in

8 Objek Wisata di Danau Toba dan Sekitarnya Yang Menarik Untuk Dikunjungi

puncak sidiangkat

Jika membahas tentang Danau Toba yang ada di Sumatra Utara ini memang tidak akan ada habisnya. Selain memiliki legenda yang unik, danau ini juga memiliki berbagai objek wisata menarik, yang sayang  jika Anda lewatkan begitu saja. Ulasan ini akan membahas tentang beberapa objek wisata menarik yang ada di danau Toba dan sekitarnya yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Menikmati keindahan Danau Toba

Siapa yang tidak mengenal danau hasil tekto vulkanik, yang memiliki ukuran 100 KM dengan lebar sekitar 30 km ini. Ini adalah danau terbesar yang ada di Indonesia, se-Asia Tenggara, bahkan termasuk danau ke-2 terbesar di dunia. Danau yang terbentuk sekitar 75.000 tahun yang lalu ini, memang memiliki pemandangan yang sangat indah, apalagi dengan adanya aneka bukit yang berwarna hijau, air danau yang jernih, ditambah langit biru nan elok, membuat siapa saja yang mengunjungi danau ini pasti akan terpesona melihatnya. Wisatawan yang mengunjungi tempat ini cukup beargam, baik itu wisatawan lokal, hingga wisatawan mancanegara. Ketika mengunjungi objek wisata yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir akan faslitas. Karena berbagai fasilitas di sekitar Danau Toba ini, cukup komplit, mulai dari berbagai macma hotel, rumah makan, hingga toko souvenir.

2. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging, sisi romantis dari danau Toba

source [email protected]

Kebun bunga Sapo Juma Tongging ini sendiri adalah penginapan yang letaknya di pinggir Danau Toba. Suasana yang disuguhkan oleh penginapan ini, sangat cantik, dan sejuk dipandang mata. Untuk Anda yang suka mengabadikan berbagai moment indah, melalui sosial media, maka Anda harus mengunjungi Desa Tongging, Kecamatan Merek, kabupaten Karo Sumatra Utara. Disini Anda akan melihat aneka bunga indah yang berkemaran. Harga tiket masuk ke lokasi tersebut tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 20.000 per orang.

3. Resort Taman Simalem nan Indah

limakaki.com

Destinasi wisata berikutnya adalah sebuah resort yang letaknya di jalan Raya Merek, Sidikalang KM. 9, Dairi, Sumatra utara. Anda yang ingin menikmati inddahnya Danau Toba secara leluasa, tentunya dapat menginap di resort yang satu ini. Ada beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh, ketika menginap di lokasi ini, selain dapat menikmati indahnya Danau Toba secara leluasa, Anda juga dapat menikmati indahnya taman yang ada di sekitar resort. Salah satunya adalah Taman Simalem yang memiliki taman bunga yang indah. Lokasi ini juga cukup instagramable.

4. Lembah Bakkara, wisata alam warisan leluhur nan indah

h0tchocolate.files.wordpress.com

Ingin menikmati idahnya panorama alam selain Danau Toba, maka Anda harus mengunjungi Lembah Bakkara. Lokasinya berada di kabupaten Hyumbang Hasundutan, Kecamatan Baktiraja, Sumatra Utara. Di lokasi ini, Anda akan menemukan 2 buah aliran sungai yang cukup besar, dan memiliki aliran yang deras. Aliran sungai yang lebih besar, bernama Aek Silang, yang sumber airnya berasal dari air terjun di perbukitan, sedangkan sungai yang kedua atau yang lebih kecil, bernama Aek Simangira. Kedua aliran air ini, akan mengaliri beberapa desa dis ekitar danau Toba, kemudian akan bermuara di Danau Toba.

Lembah Bakkara sendiri dahulu adalah tempat kehaliran dari Raja Sisingamangaraja XII, yang menjadi pahlawan nasional dari Sumatra Utara. Di lokasi ini juga, terdapat salah satu aliran air yang cukup terkenal, bernama Aek Sipangolu yang artinya air yang menghidupkan. Dimana air yang bersumber dari sebuah batu ini, konon mampu mengatasi berbagai macam penyakit, ketika seseorang tersebut berendam atau setidaknya mengkonsumsi air tersebut.

