in

Citarasa Khas Kuliner Malam Gudeg Ceker Margoyudan

gudeg ceker bu kasno
source [email protected]

Menikmati sajian kuliner khas di malam hari bisa menjadi pengalaman menarik bagi Anda ketika singgah di Kota Solo. Di saat kebanyakan orang terlelap, sebagian penjual gudeg ceker (cakar) justru baru menggelar dagangannya. Gudeg Ceker Margoyudan atau Gudeg Ceker Bu Kasno adalah rujukan terbaik, karena memiliki citarasa paling lezat. Wajar saja, kalau antrian pengunjung selalu panjang.

Pelanggan Sudah Antri Sebelum Warung Gudeg Buka

gudeg ceker bu kasno
source [email protected]

Saling berdesakan ketika memesan gudeg ceker yang diracik oleh Bu Kasno adalah pemandangan biasa setiap malam. Lapaknya berbentuk warung tenda, terkesan sederhana tetapi tidak pernah sepi pengunjung. Biasanya dagangan baru dibawanya ke warung sekitar pulul 01.30. Letak warung gudeg tersebut tidak jauh dari rumahnya, sehingga tidak butuh waktu lama untuk tiba di sana.

Tetapi sejak pukul 00.30 sudah terlihat banyak pelanggannya berdatangan untuk segera menikmati sajian gudeg istimewa tersebut. Deretan mobil dan motor sudah terparkir di dekat lapak jualan gudeg tersebut. Biasanya kalau sudah jam 1 pagi, maka mereka sudah membentuk antrian sendiri untuk memesan kuliner bercitarasa manis dan gurih tersebut.

Lokasi penjualan makanan khas ini berada di sisi SMAN 1 Surakarta atau tepatnya di depan Gereja Kristen Jawa Margoyudan. Tempat yang sangat strategis ini tentunya akan lebih mudah ditemukan, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mencicipi kelezatannya. Hidangan ceker di dalam gudeg tersebut memang menjadi ciri khas dari gudeg racikan Bu Kasno.

Kalau anda menempuh perjalanan dari Stasiun Balapan, maka tinggal mengikuti jalan lurus menuju arah timur. Dari situ jarak tempuhnya hanya berkisar satu kilometer. Karena sudah larut malam maka kondisi lalu lintas di Kota Solo sudah lengang dari lalu lalang kendaraan. Jadi Anda bisa cepat sampai di warung gudeg Bu Kasno.

Jam buka resmi warung gudeg ini adalah mulai pukul 01.30 hingga 07.00. Tetapi biasanya gudeg ceker yang menjadi ciri khasnya sudah ludes dibeli para pelanggan setianya. Walaupun warung makan ini baru buka saat dini hari, tetapi selalu ramai dikunjungi warga Solo atau wisatawan. Jam tutup warung gudeg ini bisa lebih cepat saat akhir pekan, karena jumlah pembelinya lebih banyak.Terkenal Sejak 1970

Usia Bu Kasno sebagai pemilik sekaligus peracik masakan gudeg tersebut sudah berusia 73 tahun. Dia sudah berjualan gudeg sejak tahun 1970. Sebenarnya dia mewarisi warung gudeg yang sudah dirintis oleh ibundanya, yang sudah berjualan makanan tradisional itu mulai tahun 1932. Citarasa khasnya selalu terjaga adalah keistimewaan dari Gudeg Ceker Margoyudan tersebut.

Pemandangan warung gudeg yang dijajakan mulai dini hari hampir semuanya sama, baik di Solo maupun di Yogyakarta. Anda akan menyaksikan deretan wadah berupa baskom enamel, yang diletakkan secara berjejeran. Penjual biasanya akan duduk di belakang baskom yang digunakan untuk menaruh sajian makanannya. Dengan sabar dan ramah Bu Kasno akan meracik masakan gudegnya sesuai permintaan dari pelanggannya.

Meskipun sudah tidak muda lagi tapi tangan Bu Kasno tetap terlihat masih terampil ketika meracik hidangan untuk para pelanggan setianya. Dengan cekatan dia menata nasi gurih, sambal krecek, ayam kampung, gudeg, santan, kuah kaldu dan tidak ketinggalan ceker atau kaki ayam di dalam sebuah piring. Seporsi kudapan ini sudah cukup untuk membuat perut kenyang. Kombinasi berbagai bahan itu menampilkan pemandangan yang khas.

