in

Dol, Alat Musik Bengkulu Yang Gemanya Mendunia

Jika Afrika punya Udu, Papua punya Fu, maka Bengkulu punya alat musik pukul terkenal bernama Dol. Dol merupakan alat musik sejenis bedug atau perkusi. Berbeda dengan gendang atau perkusi yang bagian dasarnya terbuka, bagian atas dan bawah dol tertutup. Sehingga suara yang dihasilkan berbeda dengan bedug atau alat musik pukul lainnya. Dol berukuran 70-125 cm dengan tinggi mencapai 80 cm. Dol tidak dipukul dengan tangan, tetapi ada alat pemukul khusus. Alat pemukul dol biasanya memiliki panjang 30 cm dan diameter 5 cm.

Dol umumnya terbuat dari bonggol kelapa. Bonggol kelapa adalah bagian bawah pohon kelapa yang paling dekat dengan akarnya. Bonggol yang digunakan berasal dari pohon kelapa tua yang umurnya sudah lebih dari 10 tahun. Bonggol terkenal kuat namun ringan. Bonggol dipotong sepanjang satu meter kemudian tengahnya dilubangi. Bagian atas yang berlubang ditutup dengan kulit kambing atau domba. Kemudia bagian luarnya di finishing hingga rapi lalu dicat. Proses pembuatan alat musik khas daerah Bengkulu ini memakan waktu sekitar 3 minggu.

Dulunya dol dimainkan sebagai musik pengiring saat acara adat Tabot digelar. Tabot adalah festival budaya tahunan yang diadakan pada tanggal 1-10 Muharram sebagai peringatan atas kematian cucu Nabi Muhammad yaitu hasan dan husen. Dalam festival tabot terdapat arak-arakan yang ditanggul oleh banyak orang. Nah, dol dimainkan untuk mengiringi arak-arakan ini. Irama dol yang cepat dan menghentak menggema di seluruh Bengkulu. Dol merupakan bagian dari meriahnya festival tabot.

Info Alat Musik Dol Bengkulu

  • Dol berbobot sekitar 30 kg
  • Aslinya hanya orang keturunan tabot yang boleh memainkan dol
  • Dol sudah mendapat predikat International dengan predikat The Best Performance di Singapore Art Festival (di Solo tahun 2007) dan penampilan musik di Rainforest World Music Festival (di Serawak tahun 2016)

Saat ini dol tidak hanya dimainkan di festival tabot saja. Seniman lokal Bengkulu dengan dukungan pemerintah gencar mengenalkan dol ke kancah internasional. Uniknya dol merupakan alat musik tabuh satu-satunya didunia yang tidak berlubang didasarnya. Keunikan suara dol memikat wisatawan khususnya wisatawan asing untuk belajar memainkannya.

Pentas Kesenian Rakyat Dol Bengkulu di TMII

pentas kesenian dol begkulu

Jika kamu tertarik untuk mengenal dol lebih jauh, kamu bisa datang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bulan Maret tepatnya pada tanggal 15 akan diadakan acara Kesenian Rakyat Dol Bengkulu. Ini merupakan acara pentas seni yang rutin diadakah oleh TMII di Area Tugu Api Pancasila. Di acara pentas seni ini kamu dapat menyaksikan pementasan alat musik dol yang dipersembahkan oleh diklat anjungan Bengkulu TMII. Disini kamu bisa melihat langsung alat musiknya dan bisa juga mencoba memainkannya.

Dalam pertunjukan seni dol dimainkan bersama tassa, sejenis rebana yang dipukul dengan menggunakan alat yang terbuat rotan. Ritme dol dan tassa menghasilkan musik yang harmonis. Pemain dol memainkan alat musik sambil melakukan gerakan yang seirama dengan ritme pukulannya. Sesekali mereka akan mengeluarkan suara pekikan bak kepala suku, menambah kemegahan pertunjukan seni. Pakaian yang dikenakan pemaian cukup sederhana, dilengkapi dengan pengikat di kepala.

Tips memainkan dol

  • Terdapat 3 teknik memainkan doll yaitu : teknik suweno (lambat), teknik tamatan (cepat dan konstan), suwari (satu-satu)
  • Teknik memainkan dol mengikuti suasana pertunjukan dimana dol dimainkan
  • Dol dimainkan dengan pola pemukulan ganjil

Written by Dee

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
menara pandang

Menara Pandang Tele, Spot Terbaik untuk Menikmati Indahnya Danau Toba

Suka Outdoor Adventures? Coba Deh Ke Exibition Ini