in

Kesenian Rakyat Topeng Hudoq, Tarian Leluhur dari Hulu Mahakam

topeng hudoq di tmii

Tarian hudoq merupakan tarian sub etnis suku Dayak di Kalimantan Timur. Kesenian ini menceritakan tentang penghormatan orang Dayak kepada bumi dan alam. Penghormatan yang dilakukan berupa tarian persembahan kepada bumi dan ritual permohonan kepada Yang Maha Kuasa agar hasil pertanian mereka diberikan hasil yang melimpah ruah. Tarian hudoq dilakukan setiap selesai menugal (menanam padi) di bulan September hingga Oktober setiap tahunnya.

Sejarah Tradisi Hudoq

kesenian rakyat topeng hudoq
Source [email protected]_management

Hudoq merupakan perwujudan paras Roh/Dewa Hunyang Tenangan, dewa pemelihara padi yang diutus oleh penguasa Apo Lagaan (Khayangan) yang bernama Ine Aya’. Kedatangan para roh dewa ke bumi adalah untuk menjawab doa manusia yang sedang melakukan menugal, sebuah proses pemberitahuan kepada para leluhur dan dewa di khayangan bahwa suku Dayak akan melakukan penanaman padi, jagung dan tebu di ladang mereka. Untuk mengharapkan keberkahan dari Dewa, tidak cukup hanya dengan Menugal, suku Dayak Mahakam Ulu akan menyiapkan tarian Hudoq yang merupakan warisan turun-menurun di keluarganya.

Prosesi Tarian Hudoq

Tarian Hudoq dilakukan dengan menggunakan topeng. Topeng Hudoq terbuat dari kayu Jelutung dan disisipkan daun-daun pisang yang masih segar untuk menguatkan kesan dewa yang memberkati kehidupan. Topengnya sendiri benbentuk macam-macam, namun kebanyakan topeng Hudoq akan menyerupai bentuk burung.

Selain menggunakan topeng, para penari menggunakan kostum saat melakukan tarian. Kostum yang digunakan oleh para penari laki-laki yang berjumlah enam atau delapan orang ini terbuat dari daun pisang yang dibentuk rumbai-rumbai, yang menutupi tubuh penari dari leher sampai kaki. Penari yang berperan sebagai pemimpin mengenakan kalung serta membawa tongkat yang melambangkan kepemimpinannya.

Gerak tarian tidak memiliki improvisasi tertentu, penari dapat melakukan gerakan apa saja sesuai dengan irama musik, asal dinamis dan penuh tenaga. Gerakan yang sedemikian itu, menurut kepercayaan setempat, dapat mengusir hama tanaman. Tarian akan diiringi oleh music. Musik pengiring tarian ini bukanlah seperangkat alat musik lengkap. Beduk dan gendang cukup untuk mengiringi tarian tersebut dengan irama yang menghentak.

Pentas Kesenian Rakyat Topeng Hudoq di TMII

topeng hudoq di tmii
Source Img @arnewsy.com

Jika anda ingin melihat secara langsung bagaimana kesenian topeng hudoq ini, anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Kalimantan Timur. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan mengadakan acara Kesenian Rakyat Topeng Hudoq pada hari Minggu tanggal 29 Maret 2020. Tarian Hudoq akan dibawakan oleh para penari dari diklat anjungan Kalimantan Timur. Acara ini akan dilangsungkan di Plaza Tugu Api Pancasila mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. Anda hanya perlu merogoh Rp. 20.000 saja untuk membeli tiket masuk ke TMII.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
tour de bintan

Bingung Liburan di Bintan Mau Kemana? Contek Rute Balap Sepeda Tour de Bintan 2020 Aja

Kesenian Rakyat Barong dari Blora Ada di TMII