in

Berwisata Di Kawasan Dieng

Indonesia memang memiliki tempat wisata yang sangat lengkap, mulai dari pegunungan hingga pantai bisa Anda dapati di Indonesia dan semua tempat wisata alam di Indonesia benar-benar memukau. Ada banyak wisatawan mancanegara yang karena keindahan yang ada di Indonesia itu menjadi enggan untuk kembali ke Negara asalnya karena terlanjur jatuh cinta dengan keindahan alam Indonesia. Oleh karena itu Anda juga sebaiknya sebagai warga asli yang tinggal di Indonesia sudah seharusnya juga ikut melestarikan keindahan alam yang ada di Indonesia dan jangan sampai merusaknya. Dataran tinggi yang ada di kawasan Jawa Tengah yaitu dataran tinggi dieng belakangan ini kembali ramai dibicarakan dan menjadi salah satu daerah yang wajib Anda kunjungi jika Anda berkesempatan datang ke Kabupaten Banjarnegara atau Wonosobo, karena dataran tinggi dieng memang termasuk ke dalam dua kabupaten itu. Karena merupakan dataran tinggi maka dari itu Anda harus siap pakaian tebal dan hangat saat berada di sana. Bahkan sering kali karena begitu dinginnya Anda harus memakai dua sampai tiga pakaian dalam sekali pakai, karena rasanya satu pakaian saja tidak akan membuat Anda tetap hangat. Ada banyak lokasi wisata menarik di kawasan dataran tinggi dieng yang bisa Anda kunjungi dan pastinya saat Anda berwisata di kawasan dieng, Anda benar-benar bisa mendapatkan waktu liburan yang sangat tidak terlupakan karena banyaknya keindahan yang ada di sana.

Persiapan Baju Hangat Sebelum Pergi Ke Dieng

Bagi Anda yang belum pernah datang ke dataran tinggi dieng maka jangan sampai Anda salah atau bahkan tidak membawa banyak baju hangat saat Anda hendak ke sana. Dibandingkan dengan perjalanan lainnya, pada saat Anda datang ke dieng maka Anda harus membawa lebih banyak baju. Bawa juga selimut untuk Anda yang ingin menginap di sana. Pada siang hari, di kawasan dataran tinggi dieng suhunya hanya sekitar 12 hingga 20 derajat celcius, sangat berbeda drastis dengan kebanyakan wilayah di Indonesia lainnya yang pada siang hari suhunya rata-rata 29-33 derajat celcius, bahkan terkadang pada saat sedang sangat panas bisa mencapai 34 derajat celcius. Maka dari itu bagi Anda yang tidak terbiasa dengan suhu yang dingin, tentunya akan sangat terkejut dan membutuhkan banyak pakaian untuk Anda kenakan bahkan pada saat siang hari sekali pun. Sedangkan pada malam hari suhunya bisa lebih ekstrim lagi yaitu sekitar 6 hingga 10 derajat celcius. Selain pakaian, Anda juga sebisa mungkin membawa pelembab untuk wajah, tubuh dan bibir Anda karena suhunya yang begitu dingin di sana bisa membuat kulit menjadi sangat kering bahkan terkelupas. Sehingga pergi berwisata ke dataran tinggi dieng memang membutuhkan banyak persiapan.

Transportasi Menuju Ke Dataran Tinggi Dieng

Untuk Anda yang datang dari luar Pulau Jawa, pertama saat Anda hendak ke dataran tinggi dieng sebaiknya Anda menggunakan pesawat untuk datang ke kota Yogyakarta atau Solo yang lebih dekat dengan dataran tinggi dieng, setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan mobil, bus atau kereta api. Karena jika Anda tidak suka menggunakan transportasi umum, ada juga banyak rental mobil beserta dengan supirnya yang bisa Anda sewa untuk menuju ke dataran tinggi dieng ini. Namun sebenarnya menggunakan transportasi umum sekali pun juga bisa membuat Anda sampai di kawasan dieng dengan aman dan nyaman karena saat ini fasilitas transportasi umum di Indonesia juga sudah semakin membaik, sehingga Anda bisa melakukan perjalanan dengan nyaman.

