in

Objek Wisata yang Terlupakan, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya menjadi salah satu objek wisata yang cukup lama dilupakan. Namun akhir – akhir ini, objek wisata yang berada di Sumatera Selatan ini kembali ramai dikunjungi. Pasalnya, objek wisata yang satu ini menyimpan banyak pesona, di balik cerita sejarahnya.

Lokasi Taman Purbakala

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya sendiri berada di sebelah barat daya dari pusat kota Palembang. Lokasi lengkapnya, taman ini berada di Jalan Syakhyakirti, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gandus, Kota Palembang. Di mana objek wisata ini berhadapan langsung dengan Sungai Musi.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi situs purbakala ini bisa menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum, seperti bus kota dan angkutan yang mengarah ke Tangga Buntung Gandus.

Pesona Taman Purbakala

Pada mulanya, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dikenal dengan nama Situs Karanganyar. Sebelum dijadikan objek wisata dan situs peninggalan, tempat ini merupakan daerah pemukiman warga dengan beberapa taman di dalamnya. Hal inilah yang membuat banyak orang mengaitkan daerah ini dengan Kerajaan Sriwijaya. Pasalnya, banyak bukti yang mengarahkan bahwa peninggalan ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Adapun beberapa di antaranya seperti jaringan parit, kolam yang tersusun rapi dan parit.

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya memiliki banyak sekali peninggalan bersejarah yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa peninggalan itu merupakan bukti bahwa kawasan tersebut merupakan pemukiman dan area kegiatan masyarakat.

Berbeda dengan situs peninggalan lainnya, di mana Anda dengan mudah bisa menemukan bangunan berupa candi. Pada Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya tidak ada bangunan seperti itu. Situs peninggalan yang paling utama di sini adalah barang – barang untuk kegiatan sehari – hari masyarakat Sriwijaya.

Saat pertama kali ditemukan, para arkeolog berhasil menemukan beberapa barang peninggalan, sebut saja tembikar, manik – manik, keramik dan struktur bata. Bahkan beberapa di antaranya berasal dari Tiongkok, seperti Dinasti Qing, Yuan, Tang, Song. Barang – barang tersebut ditemukan saat pertama kali Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya akan dibangun.

Objek wisata Taman Purbakala

Untuk objek wisata dari Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya sendiri, sudah sangat baik dan tertata dengan rapi. Di mana taman purbakala ini memiliki museum yang diberi nama sebagai Museum Sriwijaya. Museum yang satu ini merupakan pusat informasi akan situs taman purbakala ini.

Pada bagian tengah taman ada pendopo yang berbentuk rumah Limas. Di dalam pendopo itulah terdapat peninggalan berupa Prasasti Kedukan Bukit yang merupakan prastasi tentang perjalanan Siddhayatra Dapunta Hyang.

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya sendiri juga ada replika kapal dari Laksamana Cheng ho. Tidak ketinggalan pula untuk berfoto ria. Di mana Anda bisa berfoto dengan momen yang cukup indah. Pasalnya, penataan dari objek wisata yang satu ini cukup tertata rapi.

Selain itu, adanya pulau buatan, kanal dan taman menjadikan objek wisata yang bukan hanya melihat benda bersejarah saja, namun bisa dikatakan sebagai wisata alam juga. Untuk biasa masuknya, tergolong cukup murah. Di mana pengunjung hanya perlu mengeluarkan 3 ribu saja. Sedangkan jika ingin memasuki museum bisa membayar 2 ribu saja sebagai tambahannya.

Kegiatan yang dilakukan di Taman Purbakala

Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berada di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat mengunjung objek wisata ini.

1. Menyaksikan peninggalan sejarah

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan peninggalan sejarah. Beberapa ratus meter dari Situs Karanganyar, Anda akan menjumpai yang namanya Kampung Kedukan Bukit. Di mana kampung inilah yang menyimpan prasasti dan menyimpan cerita tonggak lahirnya kerajaan Sriwijaya.

Di lokasi tersebut juga ditemukan banyak sekali benda – benda arkelog, seperti tembikar dan keramik dari China. Bahkan digadang – gadang tembikar tersebut dibuat dari abad ke-8 hingga ke-10. Selain itu, sisa reruntuhan bangunan yang dari bata pun juga ada di situs ini. Di mana sisa bangunan tersebut diperkirakan ada dari abad ke 6 hingga abad ke 13 masehi.

2. Berkeliling

Teruskan rangkaian perjalan wisata Anda di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dengan mengunjungi bukit Siguntang. Di mana bukit ini merupakan bukit yang sakral bagi masyarakat Sriwijaya. Ada banyak sisa – sisa peninggalan yang bercorak Budha.

Tidak ketinggalan pula kunjungi Situs Kambang Unglen, Padang Kaps dan Talang. Di mana situs tersebut menyimpan pecahan keramik yang berasal dari Dinasti Tang yakni abad ke 8 – 10 M dan Dinasti Song dari abad ke 11 hingga 13. Selain itu, ada juga manik – manik dan lantai bangunan bata.

3. Kunjungi museumnya

Kegiatan selanjutnya yang bsia Anda lakukan adalah dengen mengunjungi Museum Sriwijaya. Di sini Anda akan mendapat banyak sekali pengetahuan dan sejarah tentang kerajaan Sriwijaya. Terlebih lagi, bagaimana kehidupan masyarakat Sriwijaya yang merupakan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia ini.

Fasilitas Taman Purbakala

Fasilitas dari Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dirasa cukup memadai. Area taman ini begitu bersih. Selain itu, banyak sekali pepohonan di taman ini sehingga pengunjung akan merasa sejuk selama berkeliling.

Adapun beberapa fasilitas lainnya yang disediakan di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Salah satunya adalah fasilitas umum, seperti toilet, area parkir yang luas, gazebo dan masih banyak lagi. Selain itu, juga ada mushola.

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya juga memiliki pemandu. Menyewa pemandu akan sangat bagus. Pasalnya, Anda juga akan semakin menambah pengetahuan akan budaya dan sejarah kerajaan Sriwijaya yang satu ini.

Ada beberapa spot foto yang disediakan. Di mana spot foto tersebut sangat menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah spot foto dekat kanal. Ada spot dengan bentuk love. Hal tersebut menjadikan pengalaman foto yang menarik. Terlebih lagi, dengan background kanalnya semakin mempercantik foto Anda.

Kondisi Taman Purbakala

Sangat disayangkan jika Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya ini banyak yang belum mengetahui. Padahal sudah cukup lama taman purbakala ini diresmikan, bahkan lebih dari 10 tahun. Jangan masyarakat luar kota, masyarakat Palembang pun juga kurang mengenal situs peninggalan sejarah akan kerajaan besar tersebut. Hal ini tentu harusnya menjadi perhatian pemerintah setempat.

Memang banyak masyarakat yang belum mengetahui daya tarik dan betapa pentingnya Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya ini. Namun jika sudah mengunjunginya Anda akan merasakan bagaimana kehidupan masyarakat jaman dahulu hingga menjadi yang terbesar di jamanya.

Itulah sedikit ulasan tentang Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang mulai terlupakan. Hanya beberapa wisatawan saja yang mengunjunginya. Padahal jika ada yang mempromosikan objek wisata ini akan sangat ramai dan digemari oleh masyarakat.

Suasananya yang asri serta peninggalan sejarah yang sangat penting seharusnya cukup menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Mengunjungi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya bisa menjadikan pengalaman wisata yang cukup unik dan seru.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Lokasi Wisata Malang Super Asyik yang Anda Wajib Tahu!

5 days explore Siem Reap – Angkor Wat – Cambodia