in

Gili Trawangan, Destinasi Wisata Mempesona di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

source [email protected]

Gili Trawangan—Bicara Lombok, otomatis kita akan ingat akan begitu mempesonanya destinasi wisata Gili Trawangan. Meski ada begitu banyak destinasi wisata alami berupa pulau-pulau di daerah ini, namun pesona Gili Trawangan tidak ada duanya. Lokasi wisata ini begitu menarik sehingga menyedot begitu banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Setiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung apalagi saat akhir pekan tiba.

Kenapa Gili Trawangan begitu populer? Bagi para wisatawan yang pernah bertandang ke Gili Trawangan, obyek wisata yang satu ini memang pantas di juluki surganya dunia yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak?, Gili Trawangan memiliki pesona bawah laut yang luar biasa wow. Entah itu karena terumbu karangnya yang unik, jernihnya air laut dan juga kesempatan untuk snorkeling dan diving yang dijamin puas habis saat ada disini.

Keindahan alami lainnya yang bisa Anda saksikan adalah indahnya sunset dan sunrise yang membuat Anda merasa beruntung sekali karena telah berkesempatan singgah di pulau yang elok ini. Lebih jauh lagi, yuk kupas serba-serbi Gili Trawangan yang mengandung magnet bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Lokasi di Gili Trawangan

Para wisatawan yang berada di Pulau Dewata Bali, banyak yang singgah ke Gili Trawangan karena secara lokasi memang cukup dekat. Anda yang ingin memanjakan diri di Pulau Dewata Bali semakin puas berada disini karena sekaligus bisa menikmati indahnya Gili Trawangan.

Gili Trawangan adalah gili yang paling besar dibandingkan dua gili yang lain, yaitu Gili Meno dan Gili Air. Secara administratif, Gili Trawangan terletak di sebelah barat laut pulau Lombok tepatnya di desa Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara.

Secara fisik, Gili Trawangan memiliki ukuran yang tidak begitu besar. Anda bisa dengan mudah menjangkaunya dengan menggunakan sepeda pancal yang bisa Anda sewa dari penyedia jasa yang ada disini. Karena lokasinya yang berdekatan, Anda bisa sekalian mengunjungi gili air dan gili meno dengan pesona yang tidak kalah menariknya.

Apa  Saja Aktivitas yang bisa Anda Lakukan Saat Berada di Gili Trawangan?

Bagi para wisatawan, saat akan mengunjungi destinasi wisata tertentu, tentunya mereka akan menimbang-nimbang apa saja aktivitas yang bisa mereka lakukan saat berada di lokasi tersebut. Di Gili Trawangan, beberapa aktivitas yang bisa Anda nikmati adalah:

–       Pantai di Gili Trawangan

Pantai di Gili Trawangan dipenuhi oleh hamparan pasir putih yang bersih dan jernih. Air lautnya biru teduh dan cocok sekali untuk memanjakan mata, untuk area berenang, dan juga untuk menikmati sunset maupun sunrise yang bisa Anda saksikan setiap harinya selama musim kemarau. Perlu diingat bahwa, jika Anda ingin berenang di lokasi ini, sebaiknya perhatikan arus airnya utamanya untuk daerah perbatasan antara gili satu dan yang lain yang secara ukuran biasanya lebih besar dan cukup berbahaya jika tidak diperhatikan.

–  Diving dan Snorkeling

snorkling di gili trawangan
source [email protected]

Snorkeling dan diving adalah aktivitas yang wajib Anda coba selama berada di obyek wisata yang satu ini. Ya, snorkeling di pulau gili trawangan berbeda dengan di tempat lain karena biota lautnya masih alami dan terjaga serta kondisi airnya pun biru jernih.

Keindahan tersebut bisa Anda nikmati dengan fasilitas yang lengkap yang ada di pulau ini. Adapun spot yang paling menarik untuk diving dan snorkeling adalah di gili trawangan. Anda bisa menyewa boat sendiri atau bergabung dengan tour island hopping.

