa Cupang Kecamatan Gempol, kabupaten Cirebon, sekitar 35 menit dari kota Cirebon. Desa Cupang ini adalah desa yang terletak di paling ujung Kabupaten Cireon yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka.

Kawasan wisata seluas 3 hektar ini terletak jauh dari pemukiman warga. Namun tidak terlalu sulit ditemukan. Meskipun tergolong baru, tempat wisata ini fasilitasnya bisa dibilang cukup lengkap. Untuk mengelilingi  batu lawang pengunjung menapaki tangga yang sudah dibuat sedemikian rupa. Sehingga keamanannya sudah terjamin. Tangga nya dilengkapi dengan pegangan tangga sehingga aman walaupun mengitari bukit lawang yang tinggi. Jika pengunjung membawa anak-anak, harus tetap dalam pengawasan orang tua, karena pegangan tangganya seukuran standar orang dewasa.

Selama menapaki anak tangga demi anak tangga, pengunjung disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Bukit batu lawang yang terbentuk alami masih terjaga keasliannya. Saat berada di puncak tebing, tampak pemandangan alam kabupaten Cirebon yang indah. Pemandangan Bukit Kapur, Bukit Leneng, Bukit Hanjuang dan Bukit Bendera bisa dinikmati.

Di puncak tebing adalah tempat paling bagus untuk berfoto. Terdapat zona foto yang terbuat dari bambu rakitan, selfie dari ketinggial 50 m akan terlihat sangat instagramable. Jika ingin minum secangkir kopi ada banyak warung-warung kecil disini. Untuk parkiran tidak perlu cemas, tersedia lapangan besar untuk tempat parkir di depan warung.

Kawasan bukit batu lawang sering dijadikan arena panjat tebing oleh siswa pecinta alam. Banyak pula pengunjung yang ingin berkemah disini. Mereka ingin merasakan suasana matahari terbit dibalik pegunungan kapur. Menurut beberapa pengunjung, meskipun terletak di Cirebon yang terkenal dengan hawanya yang panas, bukit batu lawang terasa sangat sejuk. Hal ini disebabkan oleh kawasannya yang dikelilingin oleh pepohonan. Tersedia kuda yang disewakan untuk berkeliling bukit lawang. Juga ada permainan panahan di bawah tebing.

Asal usul bukit batu ini dinamakan bukit batu lawang adalah karena ada dua bukit yang menjulang menyerupai pintu. Bukit batu lawang memiliki beragam ketinggian, mulai dari 30 m hingga 100 me dengan lebar 200 m, dengan jenis batuan andesit. Menurut masyarakat setempat bukit lawang ini adalah sebuah pintu untuk untuk menembus kealam gaib.

Written by Yogi

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Pesona Gunung Salju Yulong

Lokasi Menatap Langit Penuh Bintang di Indonesia