Pemandangan Terhampar Selama Perjalanan Menuju Dieng

Baik Anda yang melanjutkan perjalanan dari Yogyakarta atau Solo menuju ke arah dieng maka Anda biasanya tetap akan melewati Wonosobo terlebih dulu dan untuk menuju ke dieng dari Wonosobo hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam saja. Selama perjalanan dari Wonosobo menuju ke dieng itu Anda tidak akan bosan dan tidak akan mengantuk sama sekali, karena di kanan kiri jalan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah. Wonosobo sendiri sebagai daerah yang paling luar dari kawasan dieng juga terkenal memiliki pemandangan yang hijau dan udaranya pun mulai dingin. Ada banyak perbukitan dan terasering yang semuanya dihiasi dengan pemandangan yang hijau. Pemandangan itu akan memanjakan Anda selama satu jam sebelum Anda sampai ke dieng. Perjalanan untuk menuju ke dieng saja sudah bisa menjadi penyembuh bagi tubuh dan jiwa Anda.

Mengunjungi Telaga Menjer

Tempat pertama dan tempat yang paling banyak dikunjungi di kawasan dieng adalah Telaga Menjer. Di Telaga yang sangat tenang itu juga kerap kali ditutupi oleh kabut yang tipis yang menambah ketenangan telaga itu. Ada beberapa spot foto seperti jembatan yang menuju ke tengah danau untuk Anda menghasilkan foto yang penuh dengan suasana magis. Untuk masuk ke Telaga Menjer, Anda cukup membayar biaya sebesar Rp 3 ribu saja sedangkan untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Telaga Menjer dengan lebih dekat maka Anda bisa menggunakan perahu motor yang bisa disewa dengan harga yang murah sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu saja.

Melihat Keindahan Dieng Dari Ketinggian

Untuk Anda yang ingin melihat dengan lebih baik lagi keindahan dieng maka sebaiknya Anda naik ke atas Gardu Pandang Tieng, dari atasnya Anda bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro yang berpadu dengan awan di sekitarnya, berfoto di atas Gardu Pandang Tieng akan membuat Anda seolah-olah berada di atas awan, belum lagi pemandangan kota Dieng dari atasnya benar-benar menakjubkan dan nampak sangat kecil. Untuk dapat melihat keindahan Dieng dari ketinggian ini maka Anda tidak perlu membayar biaya apapun alias gratis, namun dibutuhkan keberanian lebih untuk naik ke atas Gardu Pandang Tieng karena memang sangat tinggi.

Napak Tilas Di Candi Arjuna

Agar perjalanan Anda menjadi lengkap maka saat Anda datang ke kawasan dieng jangan lupa juga untuk mengunjungi Candi Arjuna, kawasan Candi Arjuna ini masih sangat terawat dengan baik. Lagi-lagi di kawasan ini Anda juga akan bisa menemukan kabut yang sering kali menutupi kawasan ini, sehingga dipastikan foto yang Anda hasilkan saat berada di sana bisa sangat indah. Untuk bisa masuk ke kawasan Candi Arjuna hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 5 ribu saja.

Melihat Keindahan Telaga Warna Dieng Di Atas Bukit Batu Pandang

dakatour.com

 Di Dieng juga ada dua telaga unik yang memiliki warna yang berbeda yang akan lebih terlihat jika Anda berada di atas ketinggian, maka dari itu Anda sebaiknya naik ke atas Bukit Batu Pandang untuk dapat melihat dengan jelas keindahan dan perbedaan warna yang ada di dua telaga warna di dieng itu. Untuk dapat masuk ke kawasan itu Anda bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Written by Ahmad Fauzani

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Rasakan Serunya Bermain di Waterbom PIK Seharian Penuh!

Keganasan dan Keindahan Gunung Krakatau