in

Tak Lama Lagi Ada Destinasi Wisata Religi Baru di Makassar

Source Img @Ridwankamil

Ada kabar baik bagi kamu pecinta wisata religi, karena tak lama lagi ada destinasi wisata religi terbaru di makassar, yaitu masjid raya Sulawesi Selatan. Masjid yang masih dalam proses pembangunan ini terletak di Center Point of Indonesia. Masjid raya ini dinamakan masjid 99 kubah, karena terdapat 99 buah kubah. Filosofinya berasal dari 99 nama Allah atau Asmaul Husna. Mesjid ini disebut sebut sebagai ikon terbaru kota Makassar.

Arsitektur mesjid yang didesain oleh gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini dibuat atas permintaan gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin. Saat itu Bapak Ridwan Kamil diundang ke Makassar kemudian diminta untuk mendesain sebuah masjid yang nantinya akan dibangun di pinggir pantai. Ide desain masjid ini muncul spontan saat Ridwan Kamil yang masih menjabat sebagai Wali Kota saat sedang berada di jalan tol. Desainnya rampung pada tahun 2015 namun peletakkan batu pertama kalinya dilakukan pada tahun 2017. Dan hingga saat ini pembangunannya masih berlangsung, konstruksi masih berpusat di kubah masjid. Hingga saat ini pembangunan masjid sudah menghabiskan dana APBD sebesar 170 miliar.

Desain masjid raya ini menyerupai perpaduan candi Borobudur dengan sentuhan khas Turki. Luasnya sekitar 72 m x 45 m bisa menampung sekitar 13 ribu jamaah. Melihat masjid 99 kubah ini serasa melihat bangunan yang ada di Turki. Letaknya yang berada di pinggir laut menambah keindahannya saat sunset muncul di balik kubah masjid. Kubah masjid terlihat sangat indah jika disaksikan dari pantai losari. Kubah masjid yang bercorak orange tampak mendominasi diantara kubah-kubah lain yang berwarna coklat.

Masjid yang diharapkan siap digunakan pada tahun 2019 ini akan menggantikan posisi masjid raya makassar sebelumnya yang berada di jalan Bulusaraung, sebagai ikon kota Makassar. Masjid raya makassar berdiri pada tahun 1949 dan terakhir direnovasi pada tahun 2005. Di masjid ini diadakan pertama kali lomba MTQ pada tahun 1955. Di masjid ini pula MUI Sulawesi Selatan mendirikan kantor. Masjid raya yang dapat menampung 10 ribu lebih jamaah ini tak kalah megah desainnya dibandingkan masjid 99 kubah. Banyak wisatawan religi yang datang berkunjung kesini. Jika kamu ingin berwisata religi kesini, kamu bisa cek harga tiket pesawat murah ke Makassar di www.hotelmurah.com/tiketpesawat

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Lokasi Menatap Langit Penuh Bintang di Indonesia

5 Hotel Kawasan UI, Apa Saja?