5. Batu Gantung Parapat yang Melegenda

pil-tei.com

Selain Danau Toba, objek wisata lain yang juga cukup terkenal adalah Batu Gantung Parapat. Disebut batu gantung, karena batu tersebut terlihat menggantung di antara dinding batu di pinggir Danau Toba. Batu gantung sendiri memiliki sebuah legenda yang cukup unik, dimana ada seorang wanita yang engan dijodohkan, bahkan lebih memilih untuk melarikan diri. Hingga akhirnya terjerembab di tebing, hingga berakhir dengan posisi menggantung.

Hampir setiap wisatawan yang mengunjungi dan menikmati Danau Toba, pasti ingin menikmati indahnya dan uniknya batu gantung tersebut.

6. Puncak Sidiangkat, Sidikalang yang memiliki spot foto unik

puncak sidiangkat
sumutinvest.com

Ingin memiliki foto-foto unik dan menarik, sebaiknya Anda mengunjungi kabupaten Dairi, atau tepatnya di Jl. Subulussalam – Sidikalang no 171, Sumatra Utara. Untuk masuk ke lokasi tersebut, Anda harus membayar tiket sekitar Rp 5.000. Di lokasi ini, Anda akan memperoleh panorama alam dari tanah Pak-Pak. Yang unik dari lokasi ini, selain indahnya panorama alam dari atas bukit, Anda juga akan menemukan spot foto unik,  yang berupa sarang burung raksasa, dengan background panorama alam nan  menghijau.

7. Indahnya air Terjun Sipiso-Piso

superadventure.co.id

Ingin menikmati air terjun yang lokasinya di sekitar Danau Toba, maka Anda dapat mengunjungi air terjun Sipiso-Piso. Air terjun yang berada di desa Tongging ini, berjarak sekitar 100 km dari kota Medan. Pemandangan alam yang ada di lokasi ini, pastinya sangat menabjubkan, air terjunnya sangat indah, dan tentunya menyegarkan. Namun Anda sebaiknya tidak mandi atau bermain air terlalu dekat dengan air terjun rersebut, karena aliran airnya sangat deras. Selain itu di lokasi ini, juga tidak ada kolam pemandiannya. Namun untuk mengabadikan pemandangan alam, serta mengabadikan moment menarik, Anda dapat berpijak di bebatuan yang berada di atas aliran sungai dari air terjun tersebut.

8. Menikmati indahnya Danau Toba Menggunakan kapal Pesiar danau Toba nan Mewah

kapal pesiar danau toba
superadventure.co.id

Ingin menikmati indahnya Danau Toba dengan fasilitas yang mewah, sebaiknya Anda menggunakan Kapal Pesiar atau Cruise. Ini adalah kapal pesiar yang digarap bersama dengan pemerintah Singapura. Ada yang unik dengan kapal pesiar yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Samorir ini, bentuk kapal ini sengaja dibuat seperti rumah Batak, lengkap dengan ornament ukirnya. Panjang kapal ini sekitar 21,5 m, dan lebarnya 7 meter. Selain itu, seluruh bahan yang digunakan untuk membuat kapal ini berasal dari kayu.

Untuk faktor keselamatan, kapal ini sudah dilengkapi dengan 2 buah sekoci dengan daya tampung 20 orang. Ada juga pelampung, pemadam kebakaran, serta red hand flare. Kapal yang dapat Anda sewa 1 juta untuk 1 jam pertama, dan jam berikutnya sekitar 500 ribu ini, memang memiliki fasilitas yang cukup mewah. Terdiri atas 2 dek kapal, yaitu dek atas yang ditutupi oleh dinding kaca sehingga kedap suara. Di dek atas ini, terdapat sebuah balkon yang mampu menampung sekitar 12 orang. Anda dan pengunjung lainnya dapat duduk santai sambil menikmati hembusan angin dan hangatnya mentari di danau Toba. Yang berikutnya adalah dek bawah, yang mempunyai area terbuka, dan dapat Anda gunakan untuk menikmati Danau Toba secara leluasa. Aksesoris lain yang tidak kalah menarik dari kapal ini adalah 2 patung berukuran besar, dengan jenis kelamin laki-laki,  lengkap dengan pakaian adat, dan dalam kondisi sedang menari atau manotor.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Written by Ahmad Fauzani

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Berwisata Sambil Jajal Adrenalin Kamu di Sungai Cimanuk

Rasakan Serunya Bermain di Waterbom PIK Seharian Penuh!