in ,

Menyelami Kebudayaan dan Sejarah Betawi di Danau Setu Babakan

wisata pemancingan setu babakan

Ingin menikmati liburan sambil mempelajari sejarah dan kebudayaan Betawi? Berarti, Anda harus datang ke Danau Setu Babakan. Popularitasnya memang belum menyamai Kota Tua atau Taman Impian Jaya Ancol di mata wisatawan asing, tetapi Anda bakal mendapatkan pengalaman sekaligus wawasan luas di Setu Babakan.

Untuk wisata Jakarta lainnya, klik di sini

Penasaran seperti apa jenis wisata yang disuguhkan tempat tersebut? Simak uraian singkat seputar Setu Babakan berikut ini!

Danau bersejarah bagi masyarakat Betawi

setu babakan

Setu Babakan yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso pada 20 Januari 2001 didirikan dengan tujuan melestarikan budaya Betawi yang semakin terpinggirkan. Pemilihan Kecamatan Jagakarsa selaku kawasan wisata di Jakarta pun dianggap dapat membantu pengelola mewujudkan keinginan tersebut. Tak hanya itu, Pemerintah DKI Jakarta pun menjadikan Kelurahan Srengseng Sawah sebagai pusat atau cagar budaya masyarakat Betawi untuk mencegah kepunahan.

Nah, Anda yang datang sebagai wisatawan dapat menikmati fasilitas dan wahana seru di Setu Babakan, seperti:

  • Wisata air

setu babakan

Menyusuri Setu Babakan dengan perahu bebek adalah salah satu aktivitas yang kerap dilakukan turis. Namun, Anda yang pengin naik secara berkelompok dianjurkan menyewa perahu naga yang daya tampungnya mencapai 20 orang. Masing-masing perahu tersebut telah dilengkapi pelampung serta perlengkapan lain yang akan menjaga keselamatan penumpang.

  • Wisata kuliner
wisata kuliner setu babakan
source [email protected]

Sejumlah pecinta kuliner menganggap Setu Babakan sebagai salah satu surga makanan khas Betawi. Betapa tidak? Anda bakal dijamu berbagai hidangan khas seperti kerak telur, laksa, tauge goreng, soto Betawi, soto tangkar, gado-gado, hingga bir pletok. Wisatawan biasanya akan menyantap makanan-makanan tadi di gazebo yang berada di sekitar Setu Babakan.

  • Wisata pemancingan
wisata pemancingan setu babakan
source [email protected]:Idoey Fidels

Suka menangkap ikan? Danau Setu Babakan akan menjadi lokasi memancing yang menarik buat Anda. Berbagai jenis ikan yang sering kali berhasil ditangkap mencakup mujair, patin, nila, hingga bawal. Untuk mendapatkan hasil maksimal, wisatawan disarankan untuk memancing pada sore hari karena ikan-ikan di danau sedang mencari makan pada saat itu.

  • Wisata kesenian
wisata kesenian babakan jakarta
source [email protected]

Wisatawan yang datang pada Sabtu dan Minggu bakal mendapati pagelaran kesenian Betawi yang diselenggarakan dari pukul 9 pagi sampai 7 sore. Samrah, Gambang Kromong, Qasidah, Keroncong Betawi, Tanjidor, dan Gambus adalah segelintir pentas seni yang bisa Anda nikmati. Selain itu, turis juga dapat memotret rumah tradisional khas Betawi yang keberadaannya semakin sulit dijumpai.

Akses menuju Setu Babakan

Setu Babakan beralamat di Jalan M. Kahfi II, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan atau 5 kilometer arah selatan Kebun Binatang Ragunan. Sementara Anda yang pergi dari Pasar Minggu bisa naik kereta api, lalu turun di Stasiun Universitas Pancasila untuk meneruskan perjalanan memakai ojek atau metro mini ke Danau Setu Babakan.

Semoga liburan Anda menyenangkan!

Written by Yogi

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
instalasi seni

Mengintip Karya Seni Modern dan Kontemporer di Museum MACAN Jakarta

ragunan

Berlibur Di Kebun Binatang Ragunan