Proses penanakan nasi dengan metode liwet memang terasa sangat gurih, sesuai dengan namanya. Rasa manis lauk gudegnya terasa sangat pas di lidah. Cakar, telor bacem dan ayam kampung sebagai pelengkap hidangan gudenya terasa citarasa gurihnya. Sambal krecek bercitarasa pedas menambah sensasi berbeda selain ras manis yang mendominasi kudapan tersebut.

Racikan Gudeg yang Pas di Lidah

gudeg ceker
source img @kompas

Bu Kasno benar-benar memadukan berbagai bahan makanan tersebut dengan sangat pas. Setiap bumbu terasa begitu meresap di setiap bahan masakannya. Kuah gudegnya juga kental, karena memadukan kaldu ayam yang gurih dan rempah-rempah pilihan. Warna coklat kehitaman terlihat pada sambal kreceknya. Kalau kurang pedas, Anda bisa menambahkan cabe rawit utuh yang sudah melalui proses memasak secara khusus.

Wajar saja kalau warung gudegnya selalu dibanjiri para pecinta kuliner tradisional tersebut. Karena Bu Kasno benar-benar berhasil meracik masakan gudeg yang tidak duanya itu. Sedikitnya terjual 500 porsi gudeg di setiap malamnya, dan semuanya itu biasanya terjual hanya dalam tempo 2-4 jam saja. Jadi kalau Anda tidak mau kehabisan pastikan datang lebih awal. Oleh karena Anda akan berkompetisi dengan para pelanggan lain, yang juga ingin menyantapnya segera.

Biasanya Bu Kasno dibantu anak perempuannya memasak gudeg sejak pukul 10 pagi. Ayam direbus dengan mengandalkan bumbu terbaik, dan memastikan bumbu meresap dengan sempurna. Kemudian dibarengi dengan memasak seluruh kebutuhan untuk hidangan gudeg cekernya. Dari dulu hingga sekarang, Bu Kasno selalu menggunakan ayam kampung pilihan, dan sehingga tercipta juga kaldu ayam yang lezat.

Saat memesan masakan khas ini, Anda bebas memilih perpaduan lauk yang diinginkan. Ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera, seperti puritan, ati, telor bacem, tahu, ceker ayam dan sebagainya. Sebanyak tiga buah ceker ayam bisa Anda nikmati untuk satu porsi nasi gudegnya. Harga yang ditawarkan sangat beragam tergantung dari lauk pilihan Anda.

Kalau antrian sedang padat-padatnya maka Anda harus ekstra sabar, tetapi biasanya hanya sekitar 30 menit Anda sudah bisa mendapatkan seporsi gudeg ceker yang sangat menggugah selera itu. Pastikan Anda sudah menentukan lauk apa saja yang ingin dibeli, agar mempercepat proses peracikan oleh Bu Kasno. Tentunya juga agar para pengantri lain bisa cepat mendapatkan gilirannya.

Setiap porsi gudeg biasanya berhasil diracik oleh Bu Kasno dalam hitungan tidak lebih dari dua menit. Untuk cara menyantap hidangan gudegnya, pemilik warung tidak menyediakan meja maupun kursi. Jadi para pengunjung hanya duduk lesehan di lantai yang sudah dilapisi tikar. Selama menikmati hidangan, suara mesin bus yang melintasi jalan raya tepat di depan warung menjadi sensasi tersendiri.

Jadi bagi Anda yang ingin menikmati masakan gudeg istimewa dengan ceker ayam di waktu dini hari, sangat tepat mendatangi warung Bu Kasno tersebut. Pecinta kuliner malam banyak yang menggandrunginya. Selain mencicipi citarasa khasnya juga efektif sebagai pengganjal perut saat lapar menyerang. Sembari menikmati keindahan Kota Solo di malam hari.

Sekarang ini Gudeg Ceker Margoyudan sudah memiliki tiga cabang. Jadi bagi Anda yang malas bangun di tengah malam tetap bisa menikmati kelezatan gudeg tersebut. Anda bisa mendatangi salah satu cabangnya yang berada di Pusat Kuliner Galabo (Gladak Langen Bogan). Letaknya berada sangat strategis di Jalan Slamet Riyadi. Gerai tersebut sudah mulai dibuka sejak pukul 17.30. Menikmati gudeg di sore hari juga sangat pas sebagai menu makan malam.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Written by Ahmad Fauzani

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Hati-hati Marak Pencurian Selama Penerbangan !

pesawat lion air

Alur dan Tips Sabet Promo Tiket Murah Lion Air