in

Pesona Gunung Salju Yulong

Kota Lijjiang Provinsi Yunnan adalah sebuah kota yang memiliki potensi tempat wisata besar. Berbagai tempat wisata tersebar disekitarnya. Dari budayanya yang otentik, gua raksasa yang menakjubkan, hutan batu yang indah dan gunung yang diselimuti es abadi yaitu Gunung Salju Yulong. Gunung salju Yulong atau dikenal dengan sebutan Jade Dragon Snow Mountain terletak di kota Lijjiang yang berjarak 120 km di utara kota Kunming, ibukota Provinsi Yunnan. Gunung salju Yulong adalah tempat dengan tingkat es terbesar ketiga di dunia setelah Antartika dan Greenland, atau bisa disebut juga kutub ketiga.

Gunung Yulong berada di ketinggian 3.500 m dengan puncaknya berada di 5.900 m, merupakan puncak tertinggi di bagian selatan Sungai Yangtze. Dari kejauhan Gunung Yulong tampak gagah dengan puncaknya yang diselimuti salju abadi. Namun salju ini tidak keras dan sering longsor, sehingga belum ada yang berhasil mendaki hingga ke puncaknya. Gunung Yulong mendapat julukan Jade Dragon karena ketiga belas gunung tersebut dari atas tampak seperti naga yang sedang menari.

Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, pada saat badai salju sekalipun. Pengunjung yang datang berharap bisa mengabadikan foto dengan latar belakang gletser terbesar di dunia. Diwajibkan pula menggunakan jaket pocong berwarna merah yang telah disediakan. Untuk dapat sampai ke puncaknya, pengunjung dapat berjalan kaki menaiki anak tangga atau menggunakan cable car. Jika berjalan kaki akan membutuhkan waktu sekitar 40 menit menaiki anak tangga setinggi 174 m. Tidak terlalu jauh memang, namun dengan kondisi suhu dingin hingga 0 derajat dan kadar oksigen yang hanya 50%, menaiki anak tangga terasa sangatlah berat. Oksigen yang tipis dan suhu yang mengigit membuat pengunjung harus beristirahat setelah menapai 2-3 anak tangga. Untuk itu pengunjung diwajibkan membeli tabung oksigen untuk alat bantu pernapasan. Altitude sickness akan terasa disini, kepala puyeng dan nafas berat membuatmu harus merogoh kocek untuk membeli tabung oksigen

Bagi pengunjung yang ingin menggunakan cable car, bisa mengantri tiketnya di Gedung Cable Car. Disini kamu bisa menyewa jaket tebal dan perlengkapan musim dingin lainnya. Dengan menggunakan cable car, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja untuk sampai ke puncaknya. Selama menaiki cable car pengunjung akan merasakan sensai menembus gunung berawan hingga sampai ke cable car station. Ini adalah cable car station tertinggi di Asia.

Kawasan Gunung Yulong merupakan bagian dari National Park Yulong Xue Shan Masi. Sayangnya saat ini gletser yang ada di Gunung Yulong terkena dampak pemanasan global. Es yang ada mulai mencair sehingga permukaan batu-batunya tampak di permukaan. Dari gletser yang mencair ini terbentuklah aliran sungai. Sungai yang indah ini terletak di ujung timur dataran tinggi Tibet. Selain keindahan hamparan salju abadi, di kawasan ini terdapat beberapa tempat menarik lainnya, seperti Dry Sea Meadow, Cloud Fir Meadow dan Yak Meadow. Sempatkan dirimu mengunjungi tempat-tempat ini saat ke Gunung Yulong.

Dari Jakarta kamu bisa naik penerbangan ke Kunming dari Kuala Lumpur atau Hongkong. Setibanya di Kunming Wujiaba International Airport kamu bisa ke Lijjiang dengan kereta api. Booking pesawatnya di hotelmurah.com/tiketpesawat untuk tujuan wisatamu ke Gunung Yulong.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Strategi Mendapatkan Tiket Kereta Lebaran dengan Cara Online, Coba Yuk!

Selamat Pagi Bukit Batu Lawang di Cirebon