in

Keindahan Candi Prambanan yang Wajib Anda Ketahui

Menikmati waktu liburan Anda untuk mengunjungi tempat dan juga lokasi wisata yang baru tentu saja akan sangat menyenangkan. Nah bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, maka tidak ada salahnya jika Anda langsung saja membeli tiket pesawat untuk terbang ke Jawa Tengah dan berkunjung ke objek wisata candi prambanan. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda temukan nantinya di lokasi wisata yang satu ini. Ini dia keindahan candi prambanan yang wajib untuk Anda ketahui.

Lokasi Objek Wisata Candi Prambanan

Untuk menikmati keindahan dan juga kemegahan objek wisata candi prambanan ini maka Anda bisa langsung saja datang ke Provinsi Jawa tengah. Tahukah Anda jika ternyata objek wisata yang satu ini berada pada perbatasan Klaten atau lebih tepatnya berada di desa Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Objek wisata yang satu sangat ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan setiap harinya, dan julah kunjungannya akan terus meningkat disaat musim liburan tiba. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda jika mengunjungi objek wisata yang satu ini. Sehingga tidak heran jika banya wisatawan mancanegara juga menyukai wisata sejarah yang satu ini.

Bisa dikatakan juga jika objek wisata candi prambanan ini terletak kurang lebih sejauh 17 kilometer dari Yogyakarta dan terletak di wilayah administratif desa Tlogo, Prambanan. Dijamin Anda akan mudah untuk menemukan lokasi wisata yang satu ini.

Sekilas Tentang Candi Prambanan

Tahukah Anda jika ternyata candi prambanan ini adalah candi Hindu dan bisa dikatakan candi yang terindah di dunia, candi ini juag dijadikan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya. Candi yang satu ini juga dikenal dengan Candi Rara Jonggrang dengan tinggi yang mencapai 47 meter dengan bentuknya yang ramping menjulang keatas.

Anda akan menemukan banyak sekali hal di kompleks candi prambanan ini seperti halnya terdapat 3 candi Trimurti, nah ini merupakan candi utama yang dipersembahkan khusus untuk Siwa, Brahma dan juag dipersembahkan untuk Wisnu. Bahkan juga terdapat 3 Candi Wahana, nah Candi Wahana ini terdiri dari Candi Angsa, Nadia serta candi Garuda. Bahkan di komplek objek wisata yang satu ini Anda juga bisa melihat dan menemukan 2 Candi Apit yang berada di antara barisan candi wahana dan juga Candi Trimurti.

Selain itu juga terdapat sebanyak 4 Candi Kelir yang terdapat pada balik pintu masuk atau berada pada bagian tengah atau bagian inti komplek candi prambanan. Dan terdapat juga 4 Canti Patok dan juga terdapat 224 Candi perwara yang disusun rapi dalam empat kelompok atau bagian.

Di candi prambanan ini nantinya Anda juga akan menemukan dan bisa melihat terdapat relief pohon Kalpataru, relief ini bisa Anda temukan dan lihat pada gambar Singa atau tepatnya di apit oleh Singa. Para ahli juga mengatakan jika relief ini menggambarkan akan kerukunan dan juga kerifan masyarakat lokal dalam menjaga lingkungan sekitarnya pada masa itu.

Eksotisme Candi Prambanan

Tahukah Anda jika banyak sekali keindahan yang bisa Anda lihat di candi prambanan ini. Selain kemegahan arsitekturnya yang masih berdiri dengan kokoh, Anda juga akan mendapati hal lainnya yang tidak bisa Anda dapatkan ditempat lainnya yaitu dari segi view atau juga pemandangan sekitarnya yang bisa menghipnotis Anda. Anda bisa menikmati eksotisnya sunset di candi prambanan ketika menjelang sore hari.

Selain menikmati sunsetnya yang sangat indah, Anda juga nantinya bisa berjalan kaki mengelilingi area atau komplek candi ini, karena juga tersedia taman hijau yang dipenuhi oleh bunga- bunga, dan pastikan juga jika Anda tidak lupa untuk membeli beberapa souvenir yang dijual di area candi prambanan ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk bisa menikmati keindahan dan juga kemegahan candi prambanan ini Anda tidak perlu khawatir, karena tiket masuk yang bisa Anda bayarkan nantinya sangatlah murah dan juga terjangkau. Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sekitar Rp.15.000 saja perorangnya. Namun Anda akan dikenakan biaya tambahan jika Anda membawa kamera untuk memotret.

Anda bisa berkunjung ke objek wisata yang satu ini dipagi hari, karena objek wisata yang satu ini buka mulai pukul 08:00 WIB hingga sore hari. Namun tidak ada salahnya juga jika Anda bisa datang pada pukul 16:00 WIB sehingga Anda tidak ketinggalan untuk bisa menikmati keindahan sunsetnya dan juga booking hotel murah di Jogja dekat Prambanan.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
lawang sanga

Lawang Sanga Gerbang Syahbandar Zaman Kesultanan Cirebon

16 Hari 3 Negara 5 Kota