in

Mengunjungi Museum Batik di Kawasan Wisata Budaya Jetayu Pekalongan

wisata budaya jetayu
Source Img @pekalongankeren

Jika berkunjung ke kota Pekalongan jangan lupa mampir ke kawasan wisata budaya Jetayu. Kawasan wisata ini merupakan ikon baru kota Pekalongan. Terletak di jantung kota yaitu di jalan Jetayu menjadikan kawasan wisata selalu ramai dikunjungi. Setiap pagi tempat ini ramai didatangi masyarakat setempat untuk berolahraga. Disini juga sering dijadikan tempat pagelaran event nasional seperti perayaan hari pekan batik, ulang tahun kota Pekalongan dan Pekan Kreatif Nusantara 2020 yang tak lama lagi akan diadakan pada tanggal 1 hingga 5 April 2020.

Apa yang menjadikan kawasan wisaya Jetayu ini menarik? Terdapat 12 bangunan bersejarah berdiri disini. Salah satu tempat yang wajib kamu datangi adalah museum batik.Museum ini terletak di bagian timur lapangan Jatayu. Ini adalah satu-satunya museum batik yang ada di Pekalongan. Hampir semua koleksi batik hasil kerajinan tangan asli dari Pekalongan dipajang disini. Begitu juga dengan batik dari seluruh daerah di nusantara. Totalnya terdapat 1149 koleksi batik, yang paling bersejarah adalah batik wayang beber yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Gedung museum batik diresmikan pada tahun 2006. Gedung ini sudah ada dari zaman kolonial Belanda. Arsitekturnya berdesain Jawa Belanda menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Museum batik merupakan tempat pelatihan dan pembelajaran membatik. Pengunjung diberikan kesempatan untuk belajar membuat batik disini. Museum batik mempunyai program workshop membatik yang ditawarkan langsung ke masyarakat luas seperti sekolah dan instansi. Selain diramaikan oleh pengunjung, museum batik kerap kali didatangi oleh para peneliti. Selain mengunjungi 3 ruangan pemeran, mereka biasanya menghabiskan waktu di perpustakaan batik guna mengumpulkan informasi untuk penelitiannya.

Sebagai kota Batik, Pekalongan memiliki tekat untuk melestarikan batik yang diakui dunia sebagai hasil kerajinan tangan asli Indonesia. Berbagai kerjasama sudah dilakukan dengan banyak pihak agar kecintaan terhadap batik selalu terjaga. Museum batik merupakan salah satu pihak yang berperan besar dalam diakuinya batik sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia oleh UNESCO. Penetapan ini dilakukan melalui sidang UNESCO yang diadakan pada tanggal 2 oktober 2009 di Doha Qatar. Sejak saat itu tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional.

Jika kamu berencana liburan ke kota Pekalongan, Santika Hotel Pekalongan bisa menjadi alternatif tempat penginapan yang pas untukmu. Letaknya tidak jauh dari museum batik, hanya 5 menit naik kendaraan pribadi. Dengan harga murah kamu sudah bisa menikmati fasilitas hotel bintang 4 ini. Cek harga kamarnya untuk penginapan saat menghadiri acara Pekan Kreatif Nusantara 2020. Booking di www.hotelmurah.com untuk harga yang lebih murah.

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Liburan Ke Medan, Tidak Lengkap Rasanya Jika Belum Berwisata ke Theme Park Terbesar di Sumatera ini

pesona budaya garut

Sabda Alam Resort, Penginapan Murah Untuk Event Gebyar Pesona Budaya Garut 2020