Jika dikalkulasi, tentunya biaya untuk sewa boat sendiri akan lebih mahal. Bagi Anda yang sudah mahir diving dan memiliki lisensi, bisa langsung join dengan pusat diving. Namun bagi Anda yang masih pemula dan baru kali pertama melakukannya, Anda bisa join training diving singkat selama lebih kurang 2 jam. Anda akan mendapatkan pengarahan teoritis dan siap praktik saat itu juga.

–       Menyaksikan Stick Fighting

source [email protected]

Stick fighting atau presean adalah salah satu tontonan menarik yang ada di Gili Trawangan. Tontonan ini adalah ritual adat suku Sasak yang merupakan simbol dari kejantanan lelaki setempat. Adapun prosesinya adalah dua orang lelaki bertarung. Keduanya menggunakan tongkat yang terbuat dari bahan rotan yang dilengkapi dengan tameng dari material kulit kerbau. Biasanya, acara ini di gelar di lokasi pasar seni gili Trawangan khususnya pada saat meminta hujan yang biasanya dilakukan pada bulan ketujuh kalender masyarakat setempat.

–       Mengunjungi Tempat Penangkaran Penyu

penangkaran penyu
source [email protected]

Banyak terdapat tempat penangkaran penyu di Gili Trawangan ini. Penyu tersebut ditetaskan, dan dilepas ke laut saat dirasa sudah siap. Prosesi pelepasan penyu di ikuti dengan ritual tertentu yang menarik bagi para wisatawan.

–       Cocok bagi Penyuka Fotografi

source [email protected]

Bagi Anda yang hobby fotografi, jangan lewatkan setiap momen yang Anda nikmati di Gili Trawangan.  Siapkan kamera untuk merekam indahnya sunrise dan sunset, upacara pelepasan penyu, upacara presean, manisnya pemandangan laut dan hamparan pasir putihnya yang memukau. Anda bisa bersepeda mengitari gili trawangan, gili mano dan gili air sembari mengabadikannya dengan kamera yang ada di tangan. Sekalian dengan bersepeda, Anda bisa menggunakan kuda untuk mengitari pulau sehingga menambah nuansa klasik saat berada di lokasi ini.

–       Hobby Olahraga? Boleh Nih Coba Beberapa Wahana Olahraga Berikut

Di Gili Trawangan, selain diving dan snorkeling, Anda bisa nikmati beberapa wahana olahraga menarik seperti jetski, paddle boat, subwing, banana boat, dan masih banyak lagi.

–       Nobar di Pinggir Pantai

source [email protected]

Bagi Anda yang ingin bersantai di tepi pantai, Anda bisa nonton bareng dengan media layar lebar yang biasanya gratis. Anda bisa membeli makanan dan minuman di tempat tersebut untuk Anda nikmati di saat Anda sedang santai nobar.

By the way, makanan di Gili Trawangan ada banyak menu lho. Mayoritas menu yang disediakan adalah menu kuliner asing dengan harga yang standard.

–       Fasilitas Hotel di Sekitaran Pantai

source [email protected]

Di sekitaran gili, ada setidaknya 50 hotel yang siap Anda pesan hotel secara online. Adapun harganya adalah antara 150ribu hingga 4,5 juta rupiah semalamnya. Anda bisa booking jauh-jauh hari khususnya jika Anda ingin berwisata saat liburan atau di akhir pekan.

Di Gili Trawangan tersedia jasa porter yang bisa Anda manfaatkan untuk mengangkut barang dari porter masuk dalam perahu. Akan lebih baik jika Anda menanyakan harganya terlebih dahulu agar tidak dikenai tarif yang terlalu mahal. Jangan mudah percaya jika ada pedagang yang menawarkan barang dagangannya dengan alasan di obyek wisata ini belum ada. Mengingat, saat ini di Gili Trawangan sudah terdapat minimarket yang menyediakan kebutuhan Anda selama berwisata. Yuk nikmati momen berwisata Anda di Gili Trawangan dengan persiapan yang maksimal. Jangan lupa baca referensi seputar tips berwisata di lokasi ini ya.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
penipuan hotelmurah

5 Tips menghindari penipuan mengatasnamakan hotelmurah.com

Menyusuri Jejak Sejarah Islam di Keraton Kasunan Surakarta