in

Pesona Keindahan Alam Tabalong Untuk Pilihan Destinasi Wisata

air terjun kinarum

Keindahan alam Kalimantan Selatan memang tak pernah ada habisnya. Provinsi satu ini menjadi incaran traveller pecinta wisata alam. Tak hanya Banjarmasin, kota-kota kecil lainnya juga menawarkan keindahan alam yang tidak akan kamu temukan di daerah lain. Kabupaten Tabalong bisa menjadi pilihan destinasi wisata alam buatmu.

Kabupaten Tabalong memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Pertambangan, perkebunan dan pertanian adalah komoditas utama daerah ini. Jika kamu tertarik untuk datang kesini, berikut beberapa tempat wisata yang bisa jadi pilihan

Air Terjun Riam Kinarum

air terjun kinarum
Source img IG @navi_alfathani

Objek wisata Air Terjun Riam Kinarum terletak di Kecamatan Upau. Destinasi wisata yang satu ini bisa dibilang menjadi pilihan tempat liburan yang cukup lengkap. Disini kamu bisa menikmati keindahan alam berupa pemandangan sungai dan air terjun.

Dengan pemandangan indah seperti ini, sangat sayang jika kamu tidak mencoba berkemah. Tak perlu repot membawa peralatan kemah sendiri karena disini kamu bisa menyewa tenda dan perlengkapannya.

Goa Liang Tapah

goa liang tapah
Source img IG @goa_liang_tapah

Kabupaten Tabalong juga punya wisata alam yang menantang lho. Goa Liang Tapah namanya, terletak di Desa Garagata Kecamatan Jaro. Tak seperti goa kebanyakan, akses menuju ke lokasi goa cukup mudah.

Selama perjalanan kamu akan disuguhkan pemadandangan berupa hamparan sawah. Keunikan goa ini adalah memiliki sumber mata air. Airnya mengalir menuju mulut goa. Terkadang airnya bisa berubah warna menjadi biru atau hijau pekat. Saat terkena sinar matahari airnya tampak instagenik. Stalakmit dan stalaktit yang alami menghiasi langit-langit goa.

Masjid Pusaka Banua Lawas

Masjid Pusaka Banua Lawas merupakan bukti bahwa kebudayaan Islam sudah melekat sejak dulu. Mesjid tertua di Kabupaten Tabalong ini memiliki dua tajau (guci) yang sudah berusia lebih dari 400 tahun.

Peziarah mendatangi mesjid ini setiap hari rabu, untuk mengambil air yang ada di dalam tajau. Selain sejarahnya, arsitektur mesjid sangat menarik. Kubahnya berwarna hijau dengan desain yang berbeda dengan kubah mesjid pada umumnya. Jika kamu ingin berziarah ke masjid pusaka Banua Lawas, kamu bisa datang ke Sei Anyar, Habau Kecamatan Banua Lawas.

 

Written by Faozan Ahmed

Comments

Leave a Reply

Loading…

0
protokol covid pesawat

Kenali Standar Protokol Kesehatan Covid Oleh Maskapai Garuda Indonesia

tiket kereta api online di indomaret

Cara Shopping Tiket Kereta Api Online di Indomaret