in

Festival Pulau Penyengat di Pulau Pinang

festival di pulai pinang

festival di pulai pinang

Pulau Penyengat atau dalam catatan sejarah lebih dikenal dengan nama Pulau Penyengat Inderasakti merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Kepulauan Riau. Pulau Penyengat berjarak 2 km dari kota Tanjung Pinang atau sekitar 15 menit menyeberang dari dermaga Tanjung Pinang ke dermaga Pulau Penyengat menggunakan perahu pompong. Pulau Penyengat sudah sejak dulu terkenal sebagai destinasi wisata sejarah. Di pulau ini terdapat banyak tempat yang menarik seperti Mesjid Raya Sultan Riau, sang ikon Pulau Penyengat, makam raja, kompleks istana kantor dan benteng pertahanan.

Sejak tahun 2016 di Pulau Penyengat diadakan event yang disebut sebagai Festival Pulau Penyengat (FPP). Sejatinya festival ini merupakan restorasi ulang tradisi leluhur Kerajaan Melayu Lingga. Eventnya terdiri dari kegiatan dan permainan tradisonal rakyat. Awalnya FPP hanya didukung oleh pemkot Tanjung Pinang. FPP merupakan bagian dari strategi pemkot Tanjung Pinang dalam mempromosikan wisata halal di daerah setempat. Alhamdulillah setelah 5 tahun diadakan, tahun 2020 FPP mendapat dukungan penuh dari Kementrian Pariwisata. Dan tahun ini merupakan ketiga kalinya FPP masuk dalam Calender Of Event nasional.

FPP 2020 akan lebih spesial dibanding tahun sebelumnya. Karena lebih melibatkan warga setempat dan pesertanya juga ada dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. FPP 2020 akan diadakan pada tanggal 14-18 Februari dan tanggal 19-21 Maret sebagai acara puncaknya. Venue nya berlokasi di Pulau Penyengat dengan 5 event menarik yang dapat dinikmati. Yaitu Lomba baca Gurindam XII, Napak Tilas, Lomba Jong, Pentas Seni dan Pameran.

Event ini akan menjadi momentum yang sangat pas untuk liburan. Kamu akan melihat galeri budaya lokal dengan bangunan bernuansa Kerajaan Melayu Lingga sebagai latarnya. Ada perlombaan baca Gurindam XII yang akan diikuti oleh pelajar SLTP se-Tanjung Pinang. Gurindam XII adalah karya sastra yang berisi petuah pegangan hidup, terdiri dari 12 pasal 60 bait. Warisan leluhur ini merupakan karya Raja Ali Haji pada tahun 1847. Lomba napak tilas diikuti oleh siswa SLTA, kali ini warisan sejarah di Pulau Penyengat akan diperkenalkan lebih mendalam. Keceriaan warga millennial akan sangat terlihat dalam perlombaan Jong. Lomba Jong adalah balap perahu layar tanpa awak. Disini kamu juga bisa melihat betapa banyaknya kebudayaan lokal yang akan diselenggarakan dalam pentas seni dan pameran.

FPP sangat recommended untuk destinasi liburanmu. Selain bisa berkunjung ke tempat bersejarah yang menampilkan kebudayaan melayu, kamu juga bisa melihat langsung warisan budaya leluhur yang terjaga keasliannya. Lebih seru lagi karena peserta FPP kebanyakan adalah anak-anak milenial. Belum lagi kuliner Pulau Penyangat yang lezat. Kamu harus coba menu kuliner yang ada di “makan beridang”. Makanan lezat ini disajikan dengan cara kearifan lokal yaitu ditata di atas seprah kain yang dihidangkan di atas lantai beralasakan tikar. Menu makan beridang salah satunya adalah otak-otak khas tanjung pinang, ikan bakar khas Pulau Penyengat dan gonggong alias keong rebus.

Event FPP hanyalah salah satu dari banyak tempat untuk menghabiskan waktu di Pulau Penyengat. Laut di pulau ini menyimpan banyak keindahan yang wajib kamu selami. Pantainya bersih dan pemandangan dermaga saat sore hari sangat indah dipandang. Bagaimana menuju Pulau Penyengat? Dari Jakarta kamu harus terbang ke kota Pangkal Pinang selama 1,5 jam saja. Harga tiketnya tidak terlalu mahal, booking di www.hotelmurah.com/tiketpesawat untuk harga terbaik. Memang tidak banyak pilihan penginapan di pulau penyengat nya, namun tersedia beberapa hotel di sekitar lokasi dermaga tanjung pinang. Ada Panorama Hotel Tanjung Pinang dan Laguna Tanjung Pinang. Booking disini [https://www.hotelmurah.com/hotel/tanjungpinang/panorama-hotel-tanjung-pinang-158-255/?] dan disini [https://www.hotelmurah.com/hotel/tanjungpinang/laguna-tanjung-pinang-158-865/?] tanggal 13 Februari untuk harga terbaik. Booking sekarang juga sebelum hotel disekitar Pulau Penyengat full booked.

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
kastil predjma

Indahnya Kastil Predjama di Slovenia

mall nagoya hill

Mengunjungi Nagoya Hill Shopping Center di Batam