in

Lokasi Wisata Malang Super Asyik yang Anda Wajib Tahu!

Kota Malang saat ini jadi lokasi tujuan favorit berlibur bukan hanya bagi para warga Surabaya yang ingin lari sejenak dari kepadatan kota, tapi juga para wisatawan dari berbagai penjuru lokasi di Indonesia. Jika Anda sudah berencana untuk mengunjungu kota yang dikenal juga dengan nama Kota Apel ini, maka panduan singkat wisata Malang berikut ini jangan sampai terlewatkan!

Dengan adanya barisan pegunungan yang mengelilingi Malang, kota ini jelas menjanjikan suasana yang lebih tenang, sejuk, dan segar dibandingkan lingkungan perkotaan, apalagi kota besar. Karena itu, tidak mengherankan ada banyak lokasi tujuan wisata alam yang cantik dan memesona di Malang. Tapi, Anda juga bisa menikmati berbagai jenis hiburan lainnya yang akan membuat liburan Anda di sana semakin berkesan.

Serunya Belajar dan Bermain di Jawa Timur Park!

Dikenal juga dengan nama Jatim Park, lokasi wisata Malang yang satu ini banyak disebut-sebut sebagai taman hiburan paling oke di Indonesia. Luasnya kawasan Jatim Park menawarkan berbagai jenis hiburan yang dibagi menjadi 2 kawasan: Jaaw Timur Park 1 dan Jawa Timur Park 2. Lantas, apa yang membedakan keduanya?Jatim Park 1 menyediakan berbagai wahana yang dijamin menghibur sekaligus mendidik. Mulai dari wahana yang memacu adrenalin sampai wahana sejarah dan sains yang interaktif, semuanya ada di sini! Sebab, motto Jatim Park 1 adalah “Taman Belajar dan Rekreasi”, sehingga lokasi ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga. Anda pun bisa menikmati berbagai budaya yang berasal dari ujung barat sampai timur Nusantara untuk mengajarkan buah hati akan rasa cinta pada budaya sendiri.

Sementara itu, Jatim Park 2 lebih berfokus pada bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan dan menjaga lingkungan hidup serta fauna liar. Di sini, ada Museum Satwa yang bisa ANda kunjungi untuk melihat diorama fauna liar di habitat asli mereka, termasuk model berbagai kerangka dinosaurus dalam ukuran aslinya. Kemudian, Anda bisa melanjutkan petualangan ke Batu Secret Zoo yang dihuni oleh satwa sungguhan dari berbagai lokasi di dunia, termasuk beberapa spesies yang sudah terancam punah.

Mengingat banyaknya aktivitas dan luasnya kawasan Jatim Park, tentu Anda harus meluangkan 2 hari untuk mengunjungi keduanya agar puas!

Siapa Bilang Museum Itu Membosankan?

Katanya museum itu kuno dan menjenuhkan. Tapi, begitu Anda mengunjungi berbagai museum di Malang, pendapat Anda dijamin akan berubah! Sebab, banyak museum di Malang didesain untuk mendidik sekaligus menghibur, lho.

Misalnya Museum Angkut yang rupanya juga merupakan museum terbesar di kawasan Asia Tenggara. Selain belajar sejarah transportasi, Anda juga bisa temukan berbagai jenis kendaraah yang berasal dari luar negeri, termasuk Eropa. Bahkan, Anda juga bisa lihat dan berfoto dengan mobil Range Rover yang dulunya digunakan oleh penguasa Inggris Raya, Ratu Elizabeth! Kemudian, di luar Anda bisa temukan kawasan Pasar Apung yang mirip dengan pasar apung khas Kalimantan, di mana Anda bisa menghilangkan lapar dan haus dengan suasana yang dijamin unik!Kemudian, jangan lupa kunjungi Museum Brawijaya yang berisikan berbagai jenis senjata serta kendaraan perang.

Di sini juga ada roket jarak jauh yang dipajang untuk para pengunjung, lho! Selain itu ada pula Gerbong Maut yang menjadi lokasi matinya para tawanan pada zaman Belanda karena kepanasan, kelaparan, dan kehausan lantaran ukuran gerbong yang terlalu sesak untuk menampung mereka.Merdunya Nyanyian Alam dan Gemuruh Air TerjunMengingat kondisi geografis Malang, tidak heran kalau ada banyak lokasi wisata alam yang bisa ditemukan di sini, termasuk air terjun.

