in

Kampung Keling, Little India yang Ada di Sumatera Utara

kampung keling medan

Seperti halnya berbagai tempat di Indonesia, Sumatera Utara, khususnya kota Medan menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik yang wajib untuk Anda kunjungi saat berkesempatan pelesir ke sini. Salah satu wisata di Medan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah adalah Kampung Keling. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai Little India di Medan ini :

Lokasi Kampung Keling

kampung keling medan

Kampung Keling merupakan salah satu kampung di daerah Medan yang dikenal pula dengan nama Kampung Madras. Kampung ini berada di antara kecamatan Medan Polonia dan Medan Petisah. Tempat ini memiliki luas sekitar 10 hektar dengan komunitas keturunan India yang besar. Hal ini jugalah yang menjadikan kampung ini dikenal juga sebagai Little India. Pada kawasan Kampung Keling, Anda juga akan menemukan kuil Hindu tertua di Medan, yaitu kuil Sri Mariaman. Tak hanya itu, di kawasan ini juga berdiri kelenteng Vihara Gunung Timur hingga Masjid Ghaudiyah dan Masjid Jami yang dibangun oleh para muslim India yang tinggal di kawasan ini, untuk akses ke Kampung Keling ini pun terbilang mudah. Anda dapat memilih akses via darat, laut hingga udara.

Fasilitas yang ada di Kampung Keling

Sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi, tentu Kampung Keling memiliki beberapa fasilitas yang terbilang lengkap. Beberapa di antaranya adalah :

  • Lahan parkir

Sebagian dari wisatawan yang datang ke sini tentu membawa kendaraan bermotor. Oleh karena itu keberadaan lahan parkir menjadi salah satu pertimbangannya. Bila berkunjung ke sini, Anda tak perlu khawatir mengenai lahan parkir, karena selain tersedia cukup luas, juga terjamin keamanannya karena ada penjaganya.

  • Warung atau tempat makan

Ingin berwisata sambil menikmati kuliner khas? Tentu Anda dapat juga melakukannya di Little India ini. bagi Anda yang selama ini penasaran dengan kuliner khas India, jangan melewatkan untuk mencicip berbagai kuliner yang dijual di sini, ya.

  • Tempat ibadah

Meski sedang liburan, tentu Anda tak boleh lupa melaksanakan ibadah, bukan? Anda dapat berkunjung di Kampung Keling ini dengan santai tanpa tergesa karena takut terlambat beribadah. Di kampung ini, selain ada kuil Hindu, bagi Anda yang beragama Islam tetap dapat beribadah dengan nyaman karena di sini juga terdapat masjid yang biasa digunakan oleh muslim India setempat.

  • Toilet umum

Fasilitas yang tak kalah penting dan harus ada di tempat wisata tentu saja adalah toilet umum. Saat berada di sini, Anda tak perlu khawatir karena di kawasan kampung ini telah disediakan toilet umum di beberapa titik.

  • Penginapan

Letak Kampung Keling yang masih berada di area kota, memungkinkan Anda untuk memiliki banyak pilihan penginapan dengan jarak yang tak jauh dan pilihan harga yang bervariasi.

Written by Silvie

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
bali anniversary

Destinasi Wisata Bagi si Jomblo Yang Ingin Bahagia

Kenali Kesenian Asli Indonesia Lewat Pentas Seni Pesona Indonesia di TMII