in

Menjelajah Kepulauan Sula Maluku Utara

Jalan-jalan ke daerah terpencil seperti kepulauan sangatlah seru. Biasanya jalan-jalan ke pulau digemari oleh traveler yang menyukai tantangan dan jauh dari keramaian. Salah satunya adalah kepulauan Sula. Kepulauan Sula terletak di Maluku Utara. Kepulauan Sula terdiri atas dua pulau, yaitu pulau Sulabes dan Pulau Mengoli, dengan ibukota Sanana yang terletak di Pulau Sulabes. Pulau ini terkenal indah dan masih perawan. Pulau ini tidak sepopuler Ternate dan Halmahera, masih sangat jarang dikunjungi, mungkin karena transportasi ke pulau tersebut masih sulit. Untuk mengunjungi pulau kamu bisa naik pesawat ke Ternate atau Ambon. Namun dari Ternate lebih dekat ke Pulau Sula.

Dengan pesawat tanpa transit perjalanan Jakarta Ternate ditempuh selama hamper 4 jam. Kamu bisa ambil penerbangan pertama supaya dapat tiket murah. Biasanya penerbangan pertama jadwalnya dini hari. Sesampainya di Bandara Sultan Babullah, perjalanan masih panjang menuju Kepulauan Sula. Kamu bisa naik pesawat perintis Susi Air selama 1,5 jam dengan harga sekita 400 ribuan. Namun kamu harus booking pesawatnya minimal 2 minggu sebelum keberangkatan dan sobat bisa booking pesawat di hotelmurah.com.

Jika kamu kurang beruntung, masih ada alternatif lain, kamu bisa naik kapal laut dari Pelabuhan A Yani selama 14 jam. Jadwal penyebrangan dengan kapal hanya 2- 3 kali seminggu. Perjalanan panjang selama 14 jam ini sungguh tidak akan sia-sia. Karena selama perjalanan kamu akan menikmati pemandangan indah yang selama ini hanya bisa kamu lihat di lembar uang kertas seribuan. Gunung, laut, awan, langit, pantai, perahu dan pelangi berada di satu frame. Ditambah lagi selama perjalanan kamu akan ditemani rombongan lumba-lumba jinak yang melompat bersama lajunya kapal. Jika ingin beristirahat di bagian kamar kapal, kamu bisa menyewa dengan harga 600 ribuan. kamarnya sudah dilengkapi AC dengan tempat tidur bertingkat. Jadi kamu bisa sharing cost nya dengan teman.

Sesampainya di Pulau Sula, banyak tempat yang bisa kamu kunjungi. Kepulauan yang kaya akan kelapa, rempah dan cacao ini punya banyak tempat wisata yang indah. Ada wisata pantai seperti Pantai Baleha, Pantai Fatkauyon, Pantai Desai Waisum, Pantai Wai Ipa, Pantai Mangoli dan Pantai Teluk Harimau. Wisata alam yang tak kalah menariknya ada Telaga Kabau, Pulau Kucing, Air Terjun Wailau, Air Terjun Waitina, Selat Capalulu dan Pulau Pagama. Ada juga wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi, yaitu benteng De Verwachting Alting yang merupakan benteng peninggalan Portudis, Air Santosa, Batu Gadis, Situs makan Imam Jawa dan Tanjung Mata Aya Bo Fat Tina

Source Img @rudi_sapsuha

Hampir semua pantai di Kepulauan Sula keren. Garis pantainya yang panjang, pasir putihnya yang bersih dengan tekstur lembut seperti tepung, gradasi warna air lautnya hijau tosca hingga biru pekat, air lautnya yang benar-benar bersih dan bening. Seperti air laut di Pulau Pagama yang merupakan icon kepulauan Sula. Kamu bisa kesini dengan menggunakan speed boat. Berjarak 1,5 jam dari Kota Sonana. Disini kamu bisa bermain ombak sepuasnya.

Karang-karang di tepi pantai nya masih utuh dan terlihat indah. Udaranya sangat sejuk karena hutannya masih terawat dengan baik. Keindahan bawah lautnya sungguh tiada duanya. Kontur bawah lautnya berbentuk sloping, jarak pandang kejernihan airnya hingga 30 m. Pulau ini tidak berpenghuni, berlama lama di pulau ini akan membuatmu serasa di pulau pribadi.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Bali Bird Park: Wisata Edukasi, Keluarga dan Spot Foto Instagram

Wisata Panjat Tebing Untuk Anak-anak di Gunung Parang Purwakarta