Salah satu air terjun paling populer adalah Coban Putri, di mana Anda bisa naik ayunan dengan latar belakang alam nan hijau dan air terjun yang cantik!Lalu, ada juga Coban Talun yang tingginya mencapai 75 meter dan punya suasana misterius menyerupai lokasi air terjun yang sering muncul di film. Kalau Anda beruntung, Anda juga bisa melihat pelangi saat cuacanya cerah di sini, lho!Masih belum puas? Kalau begitu, saatnya berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu yang juga dijuluki sebagai Niagara ala Indonesia! Bukan hanya satu air terjun, di sini Anda bisa menyakiskan jajaran air terjun yang ketinggiannya bisa mencapai 180 meter!

Selain dinikmati dengan mata, Anda juga bisa mengapresiasi keindahan alam Air Terjun Tumpak sewu dengan melakukan pendakian sampai ke bawah air terjun. Tapi, pengalaman ini hanya diperbolehkan bagi para pendaki berpengalaman lantaran kondisi jalannya yang berbatu, licin, dan curam.Saksikan Kemegahan Gunung Semeru!Gunung yang juga sering disebut dengan nama Mahameru oleh warga lokal ini adalah gunung paling tinggi di Pulau Jawa. Kalau awalnya Semeru hanya terkenal di kalangan apra pendaki, sekarang lokasi ini juga mulai diminati banyak wisatawan karena digunakan sebagai lokasi film 5cm. Pendakian di sini sangat seru, tapi juga sangat menantang. Jadi, para pendaki pemula sangat dianjurkan untuk memanfaatkan jasa pemandu.Cantiknya Warna-Warna di Kampung Warna Warni!Sesuai dengan namanya, kampung ini ramai oleh berbagai warna yang jelas akan membuat suasana jadi ceria. Kampung Jodipan adalah nama aslinya, sebuah kampung kumuh yang disulap jadi cantik dan penuh warna berkat ide beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Maka, tembok rumah-rumah pun dicat dengan berbagai warna sehingga kesan kumuh pun seketika hilang.Di sini, Anda tidak hanya bisa melihat warna-warni cerah saya, tapi juga menjelajahi isi kampung yang sudah disulap jadi kampung wisata. Misalnya ada Jembatan Kaca berwarna kuning cerah dengan dasar kaca, sehingga Anda bisa menyeberang sambil deg-degan melihat pemandangan Sungai Brantas tepat di bawah kaki. Ada juga Balai Payung berhiaskan payung warna-warni yang digantung di atas, maupun lukisan 3D yang menghiasi dinding-dindingnya.

Wisata Pantai Eksotis yang Tak Kalah dengan Bali!

Iya, wisata Malang bukan sekadar air terjun, dataran tinggi, dan gunung! Sebab, ada kawasan pesisir selatan Malang yang juga menawarkan pesona alam lainnya: pantai. Tapi, Anda perlu berhati-hati karena terjangan ombak laut selatan yang terkenal akan keganasan serta kekuatannya.Nah, salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat Anda ke Malang adalah Pantai Balekambang yang konon mirip dengan Tanah Lot di Bali. Sebab, ada sebuah pulau kecil menjorok ke lautan di pantai ini, dan diberi nama dengan Pulau Ismoyo.

Kemudian, ada Pantai Mbehi yang lokasinya cukup tersembunyi lantaran jauh dari pusat kota dan berada di hutan lindung. Jadi, rasa lelah pasca trekking yang cukup jauh dan menguras tenaga dijamin langsung sirna begitu Anda melihat pemandangan alami nan cantik yang ditawarkan! Di sini juga ada sebuah area yang dinamai Teluk Bidadari, yaitu sebuah kolam renang alami yang cocok dinikmati sekadar untuk berendam dan bersantai dengan pemandangan Samudera Hindia yang membentang.

Itulah berbagai lokasi wisata Malang yang tentunya jangan sampai Anda lewatkan ketika berkunjung ke sana. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Written by Ahmad Fauzani

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Explore Sulawesi

Objek Wisata yang Terlupakan, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya