in

Strategi Mendapatkan Tiket Kereta Lebaran dengan Cara Online, Coba Yuk!

Kereta lebaranLebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Para pekerja di kota-kota besar yang berasal dari desa misalnya, menunggu momen ini untuk melepas rindu dengan sanak keluarga di kampung halaman. Beberapa kota besar yang selalu ramai menjadi tujuan lalu lalang para pemudik adalah Surabaya, Solo, Jogja, Semarang dan Bandung. Ya, jumlah pemudik bisa naik berkali-kali lipat saat musim lebaran tiba. Dan, salah satu alat transportasi yang paling banyak diminati adalah kereta lebaran.

Kenapa memilih kereta dan bukan alat transportasi yang lain?

  • Sudah bukan rahasia lagi bahwa kereta api adalah alat transportasi yang ekonomis. Anda bisa memangkas biaya  perjalanan sampai berkali lipat dibandingkan saat Anda menggunakan alat transportasi yang lain. Bagi Anda yang kebetulan akan menempuh perjalanan dengan keluarga besar dan ingin agar biaya lebih ekonomis, kereta lebaran adalah solusi transportasi yang paling tepat.
  • Selain ekonomis, perjalanan dengan kereta cukup singkat dibandingkan dengan alat transportasi jalur darat yang lain. Bagaimana tidak? tidak ada lampu merah, tidak pakai macet, tidak ada penghalang sebab jadwal kereta api sudah diatur dengan baik oleh pihak pengelola. Anda bisa sampai di lokasi tujuan dengan cepat dan bisa istirahat sepuasnya di dalam kendaran.
  • Karena tidak ada gangguan selama perjalanan, Anda bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan. Di dalamnya Anda mendapatkan fasilitas yang lengkap mulai dari kamar mandi, kursi yang nyaman dan tidak berdesakan, mulai dari kelas ekonomi sampai dengan kelas VVIP, dan konsumsi yang cukup.

Sebagai penumpang, Anda tidak akan kecewa dengan memilih alat transportasi yang satu ini. Namun karena kereta lebaran banyak sekali peminatnya dengan lonjakan pesanan tiket lebih dari hari-hari biasanya, Anda bisa menyiasatinya dengan strategi memesan tiket secara online berikut ini.

  1. Pastikan Anda telah Menyiapkan Kebutuhan untuk Pemesanan Tiket

Kebutuhan pemesanan tiket meliputi berapa banyak penumpang yang akan mudik bersama Anda,  dimanakah tujuan terakhir perjalanan, kereta lebaran jenis apa yang Anda inginkan, dan yang jelas adalah jadwal keberangkatan.

Anda bisa pertimbangkan itu sebelum mulai order tiket kereta api online. Jangan sampai momen stand by memesan itu Anda dibingungkan dengan rincian kebutuhan diatas. Ini akan menghambat proses pemesanan yang menjadi alasan Anda tidak kebagian tiket mudik.

Untuk mempermudah pemesanan tiket, pihak kereta api bekerja sama dengan banyak travel agen. Anda bisa melakukan pembelian tiket ke travel agen tertentu yang dirasa terpercaya.

  1. Memiliki Fitur Pembayaran Sesuai yang Diinginkan Travel Agent

Selain kebutuhan diatas, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah menyiapkan identitas diri untuk input data. Memang hal ini sepele namun cukup menyita waktu. Cek fitur pembayaran apa yang dipakai dan pastikan Anda memiliki fitur pembayaran tersebut untuk mempercepat proses booking tiket lebaran yang Anda inginkan.

Siapkan dana sebesar jumlah penumpang yang bepergian bersama Anda. Segera lakukan pembayaran sesuai dengan fitur pembayaran yang disediakan. Atau, Anda bisa membayar melalui mini market dan merchant yang bekerja sama dengan pihak traval agen yang bersangkutan.

  1. Manfaatkan Kereta Lanjutan

Apa boleh buat jika kita kehabisan tiket kereta lebaran yang kita inginkan itu. Menyesal karena telat order tidak perlu. Anda bisa coba manfaatkan fasilitas kereta lanjutan yang merupakan alternatif dari kereta utama yang sudah penuh. Meski harus transit terlebih dahulu sebelum sampai di lokasi yang Anda inginkan, ini tentu lebih baik daripada tidak jadi mudik karena kehabisan tiket kereta api. Apalagi, di musim lebaran, peminat kereta api semakin meningkat.

