in ,

7 tips cara menghemat listrik di rumah yang benar

cara menghemat listrik di rumah
cara menghemat listrik di rumah

Cara menghemat listrik di rumah yang benar saat ini menjadi tren saat pandemi corona dimana banyak masyarakat yang melakukan wfh sehingga mau tidak mau harus tinggal di rumah dan biaya tagihan listrik makin membengkak.

Keluhan masyarakat untuk tagihan listrik makin tinggi kepada PLN karena lebih mahal dibandingkan bulan-bulan sebelumnya khususnya untuk masyarakat dengan pelanggan pascabayar.Mereka tidak sadar bahwa sebenarnya mereka sendiri yang tidak bisa mengontrol listrik dengan baik.

Oleh karena itu masyarakat diwajibkan cek tagihan listrik secara rutin untuk menghemat pengeluaran daya listrik. Cara cek tagihan listrik secara cepat sebaiknya dilakukan secara online untuk menghindari antrian di kantor PLN.

Untuk menghemat listrik di rumah sebenarnya tidak perlu rutin cek tagihan kalau menjadi pelanggan listrik prabayar. Cukup bayar pulsa token sesuai budget maka pelanggan tersebut otomatis bsia mengontrol daya listrik di rumah.

Tips Cara menghemat listrik di rumah

cara menghemat listrik di rumah
cara menghemat listrik di rumah

Bagi pelanggan prabayar bisa mencoba cara menghemat listrik di rumah yang benar dengan mengikuti tips-tips berikut ini :

Pakailah daya listrik seperlunya

Masyarakat indonesia kebanyakan memakai listrik agak boros dan daya listrik terus berjalan meski tidak dipakai. Para pelanggan pascabayar ini harus hati-hati saat menyalakan lampu atau kipas angin karena banyak yang lalai dan menyepelekan hal ini.

Meskipun hal seperti ini terlihat tidak penting karena daya lampu sama kipas angin maish kecil tapi akan memberikan efek yang luar biasa jika dilakukan terus menerus maka tagihan listrik pun bisa menggelembung.

Saat mau tidur, matikan lampu dan alat elektronik lainnya!

Hal sepele yang bisa membuat daya listrik makin tinggi adalah lampu yang masih dalam keadaan menyala. Meskipun kadang ada beberapa orang yang susah tidur kalau lampu masih dalam kedaan hidup, hal ini harusnya dihindari karena berdampk buruk untuk sel darah putih.

Oleh karena itu, matikan lampu ketika mau tidur dan juga alat elektronik lainnya seperti televisi, radio , kipas angin, AC. Kebiasaan masyarkat Indonesia yang sering ketiduran saat nonton tv sambil menyalakan kipas angin atau AC akan menyebabkan makin tinggi tagihan listriknya.

Jangan gunakan water heater

Minum air kopi panas atau teh panas sekarang memakai water heater sudah banyak digunakan oleh masyarakat kita. Hal ini dikarenakan penggunaan yang praktis , cepat dan tidak perlu memasak nasi di dapur.

Akan tetapi , mereka tidak menyadari bahwa water heater memiliki daya listrik yang cukup tinggi dan bisa ,menguras kantong uang kamu. Sebaiknya mulai sekarang biasakanlah memasak air di dapur agar listrik lebih hemat.

Pasanglah lampu hemat energi

Saat ini lampu hemat energi bisa menggunakan lampu LED,memakai lampu ini adalah cara menghemat listrik di rumah kamu sekian persen karena juga terkenal mampu menghemat daya listrik agar tidak terlalu besar.

Lampu LED bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau dan di toko listrik terdekat. Meski terbilang agak mahal tapi saat ini banyak pilihan tergantung mereknya. Semakin mahal maka semakin awet bertahan hingga bisa setahun lebih.

Lampu ini solusi tepat dibandingkan lampun bohlam biasa, selain memiliki pemchayaan terang juga memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan lampu biasa.

Jangan menyalakan lampu di siang hari

Kebiasaaan menyalakan lampu di siang hari akan berpengaruh banyak di tagihan listrik dan  biasanya karena rumah itu minim akan cahaya dan sekitar rumah masih banyak pepohonan atau rumah yang saliing berdempetan.

Biasakanlah untuk tidak menggunakan lampu di siang hari,kamu bisa gunakan ruang atau tempat yang memiliki banyak cahaya untuk melakukan aktivitas.

Cabut charger

Banyak orang menyepelekan tentang penggunaan charger terutama charger hape. Meskipun hape kamu sudah terlihat penuh baterainya, tetapi daya listrik sebenarnya masih terus berjalan. Saat kamu mencabut charger dan sudah menjadi kebiasan maka efek daya listrik yang mempengaruhi tagihan listrik kamu pasti akan terasa juga

Cek semua peralatan listrik saat hendak pergi ,

Salah satu cara menghemat listrik di rumah yang paling wajib kamu ketahui adalah saat hendak berpergian lama atau jauh. Listrik yang menyala terus bisa mengakibatkan tahihan listrik kamu akan membengkak

Selain itu ,bisa juga terjadi korsleting listrik dan kebakaran sehingga sangatlah berbahaya jika kamu tidak rajin melakukan cara ini.Oleh karena itu , cek sebelum bepergian mulai dari lampu, water heater, AC dan peralatan listrik lainnya.

Cara- cara menghemat listrik diatas bisa kamu coba satu persatu dan selalu dicek apakah berpengaruh terhadap tagihan listriknya atau tidak. Silahkan mencoba ya!

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Yuk Kenali Sejuta Pesona dan Panorama Alam Cimahi

penangkaran rusa giri jaya cariu

4 Tempat Wisata di Bogor yang Super Kece!