in

Pesan Tiket Kidzania Jakarta, Wahana Main dan Belajar Jadi Dewasa

Wujudkan impian positif buah hati anda dengan memesan tiket kidzania Jakarta. Kidzania adalah wahana yang sangat cocok untuk mengisi waktu liburan putra-putri anda dengan pengalaman berkesan dan bermanfaat di masa mendatang. Di sinilah tempat terbaik untuk berekreasi karena tak sekadar mengedepankan unsur hiburan namun menekankan aspek edukatif yang tidak banal dan benar-benar sesuai dengan dunia kanak-kanak.

Kota Anak-anak di Indonesia

Apa Kidzania itu dan mengapa anda mesti mengajak putra-putri anda ke sana? Kidzania merupakan simulasi dari sebuah kota yang di dalamnya berisi bangunan-bangunan layaknya kondisi perkotaan termasuk beragam infrastruktur dan anak-anak mengisi peran sesuai profesi yang mereka pilih.

Desain bangunan dan gaya arsitekturnya dirancang khusus menyerupai aslinya dan tentu disesuaikan dengan anak-anak. Maka, jangan heran kalau di dalam kota kecil ini anda menjumpai balai kota, rumah sakit, restoran, gedung teater, dan sebagainya.

Sementara itu, sepanjang jalur akan berpapasan dengan anak-anak yang beraktivitas sesuai peran yang diwakili dari seragam masing-masing. Mereka tentu sedang bermain, namun permainan yang mereka lakukan adalah peran dari profesi yang mereka perankan.

Atmosfir yang penuh kesibukan khas suasana perkotaan sangat terasa di miniatur kota ini. Ada yang sedang mengendarai taksi, para petugas pemadam kebakaran yang sedang menjalankan tugasnya, para pembuat kue dan es krim, wartawan yang sedang liputan, dokter, polisi, hakim, dan bahkan anggota dewan perwakilan rakyat yang sedang rapat atau melakukan pertemuan dengan presiden.

Seperti negara kecil dalam bentuk kota mini yang rangkaian sistem di dalamnya dijalankan oleh anak-anak. Itulah poin plus dari Kidzania yang terletak di Lantai 6 Mall Pacific Place, Sudirman, Jakarta. Kota ini didirikan di atas lahan seluas 7.500 meter persegi.

Kidzania Jakarta

Perwujudan dari Kidzania ini merupakan gagasan yang dirintis dan sampai hari ini berkembang dari Meksiko. Didirikan sebagai pusat rekreasi bagi anak-anak yang tak semata untuk wahana bermain namun juga belajar demi bekal di masa mendatang. Kidzania yang ada di Jakarta ini merupakan cabang pertama di Asia Tenggara serta yang kedua di dunia setelah Meksiko sebagai asalnya dan Jepang.

Pertama kali diresmikan pada November 2007, wahana luas ini ditargetkan untuk usia 2 sampai 16 tahun. Kidzania dirancang khusus demi mewujudkan impan atau cita-cita anak-anak yang ingin menjadi orang dewasa dan menjalankan aktivitas sesuai minat profesinya masing-masing.

Area-area Kidzania

Wahana rekreasi ini dibangun dengan pembagian empat area utama. Masing-masing adalah airport, pusat kota, pinggiran kota, dan area permainan balita.

1) Area airport

merupakan gerbang masuk di mana pengunjung, yakni anak-anak naik pesawat menuju kota Kidzania.

2) Pusat kota

adalah area yang di dalamnya berlangsung beragam aktivitas profesi khas perkotaan.

3) Area pinggiran

memiliki ciri khas dari banyaknya bangunan pabrik atau industri yang di dalamnya juga dioperasikan oleh anak-anak.

4) Area balita

 dibuat khusus untuk anak-anak berusia di bawah 4 tahun.

Karakteristik Unik Kidzania

Banyak hal istimewa dan unik di dalam kota anak-anak ini. Para orang tua diperbolehkan masuk untuk mendampingi dan memantau anak-anaknya khususnya yang di area balita. Nah, di dalam kota ini menyimpan banyak karakteristik khas yang akan anda jumpai selama menelusuri area dan berinteraksi dengan para penghuninya.