Kereta api lanjutan ini bisa dipesan sekaligus artinya Anda tidak perlu pesan dua kali. Dari stasiun Anda berada saat ini, Anda akan dibawa menuju ke stasiun transit, dan dari stasiun transit Anda akan meluncur menuju stasiun tujuan.

  1. Pastikan Koneksi Internet dalam Kondisi Stabil

Pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi stabil. Melakukan pemesanan tiket online tentu membutuhkan koneksi yang stabil. Biasanya, booking tiket di mulai pukul 00.00 tepat. Selain koneksi internet yang kuat, pastikan Anda stand by dengan smart phone atau PC Anda satu jam sebelum pemesanan tiket dibuka. Kesampingkan dulu pekerjaan yang lain dan fokuslah pada proses booking ini.

  1. Manfaatkan Semua Pilihan yang Ada

Biasanya, waktu pemesanan tiket kereta api cukup singkat, yaitu antara 30 menit sampai dengan 60 menit saja. Pastikan Anda memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin. Jikapun kabar terburuk adalah kehabisan tiket di travel agent, Anda bisa segera meluncur ke merchant atau mini market yang menjadi pilihan lain penyedia tiket kereta api untuk umum.

Karena membludaknya penumpang sewaktu musim lebaran tiba, Anda bisa memesan secara online maupun offline 90 hari sebelumnya. Memesan tiket satu minggu sebelum keberangkatan dijamin sold out. Untuk itu, luangkan waktu Anda dan pastikan Anda telah memesan tiket setidaknya 3 bulan sebelumnya.

Agar Perjalanan Mudik Nyaman, Lakukan Tips Berikut Ini!

Tidak  semua orang merasa nyaman saat berada dalam kendaraan. Termasuk saat berada di dalam kereta api yang saat ini notabene telah ditertibkan. Ya, kereta api saat ini memang jauh dari kereta api dulu. Fasilitas lengkap, penumpang duduk di setiap kursi, tidak ada lagi pedagang asongan, dan masih banyak lagi kelebihannya. Agar perjalanan Anda nyaman, yuk coba tips berikut ini.

  • Jika Anda tidak ingin terganggu karena bau yang tidak sedap, hindari memilih tempat duduk di dekat toilet dan juga bordes. Apa itu bordes bordes adalah pintu antara kabin satu dan kabin yang lain yang  biasanya penumpang lalu lalang dan sebagai pintu masuk menuju ke pintu utama. Bau toilet yang menyengat itu membuat Anda tidak nyaman untuk istirahat dan makan selama perjalanan.
  • Anda bisa memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela di siang hari agar bisa menikmati pemandangan selama perjalanan. Pilih tempat duduk A atau D untuk lokasi yang dekat dengan jendela.
  • Jika Anda sering buang air besar, coba pilih lokasi duduk yang dekat dengan lorong. Ini akan memudahkan Anda untuk akses menuju toilet dan Anda tidak perlu melewati meminta ijin pada penumpang lain yang ada di sebelah Anda.
  • Pilih tempat duduk yang ada di tengah-tengah. Tempat duduk yang ada di tengah adalah tempat duduk terbaik. Tempat duduk ini kecil potensi alami goncangan, bising, gangguan, dan relatif jauh lebih tenang. Pastikan nomor kursi yang Anda pilih berada di tengah lokasi.

Banyak sekali keuntungan mudik atau traveling dengan memanfaatkan kereta api. Karena sewaktu lebaran terjadi lonjakan penumpang, pastikan Anda mendapatkan tiket dengan mempertimbangkan tips ampuh membeli tiket kereta lebaran diatas dan hotelmurah meyediakan tiket kereta api yang lengkap dan murah. Selamat mencoba ya.

Written by Christina

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
pantai ujung genteng

Keindahan Pantai Ujung Genteng , Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Sana dan Bagaimana Rutenya?

Pesona Gunung Salju Yulong