in

Menyusuri Jejak Sejarah Islam di Keraton Kasunan Surakarta

Bagi pecinta wisata sejarah, Keraton Kasunan Surakarta atau Keraton Surakarta adalah satu dari sekian tempat wisata yang wajib dikunjungi. Berlokasi di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasir Kluwon, Surakarta, Jawa Tengah, keraton ini memiliki daya tarik tinggi di mata wisatawan lokal maupun asing. Siapa saja yang menyambanginya akan terpukau menyaksikan bangunan yang memadukan sentuhan etnis Jawa dengan Eropa pada arsitekturnya.

source img @merdeka.com

Sejarah singkat Keraton Surakarta

Keraton Surakarta kali pertama didirikan pada 1744 di bawah pemerintahan Susuhunan Pakubuwana II sebagai pengganti Keraton Kartasura yang luluh lantak akibat Geger Pecinan pada 1743. Keraton ini pun sempat jadi saksi bisu kejayaan pemerintahan Islam di Pulau Jawa. Kemudian pada 1775, Mataram Islam terbagi jadi dua, yakni Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di barat kali Opak Prambanan dan Keraton Surakarta Hadiningrat di bagian timur. Sisi barat telah dihapus tulisannya dan sekarang sudah kamu kenal sebagai Keraton Surakarta.

source img @Indonesiakaya.com

Daya pikat keraton yang masih bertahan

Sebagai objek wisata sejarah, Keraton Surakarta memiliki museum yang memajang koleksi berharga seperti barang-barang peninggalan dan catatan historis seputar tempat tersebut. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapati alat musik tradisional seperti gamelan hingga replika pusaka keraton. Hal-hal ini tentunya bakal memuaskan pengagum wisata sejarah Indonesia. Jangan lewatkan juga meriam besar bernama Kyai Rancawara yang terbuat dari perunggu yang terletak di pelataran Keraton Surakarta. Ada pula Sasana Sumewa, bangunan tempat komunikasi di antara raja dengan para bawahan.

Jadwal kunjungan Keraton Surakarta dibagi jadi dua. Pada weekdays (Senin-Kamis), keraton buka dari pukul 9 pagi sampai 2 siang, sedangkan weekend (Sabtu-Minggu) dari pukul 9 pagi sampai 3 sore dan Jumat ditutup untuk umum. Kamu juga diharapkan mematuhi aturan seperti memakai celana pendek sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dan menghargai norma kesopanan. Para pengunjung pun harus menitipkan barang bawaannya kepada staf keraton sebelum masuk. Jangan sesekali membuat kegaduhan yang berpotensi mengganggu kegiatan di Keraton Surakarta.

source img @hotelmurah.com 

Lokasi penginapan di sekitar Keraton Surakarta

Berencana jalan-jalan di Surakarta atau Solo selama beberapa hari? kamu dapat bermalam di hotel sekitar keraton, salah satunya  amarelo solo Hotel. Beralamat di Jalan Gatot Subroto Nomor 89-103, Singasaren, Solo, tempat menginap ini menawarkan sentuhan tradisional lewat perpaduan batu bata dan kayu pada interiornya.

Kamu dapat menyewa kamar dari 3 kelas yang tersedia: Deluxe, Superior, dan Executive dengan tarif sewa dari Rp350.000 per malam. Berbagai fasilitas dan layanan dihadirkan untuk tamu. Antara lain meja billboard, restoran, hingga kolam renang untuk membugarkan tubuh. Letaknya yang berada di jalan strategis membuat penginapan tersebut mudah dijangkau dari dan menuju Keraton Kasunan Surakarta.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Written by Ahmad Fauzani

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Gili Trawangan, Destinasi Wisata Mempesona di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

ketep pass

Spot Foto Keren dengan Background 5 Gunung Tinggi di Ketep Pass Magelang