Beberapa hal unik itu adalah:

1) Kidzos: Mata Uang Kidzania

Ya, ada mata uang khusus yang digunakan sebagai alat transaksi di kota ini. Mata uang ini bernama Kidzos yang menjadi alat transaksi resmi dan menggerakkan roda-roda aktivitas di Kidzania. Penghuni kota ini tak dapat membayar barang atau jasa yang dibutuhkan jika tak menggunakan Kidzos.

Bagaimana cara mendapatkan Kidzos? Setiap pengunjung yaitu anak-anak yang telah masuk dengan tiket Kidzania mendapatkan satu lembar cek yang bernilai 50 Kidzos. Setelah masuk ke dalam area Kidzania, cek tersebut harus segera dicairkan di bank. Nah, setelah itu pemilik mata uang ini bebas menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan seperti berbelanja atau kembali menabungnya di bank dan bahkan memiliki kartu ATM.

Bagaimana jika uang tersebut habis? Anak-anak harus bekerja. Inilah yang menarik dari Kidzania. Sejak kecil anak-anak diajarkan untuk selalu menghargai uang berapapun jumlahnya. Pekerjaan yang mereka jalani itu akan membayarkan gaji sesuai hak mereka.

2) Bekerja di Kidzania

Hal paling menarik di Kidzania adalah macam-macam peran profesi yang dijalani oleh tiap anak dan dari situ mereka dapat menerima penghasilannya. Bidang profesi di Kidzania dibagi dalam beberapa kategori yaitu transportasi, jasa, media, kuliner, retail, dan industri.

Di bidang transportasi, anak-anak bisa memilih berbagai jenis pekerjaan seperti di pom bensin, montir, operator taksi, pilot dan pramugrari. Di bidang jasa, jenis-jenis pekerjaan yang disediakan adalah polisi, detektif, pengacara dan hakim, pemadam kebakaran, dokter, perawat, perawat bayi, apoteker, teknisi dan sebagainya. Bidang media menyediakan lowongan untuk reporter, kameramen, penyiar radio, fotografer, pengisi suara, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Dapat Tiket ke Kidzania?

Wahana ini nyaris selalu ramai apalagi pada masa-masa liburan panjang. Karena biasanya ada rombongan dari sekolah yang secara khusus melakukan kunjungan ke Kidzania. Oleh sebab itu, bagi orang tua yang berencana mengajak anak-anaknya ke sini, sebaiknya melakukan konfirmasi dulu apakah di hari yang direncanakan itu akan ada rombongan besar yang berkunjung.

Tiket bisa didapatkan langsung di spot tapi anda harus bersiap lebih awal. Karena loket tiket hanya akan dibuka setengah jam sebelum sesi dimulai. Sesi di Kidzania dibagi dua kali setiap hari dengan jam yang sudah dijadwalkan.

Kalau sedang membawa anak di bawah usia 4 tahun, silakan langsung naik ke lantai 2. Di lantai ini tersedia ruang permainan khusus untuk anak-anak usia tersebut serta kafe kecil sebagai lokasi bersantai dan menunggu para orang tua.

Pastikan bahwa anak anda sudah memiliki pilihan profesi sebelum mengantri tiket masuk. Karena akan sama saja jika sudah mengantri tapi ingin berganti profesi dan harus menunggu antrian lagi yang bisa semakin panjang.

Sejak Februari 2018, harga tiket masuk sudah disesuaikan. Rinciannya sebagai berikut:

1) Hari Senin sampai Kamis, tersedia sesi pagi dari jam 9 sampai 4 sore. Harga tiket untuk anak balita 50.000, untuk anak usia 4 sampai 16 tahun 200.000, dan untuk anak usia lebih dari 16 tahun sebesar 150.000.

2) Jumat ada dua sesi yaitu pagi dan sore. Yang pertama dari jam 9 sampai 2 siang, dan sesi berikutnya jam 3 sampai 8 malam. Pembagian harga tiketnya sama dengan hari Senin sampai Kamis.

Sabtu/Minggu dan hari liburan nasional juga ada dua sesi. Tapi ada perbedaan harga tiket. Yang untuk balita sebesar 100.000, untuk usia 4 sampai 16 tahun sebesar 250.000, dan usia lebih dari 16 tahun sebesar 200.000.

Written by Christina

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Satu Rahasia Paling Penting Agar Dapat Harga Hotel Termurah

Nyamannya Menginap di Gajah Villa