in

Kesenian Rakyat Barong dari Blora Ada di TMII

Source [email protected]

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selalu rutin mengagendakan acara kesenian yang mengangkat seni dan budaya asli Indonesia. Salah satunya adalah kesenian rakyat barong yang akan diadakan pada tanggal 25 Maret 2020. Kesenian barong ini termasuk kesenian yang sering diangkat di TMII. Kali ini kesenian barong  akan berlangsung di area tugu api Pancasila.

Kesenian rakyat barong Blora yang diadakan di TMII merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan bahwa Blora adalah kota barongan. Selain acara kesenian juga akan diadakan festival kuliner blora. Disini akan diadakan beberapa lomba makan makanan tradisional Blora, lomba kopi dan pameran produk pertanian Jawa Tengah. Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner tradisional Blora tidak perlu jauh-jauh ke kotanya langsung, cukup datang ke TMII.

Duta pariwisata Blora berkomitmen untuk memajukan kesenian Blora. Dengan diadakannya pagelaran kesenian barong di TMII diharapkan dapat menanamkan persepsi publik bahwa Kabupaten Blora memiliki potensi pariwisata yang layak untuk didatangi. Untuk mempertegas identitas Kabupaten Blora sebagai kota Barongan, maka dibangunlah tugu barongan di perbatasan kabupaten.

“Kalau di Jatim ada Ponorogo sebagai kota reog maka Blora akan dibranding sebagai kota Barongan”-Arief Rochman, Wakil Bupati Blora

Mengenal Kesenian Barong

Kesenian barong merupakan kesenian asli dari Kabupaten Blora Jawa Tengah. Hampir sama dengan kesenian reog, dalam kesenian barong terdapat perlengkapan Singa Barong atau Singa Besar. Singa barong ini diceritakan sebagai singa yang buas penguasa hutan angker. Tokoh singa barong dalam cerita dikenal dengan nama Gembong Amijoyo yang berarti singa besar yang berkuasa.

Kesenian Barong berbentuk tarian berkelompok, yang menirukan keperkasaan gerak seekor singa raksasa. Peranan singa barong ini merupakan yang paling dominan. Selain singa barong terdapat tokoh pendamping yang tidak bisa dipisahkan dari tarian barong yaitu Bujang Ganong, Pujonggo Anon Joko Londro, Gendruwo Pasukan Berkuda, Reog Noyontoko Untub.

Tarian barong menceritakan tentang kisah utusan para raja untuk melamar Dewi Sekartaji seorang putri dari Raja Kediri. Ditengah perjalanan kedua utusan saling bertemu dan berperang, dimana sebelumnya dihadang oleh Singo Barong. Singa barong ini merupakan jelmaan seorang manusia bernama Gembong Amijoyo. Akhirnya utusan dari Raden Pandji lah yang memenangkan pertikaian. Selanjutnya rombongan Raden Pandji dipimpin oleh Singa Barong melanjutkan perjalanan untuk melamar Dewi Sekartaji. Arak-arakan rombongan pelamar inilah yang menjadi latak belakang arak-arakan tarian Singa Barong.

Musik Pengiring Tarian Barong

Aslinya tarian barong diiringin oleh alat musik tradisional seperti kendang, gedhuk, bonang, saron, demul dan kempul. Seiring dengan perkembangan zaman, alat musik modern seperti terompet, drum dan keyboard turut memeriahkan tarian. Musik pengiring memiliki aturan khusus, yaitu bonang 5, bonang 6 dan kempul 6. Aturan inilah yang membedakan musik gamelan pengiring tarian barong dengan musik gamelan lainnya. Merdunya suara gamelan dan hentakan pecutan singa barong merupakan kemeriahan tarian yang sangat disukai.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
topeng hudoq di tmii

Kesenian Rakyat Topeng Hudoq, Tarian Leluhur dari Hulu Mahakam

wisata kemirikebo

Sudah Pernah Dengar Kampung Wisata Kemirikebo ?